8 Cara Merawat Kelinci agar Sehat dan Berumur Panjang

Image title
8 Juli 2022, 17:56
Ilustrasi delapan cara merawat kelinci agar bisa memiliki perawakan yang sehat dan tetap lucu serta berumur panjang.
pexels.com
Ilustrasi delapan cara merawat kelinci agar bisa memiliki perawakan yang sehat dan tetap lucu serta berumur panjang.

Memelihara hewan peliharaan memiliki banyak manfaat bagi pemeliharanya. Begitu pula dengan memelihara kelinci. Mengelus bulunya atau memperhatikan mereka melompat memberikan kesenangan tersendiri. Namun tidak semua orang tahu mengenai cara merawat kelinci dengan baik. Oleh karenanya berikut sejumlah cara yang dilansir dari Dekoruma.com:

1. Memilih Makanan yang Tepat

Cara merawat kelinci yang tepat dan sesuai dengan saran dokter tidak hanya dengan mengandalkan wortel dan kangkung. Ternyata tidak, walaupun kelinci Anda nampak terlihat suka sama makanan tersebut, tapi itu tidak menunjang nutrisi yang diperlukan. Ujung-ujungnya, kelinci yang kamu punya akan mudah mengalami gangguan pencernaan dan berisiko mati.

Advertisement

Cara merawat kelinci yang tepat adalah memberi makanan yang variatif, mulai dari jerami sebagai sumber serat sampai camilan khusus agar ia senang. Akan tetapi, hindari memberikan kacang-kacangan pada kelinci karena jenis makanan ini tidak cocok untuk pencernaannya.

2. Memastikan Minuman Selalu Tersedia

Wahai para pemilik kelinci, cara merawat kelinci Anda tidak boleh mengabaikan dari ketersediaan air di kandang. Anda berkewajiban untuk memastikan bahwa di kandang tersebut sudah tersedia air bersih. Untuk itu, taruhlah air dalam mangkuk kecil di kandangnya dan biasakan untuk mengecek serta mengisi ulang atau menggantinya tiap hari.

3. Kapasitas Kandang Layak

Tidak banyak yang tahu bahwa memelihara kelinci di kandang, tapi sedikit orang yang tahu ukuran kandang yang tepat. Padahal, memilih ukuran kandang sendiri merupakan cara merawat kelinci yang penting. Ukuran kandang kelinci sebaiknya jangan terlalu kecil agar ia tetap nyaman bermain dan melompat dalam kandangnya. Kamu bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan menyediakan kandang dengan ukuran minimal lima kali ukuran tubuh kelinci peliharaan Anda.

4. Bersihkan Bulu Hewan Lain

Dalam proses sistem pencernaan kelinci memiliki kerumitan yang tidak sama dengan hewan lainnya. Hal itu yang membuatnya sulit memuntahkan suatu benda asing jika masuk ke mulutnya. Jadi, jika kamu memelihara hewan lain selain kelinci, perhatikanlah agar bulu hewan tersebut tidak ada di sekitar kelincimu.

Begitu juga dengan atau gumpalan rambut yang rontok. Apabila ia tidak sengaja memakannya, pencernaan kelinci Anda berisiko mengalami gangguan dan bisa membuatnya cepat mati.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement