5 Rekomendasi Jenis Diet Populer untuk Raih Berat Badan Ideal

Destiara Anggita Putri
7 November 2022, 11:04
 Jenis Diet Populer
Unsplash
Ilustrasi, seseorang memakan salad.

Banyak orang melakukan diet untuk menurunkan berat badan serta menjaga kesehatan. Saat ini, ada banyak  jenis diet yang dipercaya dapat menurunkan berat badan dengan cepat. 

Setiap jenis diet memiliki metode dan manfaat yang berbeda seperti menurunkan kolesterol, mengurangi resiko penyakit jantung, dan lain sebagianya. Namun, tidak semua jenis diet aman bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan semua orang memiliki kecocokan yang berbeda terhadap jenis diet yang ada

Bila Anda tertarik untuk memiliki tubuh yang ideal, simak penjelasan lima jenis diet populer  yang bisa Anda coba di bawah ini.  

1. Diet Mediterania

Diet ini merupakan salah satu diet populer yang sangat dianjurkan untuk menurunkan berat badan karena dapat membuat tubuh Anda lebih sehat. Diet ini sendiri mengacu pada kebiasaan masyarakat Eropa Selatan, seperti Yunani, Kreta, dan Italia Selatan.

Diet in dilakukan dengan tujuan untuk negurangi resiko penyakit kronis seperti diantes, penyakit jantung dan pembuluh darah, serta kanker.

Dalam diet ini, Anda dianjurkan untuk mengismus jenis makanan yang sehat dan kaya akan  kandungan sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Tidak hanya itu, Anda juga dianjurkan untuk  mengkonsumsi sedikit ayam, daging merah, serta lemak tak jenuh  minyak zaitun dan  kacang-kacangan.

Bila Anda tertarik melakukan diet mediterania, Anda bisa mulai dengan memakan empat butir telur per minggu, daging merah dalam jumlah sedikit serta mengkonsumsi makanan penutup seperti buah-buahan.

2. Diet Mayo

Jenis diet populer selanjutnya yang bisa Anda coba adalah diet mayo yang berfokus untuk merubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Daripada melarang mengkonsumsi makanan tertentu, diet ini juru mendorong Anda makan makanan sehat seperti daging tanpa lemak, tempe, sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Tentunya Anda juga perlu  mengimbanginya dengan olahraga yang teratur.

Walaupun begitu, masih saja banyak orang yang salah paham tentang diet ini dan menyamakannya dengan diet grapefruit. Diet ini sendiri menganjurkan asupan rendah karbohidrat dan kalori, sekaligus enzim pembakar lemak dalam buah anggur agar berat badan turun dengan cepat.

Namun diet ini kurang direkomendasikan sebagai diet jangka panjang dan belum didukung oleh penelitian klinis.

3. Diet Ketogenik

Jenis berikutnya yang bisa Anda coba adalah diet ketogenik.  Dilansir dari Medical News Today, diet ini menganjurkan untuk mengurangi asupan karbohidrat dan meningkatkan asupan lemak. 

Ketika menjalankan diet ini, tubuh Anda dikondisikan untuk mendapatkan energi dari pembakaran lemak. Maksud dari lemak ini tentunya lemak baik yang berasal  alpukat, kelapa, kacang-kacangan, dan minyak ikan yang bisa ditambahkan ke dalam makanan 

Dikutip dari Healthline, Ketika diet in dilakukan akan terjadi  proses ketosis dimana  tubuh memecah timbunan lemak untuk bahan bakar energi dan menciptakan zat yang disebut keton.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...