10 Negara Pertama yang Mengakui Kedaulatan Indonesia

Annisa Fianni Sisma
3 November 2022, 12:01
negara pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia
ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko/rwa.
Ilustrasi, pedagang dan pengunjung pasar mengikuti upacara pengibaran bendera Merah Putih di Pasar Tradsional Tiudan, Tulungagung, Jawa Timur, Rabu (17/8/2022).

Pengakuan atas suatu kedaulatan, merupakan salah satu unsur dalam pembentukan suatu negara, yakni unsur deklaratif. Unsur lainnya dalam hal pembentukan suatu negara, adalah unsur konstitutif yang memengaruhi, yakni terdiri dari wilayah, rakyat, dan pemerintahan yang berdaulat.

Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, beberapa negara segera menyatakan dukungannya, dan mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia.

Negara Pertama yang Mengakui Kedaulatan Indonesia

Adapun, beberapa negara pertama yang mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia, antara lain:

1. Mesir

Mesir menjadi negara pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia, yakni pada 22 Maret 1946. Sejak pengakuan kemerdekaan tersebut, Indonesia dan Mesir terus menjalin hubungan diplomatik sampai saat ini.

2. India

Salah satu negara pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia, adalah India. Pengakuan atas kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia oleh India ini, disampaikan secara resmi pada 2 September 1946, oleh Perdana Menteri India saat itu, Jawaharlal Nehru.

3. Suriah

Suriah merupakan salah satu dari 9 negara pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia. Pengakuan kemerdekaan Indonesia oleh Suriah secara resmi diutarakan pada 2 Juli 1947.

Suriah juga merupakan negara anggota Liga Arab yang turut memperjuangkan persoalan agresi militer Belanda ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 1947.

Sejak saat itu, hubungan bilateral Indonesia dan Suriah pun berlangsung. Namun, hubungan keduanya sempat terhenti karena krisis Suriah yang terjadi pada 2011. Kini hubungan keduanya sebatas saling mendukung dalam forum internasional.

4. Vatikan

Vatikan menjadi negara Eropa pertama yang memberi pengakuan atas kemerdekaan Indonesia. Pengakuan kemerdekaan Indonesia dari Vatikan diberikan pada 6 Juli 1947. Pengakuan ini ditandai dengan dibentuknya Apostolic Delegate atau Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta.

5. Irak

Irak merupakan salah satu negara pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia. Pengakuan atas kedaulatan ini, diutarakan pada 16 Juli 1947. Kedua negara kemudian menjalin hubungan diplomatik sejak 1950. Hingga kini, telah ada sekitar 15 perjanjian yang diresmikan antara Indonesia dan Irak.

6. Lebanon

Lebanon merupakan salah satu dari 9 negara pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia. Lebanon mengakui Indonesia pada 29 Juli 1947. Pengakuan de jure itu membuat hubungan bilateral Indonesia dan Lebanon dimulai. Kedutaan besar RI untuk Lebanon berdiri di Beirut pada 1996.

7. Afghanistan

Salah satu negara pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia adalah Afghanistan. Negara ini mengakui kedaulatan Indonesia pada 23 September 1947. Keduanya pun menandatangani perjanjian Treaty of Friendship pada 24 April 1955 di Bandung.

8. Arab Saudi

Arab Saudi menjadi salah satu dari negara pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia, yakni pada 24 November 1947. Hubungan diplomatik Arab Saudi dan Indonesia pun terjalin sejak 1 Mei 1950.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...