8 Cara Merawat Kelinci agar Sehat dan Berumur Panjang

Berikut delapan cara merawat kelinci agar bisa memiliki perawakan yang sehat dan tetap lucu, serta berumur panjang.
Image title
8 Juli 2022, 17:56
Ilustrasi delapan cara merawat kelinci agar bisa memiliki perawakan yang sehat dan tetap lucu serta berumur panjang.
pexels.com
Ilustrasi delapan cara merawat kelinci agar bisa memiliki perawakan yang sehat dan tetap lucu serta berumur panjang.

Memelihara hewan peliharaan memiliki banyak manfaat bagi pemeliharanya. Begitu pula dengan memelihara kelinci. Mengelus bulunya atau memperhatikan mereka melompat memberikan kesenangan tersendiri. Namun tidak semua orang tahu mengenai cara merawat kelinci dengan baik. Oleh karenanya berikut sejumlah cara yang dilansir dari Dekoruma.com:

1. Memilih Makanan yang Tepat

Cara merawat kelinci yang tepat dan sesuai dengan saran dokter tidak hanya dengan mengandalkan wortel dan kangkung. Ternyata tidak, walaupun kelinci Anda nampak terlihat suka sama makanan tersebut, tapi itu tidak menunjang nutrisi yang diperlukan. Ujung-ujungnya, kelinci yang kamu punya akan mudah mengalami gangguan pencernaan dan berisiko mati.

Cara merawat kelinci yang tepat adalah memberi makanan yang variatif, mulai dari jerami sebagai sumber serat sampai camilan khusus agar ia senang. Akan tetapi, hindari memberikan kacang-kacangan pada kelinci karena jenis makanan ini tidak cocok untuk pencernaannya.

2. Memastikan Minuman Selalu Tersedia

Wahai para pemilik kelinci, cara merawat kelinci Anda tidak boleh mengabaikan dari ketersediaan air di kandang. Anda berkewajiban untuk memastikan bahwa di kandang tersebut sudah tersedia air bersih. Untuk itu, taruhlah air dalam mangkuk kecil di kandangnya dan biasakan untuk mengecek serta mengisi ulang atau menggantinya tiap hari.

Advertisement

3. Kapasitas Kandang Layak

Tidak banyak yang tahu bahwa memelihara kelinci di kandang, tapi sedikit orang yang tahu ukuran kandang yang tepat. Padahal, memilih ukuran kandang sendiri merupakan cara merawat kelinci yang penting. Ukuran kandang kelinci sebaiknya jangan terlalu kecil agar ia tetap nyaman bermain dan melompat dalam kandangnya. Kamu bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan menyediakan kandang dengan ukuran minimal lima kali ukuran tubuh kelinci peliharaan Anda.

4. Bersihkan Bulu Hewan Lain

Dalam proses sistem pencernaan kelinci memiliki kerumitan yang tidak sama dengan hewan lainnya. Hal itu yang membuatnya sulit memuntahkan suatu benda asing jika masuk ke mulutnya. Jadi, jika kamu memelihara hewan lain selain kelinci, perhatikanlah agar bulu hewan tersebut tidak ada di sekitar kelincimu.

Begitu juga dengan atau gumpalan rambut yang rontok. Apabila ia tidak sengaja memakannya, pencernaan kelinci Anda berisiko mengalami gangguan dan bisa membuatnya cepat mati.

5. Menempatkan Kelinci dalam Ruangan

Apabila Anda menempatkan kelinci di luar ruangan bisa membuat hewan kesayangan Anda menjadi rawan pada kematian. Apabila demikian, jangan heran kalau kelinci peliharaan Anda cepat mati. Cara merawat kelinci ini justru membuatnya mudah stres karena merasa tertekan dengan keadaan lingkungan dan hewan lain yang bisa saja ada di sekitarnya.

Kelinci termasuk hewan yang sulit beradaptasi sehingga menaruhnya di luar ruangan akan membuatnya bekerja keras menyesuaikan diri dengan panas, dingin, terang, maupun gelap. Oleh karena itu, sebaiknya peliharalah kelinci di dalam ruangan rumahmu.

6. Biarkan Kelinci Keluar Kandang 

Cara merawat kelinci yang baik jangan hanya meletakkan di dalam kandang seharian. Salah satunya dengan memberinya waktu keluar kandang setiap hari. Membiarkan kelinci berkeliaran dengan lincah dalam 1—2 jam dalam sehari bisa membuatnya lebih mampu berolahraga maksimal dan menjelajah berbagai area di rumah. Ia pun lebih senang dan umurnya akan lebih panjang.

7. Pantang Belai Bagian Belakang Kelinci

Bagian kepala dari kelinci adalah area yang sering disentuh oleh para pemilik, dan membuatnya seakan merasa disenangi dan disayangi. Cara merawat kelinci yang seperti itu akan membuatnya merasa stres karena kelinci sangat merawat area kepala mereka. Sentuhan dan belaian dari tanganmu di area tersebut bisa membuat mereka merasa gagal dalam menjaga area kepala. Kalau kamu ingin membelai binatang lucu ini, sebaiknya usap saja badannya secara perlahan.

8. Memelihara Lebih dari Satu Kelinci

Hanya memelihara satu kelinci sangat tidak direkomendasikan. Mungkin kamu berpikir supaya lebih mudah memeliharanya, tapi justru cara merawat kelinci seperti ini akan membuat ia merasa kesepian dan semakin gampang stres. Kelinci adalah hewan yang bersosial tinggi. Jadi, ia akan lebih bahagia jika punya teman. Setidaknya, peliharalah dua hingga tiga ekor kelinci sekaligus agar mereka bisa bermain bersama.

Apabila kamu sudah terbiasa melakukan cara merawat kelinci yang tepat, dijamin binatang peliharaan Anda yang satu ini akan berusia lebih panjang. Kamu pun bisa menghabiskan waktu lebih banyak untuk melihat kelucuan mereka yang menggemaskan.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait