Memahami Perbedaan Kelinci Jantan dan Betina dari Berbagai Kategori

Annisa Fianni Sisma
8 November 2022, 11:42
perbedaan kelinci jantan dan betina
PIXABAY
Ilustrasi, kelinci dalam kandang.

Kelincimerupakan jenis hewan vivipar atau hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Kelinci yang melahirkan adalah kelinci betina. Terdapat perbedaan kelinci jantan dan betina dari segi fisik dan lain sebagainya.

Kelinci yang merupakan hewan vivipar memiliki karakteristik melahirkan dari induknya yang betina, memiliki kelenjar susu dan menyusui, serta tubuhnya dilapisi bulu.

Berkaitan dengan kelinci yang termasuk hewan vivipar, tentu menarik untuk membahas perbedaan kelinci jantan dan betina. Berikut ini perbedaan kelinci jantan dan betina melansir dari hobinatang.com.

Perbedaan Kelinci Jantan dan Betina dari Segi Fisik

Perbedaan kelinci jantan dan betina secara mencolok dapat dilihat dari bentuk fisiknya. Ini mulai dari ukuran tubuh, alat kelamin, dan bentuk kepala. Adapun, perinciannya adalah sebagai berikut.

1. Ukuran Tubuh

Perbedaan kelinci jantan dan betina yang menonjol adalah ukuran tubuhnya. Tubuh kelinci jantan rupanya lebih kecil daripada kelinci betina, sehingga kelinci jantan pun memiliki berat tubuh yang lebih ringan daripada kelinci betina.

Namun, ketentuan ini hanya berlaku bagi kelinci sejenis. Contohnya yakni kelinci anggora jantan dan betina atau kelinci himalaya jantan dan betina. Jika membandingkan kelinci jantan dan betina yang berbeda jenis, maka hal tersebut tidak akan valid.

Setiap jenis kelinci memiliki ukuran normal masing-masing. Pada umumnya, kelinci memiliki bobot 1 hingga 6 kg dan bergantung pada jenisnya. Kelinci hias atau kelinci peliharaan pada umumnya memiliki bobot maksimal 1 hingga 3 kg, sedangkan kelinci pedaging atau kelinci yang digunakan untuk budidaya biasanya berbobot maksimal 3 hingga 6 atau 7 kg.

Ukuran tubuh kelinci jantan lebih kecil karena kandungan lemak pada tubuh kelinci jantan lebih sedikit daripada betina. Jika kelinci betina sedang hamil, tentu berat badannya lebih besar lagi.

Ukuran tubuh kelinci jantan bahkan hampir setengah lebih kecil daripada betina. Pada umumnya, bagi yang belum memahami, banyak yang menyangka dan salah paham bahwa kelinci yang lebih besar adalah kelinci jantan.

2. Alat Kelamin

Perbedaan kelinci jantan dan betina selanjutnya terdapat pada alat kelaminnya. Ini adalah cara termudah memahami perbedaan kelinci jantan dan betina. Pada kelinci jantan akan ditemukan 2 testis yang menggantung. Sebaliknya, jika tidak ada, maka ia adalah betina.

Selain itu, pada kelinci jantan umumnya jarak kelamin dan anus berjauhan, sedangkan pada kelinci betina jaraknya berdekatan. Untukmelihatnya, maka pemilik harus memegang kelinci dan memutar baliknya sehingga terlentang. Perbedaan tersebut akan terlihat dengan jelas.

Pada kelinci yang masih kecil mungkin akan sulit melihat apakah ia betina maupun jantan. Namun jika diperhatikan lebih teliti, maka akan mudah menentukan apakah kelinci tersebut betina atau jantan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...