Melirik 9 Ciri Pria Memendam Perasaan Cinta

Tifani
Oleh Tifani
7 November 2022, 15:01
ciri pria memendam perasaan cinta
Katadata
Ilustrasi, ciri pria memendam perasaan cinta.

Menebak perasaan seseorang bukan hal yang mudah, terlebih bagi pria yang dikenal kurang 'ekspresif' terhadap persaannya. Terkadang, ada pria yang memang menyembunyikan perasaannya karena takut akan mendapatkan penolakan, atau mungkin ia sedang menunggu waktu yang tepat untuk menyatakan cintanya.

Namun bukan berarti perasaan seorang pria tak bisa 'terbongkar'. Secara psikologis ada ciri-ciri pria memendam perasaan cinta.

Dilansir dari laman psychologytoday.com, bahasa tubuh dapat menjadi bahasa non-verbal yang dapat dengan mudah dibaca orang lain. Termasuk bahasa tubuh jika seorang pria memendam perasaan cinta. Berikut ciri-ciri pria memendam perasaan cinta yang mudah ditebak secara psikologis.

1. Menjauh

Jika seorang wanita pada umumnya ingin terus berada di dekat orang yang disukainya, seorang pria justru berkebalikannya. Pria akan cenderung menjauhi wanita yang disukainya.

Hal ini bisa terlihat dari bagaimana cara pria tersebut berinteraksi denga perempuan 'si gebetan'. Jika dia dulu hangat dan ramah, selalu menyentuh tangan selama percakapan, dan duduk sedekat mungkin saat bersenda gurau bersama teman-teman, kini ia terkesan dingin dan cuek.

Sikap pria tersebut mungkin dapat menjadi tanda, karena ia mulai menyadari adanya perasaan cinta terhadap si wanita dan takut untuk membawanya lebih jauh. Secara psikologi, pria bersikap seperti ini karena mereka takut atau bingung akan perasaan mereka terhadap wanita yang dicintainya.

2. Kerap Memperhatikan Penampilan

Pria yang sedang jatuh cinta biasanya akan lebih memperhatikan penampilan mereka, untuk bisa membuat orang yang disukai merasa terkesan terhadap diri mereka. Biasanya pria yang sedang jatuh cinta akan merapikan rambut mereka tatkala berjumpa dengan orang yang mereka cintai.

Jika seorang pria memiliki penampilan yang biasa-biasa saja dan terbilang cuek, lalu kemudian berubah menjadi lebih rapi serta kerap merapikan rambutnya, harus patut curiga dengan perasaannya, sebab mungkin saja dia sedang memendam rasa suka terhadap diri wanita.

3. Salah Tingkah

Ketika pria berhadapan langsung dengan sosok yang ia sukai, pastinya bahasa tubuh yang sering diperlihatkan adalah 'salting' alias salah tingkah, baik ketika berbicara maupun melakukan sesuatu. Pria akan merasa gugup dan grogi saat sedang jatuh cinta, sehingga mereka selalu merasa salah tingkah jika harus berdampingan bersama orang yang disukai.

Maka dari itu, perhatikan gelagat pria yang dicurigai sedang memendam perasaan terhadap lawan jenis. Apakah tingkah lakunya tampak normal ketika sedang berhadapan langsung, atau justru selalu salah tingkah saat harus bertatap muka.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...