4 Poin Penting Isi Kesepakatan COP26 untuk Selamatkan Planet Bumi

Anggi Mardiana
7 November 2022, 21:02
COP26, Isi Kesepakatan COP26
Youtube/UN Climate
Ilustrasi, Presiden COP26 Alok Sharma.

Isi kesepakatan COP27 atau Conference of Parties kini tengah dinantikan. COP adalah konferensi anggota Badan PBB untuk Konvensi Kerangka Kerja tentang Perubahan Iklim atau United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCC) ke-27.

COP27 merupakan konferensi iklim terpenting, di forum ini para pemimpin dunia berkumpul untuk membicarakan masa depan planet bumi. Konferensi ini dilaksanakan pada 6-18 November 2022 di Sharm el Sheikh, Mesir. Melalui UNFCC, negara-negara telah bersepakat untuk menstabilkan konsentrasi gas rumah kaca yang berada di atmosfer.

Hal ini dilakukan untuk mencegah aktivitas manusia yang membahayakan sistem iklim. Sejak tahun 1994, PBB telah mengundang hampir setiap negara yang ada di bumi untuk mengikuti COP. Konferensi ini menarik perhatian pemimpin dunia, termasuk Indonesia.

Sekilas tentang COP27

Konferensi perubahan iklim dunia atau COP27 ini akan menetapkan isi kesepakatan COP atas produksi emisi gas rumah kaca yang mengikat secara hukum untuk masing-masing negara. Indonesia yang menghadiri acara ini akan menunjukkan aksinya dalam perubahan iklim.

Indonesia telah melakukan wujud nyata untuk mencegah kenaikan suhu global melalui Paviliun Indonesia menampilkan berbagai aksi, strategi, inovasi dan pencapaian. Indonesia menampilkan kebijakan dan hasil kerja nyata sebelumnya.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya memberikan sambutannya saat pembukaan Paviliun Indonesia dalam rangkaian COP27 di Mesir. Beliau mengungkapkan, diperlukan tindakan multilateral, kolektif dan terpadu sebagai satu-satunya cara mengatasi ancaman global.

Pemerintah telah berbagi tanggung jawab dengan kalangan akademisi, organisasi masyarakat sipil atau CSO, pebisnis dan pihak lainnya mengenai perubahan iklim. Namun, dalam aksi nyata di lapangan, terkadang mengalami tantangan serta keterbatasan.

Mulai dari politik pengambilan keputusan, serta munculnya perselisihan karena kepentingan prioritas sosial-ekonomi dan lingkungan sehingga kebijakan menjadi tindakan kurang efektif. Oleh karena itu, aksi bersama dalam perubahan iklim diperlukan pemimpin dalam memandu aksi ini.

Isi Kesepakatan COP 26

Sebelum memasuki COP 27, sebagai informasi ada 4 poin penting yang menjadi isi kesepakatan COP 26 yang perlu kita pahami dan sesuaikan kembali, berikut diantaranya.

1. Adaptasi

Paragraf 7 Pakta Iklim Glasgow menekankan pada urgensi peningkatan dukungan dan aksi mencakup adaptasi. Di antaranya pendanaan, pengembangan kapasitas penguatan ketahanan iklim, mengurangi kerentanan terhadap perubahan iklim dan meningkatkan transfer teknologi untuk meningkatkan kapasitas adaptasi.

2. Mitigasi

Dalam paragraf 22 Pakta Iklim Glasgow berisi tentang upaya menahan laju kenaikan suhu bumi tidak lebih dari 1,5 derajat celcius dibandingkan era pra industri. Yang mana membutuhkan pemangkasan emisi 45% di tahun 2030 terhadap tingkat emisi tahun 2010. Selain itu, seluruh dunia harus mampu mencapai net zero atau bebas emisi di pertengahan abad ini.

3. Pendanaan Iklim

Pendanaan iklim cukup jadi perdebatan sengit di COP26 karena negara-negara maju terbukti gagal dalam memenuhi komitmennya untuk mendanai iklim internasional sebesar 100 miliar dollar atau sekitar Rp 1.420 triliun setiap tahun pada 2020. Maka dari itu Pakta Iklim Glasgow mendesak seluruh pihak untuk meningkatkan kontribusi dalam pendanaan iklim ini.

4. Kolaborasi

Paragraf 92 mendesak negara untuk memastikan keterlibatan dan perwakilan pemuda dalam proses pengambilan keputusan mulai dari tingkat lokal, nasional dan multilateral. Dalam hal ini, keterlebitan aktor non negara seperti masyarakat sipil, komunitas lokal, masyarakat adat, pemuda dan pemerintah daerah dinilai penting untuk mencapai tujuan Perjanjian Paris.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...