Teknik Renang Gaya Dada dan Ragam Manfaatnya untuk Kesehatan

Tifani
Oleh Tifani
8 November 2022, 13:33
renang gaya dada
ANTARA FOTO/Aji Styawan/tom.
Ilustrasi, perenang Indonesia Maulana Rifky Yavianda memacu kecepatannya pada final gaya dada 50 meter putra kategori SB12 ASEAN Para Games 2022 di Stadion Jatidiri Semarang, Jawa Tengah, Jumat (5/8/2022).

Renang gaya dada atau breaststroke termasuk salah satu teknik renang yang paling mudah dipelajari bagi pemula. Bagi pemula yang memilih untuk belajar berenang dengan instruktur olahraga ini, gaya renang inilah yang umumnya pertama kali diajarkan terlebih dahulu.

Pasalnya, teknik yang juga disebut renang gaya katak ini memungkinkan kepala perenang tetap berada di atas permukaan air. Ketika baru belajar berenang, seseorang mungkin belum terbiasa, merasa takut, dan panik untuk menenggelamkan kepala ke dalam air.

Renang gaya ada disebut juga gaya katak karena gerakannya mirip. Selain itu teknik berenang ini menggunakan dorongan tangan dan kaki ke depan. Ketika di dalam air, gaya dada membutuhkan dorongan dari bawah ketika kepala melakukan pernapasan.

Perenang pemula perlu latihan lanjutan untuk gerakan renang dada. Gaya renang ini cenderung santai dan tidak menghabiskan energi. Berikut ini ulasan mengenai teknik renang gaya dada dan manfaatnya untuk kesehatan.

Teknik Renang Gaya Dada

Dikutip dari laman hellosehat.com, renang gaya dada ini yang juga disebut renang gaya katak memungkinkan pemula belajar berenang lebih santai tanpa harus merasa takut tenggelam. Bagi para pemula, berikut cara melakukan teknik renang gaya dada yang bisa dilakukan.

1. Posisi Tubuh dan Kepala Renang Gaya Dada

Posisi tubuh dan kepala yang benar bertujuan untuk meningkatkan teknik gaya dada secara keseluruhan. Saat berada dalam air, posisi tubuh harus lurus dengan permukaan air dan kepala menghadap ke depan sejajar dengan tubuh.

Kemudian jaga posisi bahu, pinggul, dan kaki agar sejajar, tapi miringkan sedikit tubuh bagian belakang untuk menjaga gerakan tendangan kaki tetap berada di dalam air. Selain itu, perenang juga perlu menjaga kondisi bahu dan leher serileks mungkin untuk membantu gerakan lengan dan mengurangi ketegangan. Saat melakukan gerakan lengan meluncur ke depan, posisikan kepala sedikit menunduk untuk mencegah hambatan air.

2. Teknik Gerakan Tangan Renang Gaya Dada

Gerakan lengan dalam renang gaya dada cenderung lebih banyak dilakukan dalam air. Pertama, arahkan kedua lengan lurus ke depan dengan posisi telapak tangan saling bertemu. Kemudian dorong tubuh agar meluncur ke depan.

Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melatih teknik gerakan lengan.

  • Dari meluncur dan posisi tubuh lumayan stabil, gerakkan kedua lengan membentuk lingkaran ke luar tubuh.
  • Cobalah untuk tidak membuat gerakan lingkaran terlalu lebar, karena sebagian besar gaya dorong berasal dari kaki, bukan dari lengan.
  • Setelah membentuk satu lingkaran penuh, satukan kedua telapak tangan pada dada bagian atas.
  • Luruskan kembali kedua lengan ke depan dengan kedua telapak tangan berdekatan, lalu mulai kembali gerakan lengan.

3. Teknik Gerakan Kaki Renang Gaya Dada

Berbeda dengan teknik renang gaya bebas (freestyle), mayoritas gaya dorong agar tubuh meluncur ke depan berasal dari tendangan kaki pada renang gaya dada. Gerakan kaki yang harus dilakukan saat berenang mirip seperti kaki katak saat berenang.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah panduan teknik gerakan kaki pada renang gaya katak.

  • Setelah meluncur dalam posisi kedua kaki lurus, tekuk kedua lutut ke bawah hingga tumit mengarah ke bokong. Kedua telapak kaki juga mengarah ke permukaan air.
  • Posisikan kedua lutut terbuka sedikit lebar dari pinggul, menghadap ke bawah, dan berada sedikit di belakang garis pinggul.
  • Kemudian lakukan tendangan menyapu ke luar dan ke belakang dalam gerakan melingkar. Jaga kaki Anda dalam posisi kuat dan tidak longgar.
  • Satukan kembali kedua kaki dalam posisi lurus ke belakang, sementara lengan juga lurus ke depan untuk menghindari hambatan air.

4. Pernapasan Renang Gaya Dada

Jika sudah mahir berenang dengan gerakan lengan dan kaki, barulah dapat mempelajari teknik pernapasan renang gaya dada. Perenang harus bisa menyelaraskan dan menentukan waktu yang tepat untuk mengambil napas.

Walaupun lebih mudah daripada teknik lainnya, juga perlu menguasai teknik pernapasan seperti berikut ini.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...