9 Cara Mengetahui Perasaan Seseorang Kepada Kita

Tifani
Oleh Tifani
8 November 2022, 15:33
cara mengetahui perasaan seseorang kepada kita
unsplash.com
Ilustrasi, love language.

Cara mengetahui perasaan seseorang kepada kita, memang susah-susah gampang. Namun, para ahli mengatakan bahwa ada beberapa hal penting yang dapat diperhatikan. Dikutip dari laman sehatq.com, menurut psikoterapis Christine Scott-Hudson, perasaan seseorang tercermin dari bagaimana ia memperlakukan orang lain.

Untuk benar-benar tahu tanda seseorang menyukai kita dengan tulus atau tidak, ada beberapa tips yang bisa diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa cara mengetahui perasaan seseorang kepada kita.

1. Kontak Mata

Menjaga kontak mata bisa jadi cara mengetahui perasaan seseorang kepada kita. Sebuah studi bahkan menunjukkan bahwa orang yang jatuh cinta saling menatap satu sama lain sekitar 75 persen dari waktu mereka berbicara.

Sementara itu, pada hubungan biasa, kontak mata hanya terjadi sekitar 30-60 persen saja. Jadi, jika orang yang disukai selalu mempertahankan kontak mata saat sedang berkomunikasi dengan, bisa menjadi pertanda bahwa perasaan berbalas.

2. Memberikan Sentuhan Ringan

Seseorang memiliki kecenderungan untuk memberikan sentuhan ringan pada orang yang membuatnya tertarik. Misalnya, saat menyentuh tangan atau bahu. Sentuhan ringan ini bisa jadi indikator ketertarikan dirinya kepada orang lain. Meski demikian, seseorang juga perlu membedakan dengan sentuhan yang mengarah pada sikap kurang ajar atau melecehkan.

3. Mirroring

Secara psikologi pria atau wanita kerap menunjukan perasaannya saat tengah 'menggoda' orang yang disukainya dengan menirukan perilaku atau cara berbicara. Bahkan, adakalanya seseorang menggunakan pilihan kata yang persis dengan ciri khas orang yang disukainya. Entah suka atau tidak, imitasi tersebut dapat menjadi ciri-ciri orang suka pada kita.

4. Mendekatkan Tubuh

Orientasi dan gestur tubuh merupakan cara mengetahui perasaan seseorang kepada kita atau tidak. Orang yang menyukai individu lain cenderung mendekatkan tubuh saat berbicara. Orientasi tubuh orang yang menyukai dapat berupa menurunkan kepala saat berbicara atau memiringkan badan lebih dekat. Bahkan 'si dia' kadang melakukannya secara tidak sadar.

Saat berkomunikasi dengan seseorang yang ditaksir, baik pria maupun wanita akan cenderung ingin berdekatan secara fisik, tanpa ada penghalang. Biasanya orang akan menyingkirkan atau memindahkan benda yang jadi pembatas antara dirinya dan orang yang disukainya.

5. Memberi Perhatian

Cara mengetahui perasaan seseorang kepada kita selanjutnya ialah sering memberikan perhatian. Perhatian tersebut dapat berupa, menawarkan jaket jika kondisi cuaca begitu dingin, memberikan perhatian penuh saat berbicara, atau merespons ucapan secara personal.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...