Memahami 7 Tahapan Cara Merawat Anak Kelinci Lengkap

Annisa Fianni Sisma
10 November 2022, 09:29
CARA MERAWAT ANAK KELINCI
PEXEL
Ilustrasi, anak kelinci.

Kelinci betina dapat melahirkan sekitar 6 hingga 10 bayi kelinci. Bagi pemilik kelinci yang baru saja melahirkan, mungkin akan menjadi fenomena yang mengejutkan jika tidak memahami cara merawat anak kelinci.

Pada dasarnya, cara merawat anak kelinci cukup mudah. Pastikan anak kelinci mendapatkan nutrisi yang cukup serta tempat yang aman. Kelinci akan melahirkan setelah usia kehamilannya mencapai 30 hari.

Sebelum masa kelahiran datang, pemilik harus mengetahui cara merawat anak kelinci. Untuk memahami lebih lanjut, berikut ini cara merawat anak kelinci lengkap beserta penjelasannya.

1. Sediakan Kandang yang Hangat

Cara merawat anak kelinci yang paling utama adalah menyediakan rumah baginya. Kelinci akan merasa aman dan nyaman jika berada dalam kandang yang hangat dan aman.

Anak kelinci lahir tanpa bulu dan selalu membutuhkan kehangatan. Oleh karena itu, sediakan kandang dengan penuh rumput sebagai alasnya. Jika perlu, gunakan handuk yang lembut untuk menambah kehangatannya.

Induk kelinci hamil akan mencabuti bulunya sendiri sebagai tambahan alas sebelum melahirkan. Pastikan juga terdapat air dan makan yang dekat dengan sang induk agar mempermudahnya.

Jika kandang dinilai kurang hangat, pemilik dapat menambahkan botol hangat berisi air hangat dan meletakkannya di bawah alas kandang. Hal ini dapat membantu kandang lebih hangat dan lebih nyaman bagi kelinci.

2. Periksa Bayi Kelinci Sesaat Setelah Melahirkan

Induk kelinci biasanya melahirkan pada malam hari atau dini hari. Oleh karena itu, biasanya pada pagi hari, pemilik akan melihat sekumpulan bayi yang baru lahir. Bayi yang baru lahir pada umumnya tidak berbulu dan telinganya yang menutup serta matanya yang menutup.

Bayi yang baru lahir akan tertutup matanya hingga berusia 12 hari. Ukuran bayi kelinci pada umumnya 2.5 hingga 30 cm dan ukuran dapat berbeda tergantung jenis kelinci.

Pastikan tidak ada bayi yang tertindih atau meninggal dunia. Pemilik dapat memastikannya dengan memancing induk bayi agar keluar dan melihat apakah ada bayi di dalamnya atau tidak.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...