Melirik 4 Rekomendasi Film Kolosal China

Ghina Aulia
8 November 2022, 17:56
Film Kolosal China
imdb
Ilustrasi, poster film The Eight Hundred.

Industri film China tak ada habisnya memproduksi film dengan berbagai aliran. Salah satunya ada film kolosal. Secara umum, film kolosal merupakan film yang berlatar sejarah dan terdapat banyak tokoh yang ada di dalamnya. Demikian dengan China yang mengangkat budaya dan cerita sejarahnya.

Menariknya, film kolosal China banyak yang memuat budaya bela diri. Seperti yang umum diketahui bahwa negara tersebut cukup identik dengan Kungfu dan Wing Chun. Tak hanya itu, hal lain yang membuat antusias penonton adalah aktor yang turut berperan.

Sebut saja Jackie Chan, Andy Lau, Chow Yun-fat dan Jet Li. Nama-nama tersebut merajai aktor ternama di era 90-an hingga tahun 2000-an awal. Tak terkecuali Indonesia. Pada tahun-tahun tersebut, beberapa televisi tanah air cukup sering menayangkan serial atau film kolosal China.

Rekomendasi Film Kolosal China

Berikut ini adalah ulasan dan rekomendasi film kolosal China yang bisa dijadikan tontonan. Beberapa di antaranya ada yang cukup lawas dan ada juga yang terbaru. Dilansir dari situs Bacaterus, berikut ini adalah rangkumannya.

1. The Eight Hundred (2020)

Film kolosal China ini mengangkat kisah perjuangan Tiongkok melawan pasukan Jepang. The Eight Hundred digarap oleh Guan Hu bersama Huayi Brothers, Tencent Pictures, Beijing Enlight Media dan Alibaba Pictures. Aktor yang turut membintangi adalah Huang Zhizhong, Zhang Jinyi, Oho Ou dan Jiang Wu.

Film ini bercerita mulai dari empat hari sebelum pertempuran pertahanan gudang Sihang selesai. Wilayah tersebut berada di Shanghai dan dijaga oleh 800 tentara. Sayangnya jumlah tersebut tak sebanding dengan serangan ribuan pasukan Jepang yang melawan secara brutal. Dalam hal persenjataan Jepang juga lebih unggul. Berlatar tahun 1937, pasukan Tiongkok diketahui dipimpin oleh Letkol Xie Jinyuan.

Selain itu, juga ada sosok Duan Wu yang awalnya berpikir untuk menyelamatkan dirinya sendiri. Di tengah pertempuran Tiongkok sudah hampir berhasil memukul mundur pihak Jepang. Namun hal tersebut tidak membuat mereka lengah. Akhirnya bendera negara diputuskan untuk dikibarkan besok hari.

Duan Wu dan prajurit lain bertugas untuk menegakkan bendera Tiongkok untuk berkibar di atas gedung Sihang. Saat bertugas, Duan Wu tertembak tepat di bagian perut yang membuatnya tumbang. Namun Duan Wu bersama tentara lain tak kehabisan akal, mereka sudah memasang bom bunuh diri pada pasukan Jepang dan meledakkannya.

2. Dragon Blade (2015)

Dragon Blade merupakan film beraliran history dan action. Disutradarai Daniel Lee dan berhasil digarap oleh Beijing Cultural Assets Chinese Film & Television Fund, Home Media and Entertainment, Huayi Brothers, Shanghai Film Group, Shenzhen Tencent Video Culte Communication, Sparkle Roll Cultural Media, Visualizer Films dan Lionsgate Films.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement