7 Makanan yang Tidak Boleh Diberikan ke Kucing Peliharaan

Destiara Anggita Putri
10 November 2022, 10:14
makanan yang tidak boleh diberikan ke kucing peliharaan
Unsplash
Ilustrasi, kucing peliharaan.

Sebagai pemilik kucing, Anda pastinya ingin kucing peliharaan tetap dalam kondisi sehat. Oleh karena itulah, Anda wajib memberikan makanan bergizi seimbang pada kucing peliharaan setiap harinya. Dengan demikian, kebutuhan energi dan nutrisinya bisa tercukupi.

Namun, bukan berarti Anda bisa memberikan semua jenis makanan kepada kucing peliharaan. Ada beberapa makanan yang tidak boleh diberikan kepada mereka karena mengandung zat beracun yang tentunya membahayakan kesehatan kucing.

Jika Anda belum mengetahuinya, simak penjelasan tujuh makanan yang tidak boleh diberikan kepada kucing peliharaan di bawah ini.  

1. Cokelat

Coklat merupakan salah satu makanan yang tidak boleh diberikan ke kucing peliharaan . Makanan berbahan dasar cocoa ini berbahaya bagi kucing karena mengandung zat kafein dan teobromin.

Bila kucing Anda tidak sengaja tertelan makanan ini, maka mereka akan mengalami sejumlah gangguan kesehatan yaitu  muntah, diare, peningkatan suhu tubuh dan detak jantung, hingga kejang-kejang. .

Bahkan dalam kasus yang parah, dua zat beracun ini dapat menyebabkan kucing mengalami gagal jantung, kelemahan, atau koma. Oleh karena itu, jangan sekali-kali Anda memberikan coklat atau makanan yang mengandung coklat pada kucing peliharaan.

2. Hati

Makanan selanjutnya adalah hati. Sebenarnya, makanan ini bisa dimakan oleh kucing peliharaan karena mengandung protein, zat besi, dan berbagai nutrisi lainnya.

Namun, alangkah baiknya bila hati diberikan dalam porsi yang secukupnya. Hal ini dikarenakan hati juga mengandung vitamin A yang bila dikonsumsi berlebihan menyebabkan hipervitaminosis A pada kucing.

Ini merupakan suatu kondisi dimana terjadi ketidakseimangan vitamin A yang dapat mebahayakan kcuing peliharaan. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak berlebihan dalam memberikan makanan ini untuk kucing kesayangan.

3. Telur, Daging atau Ikan Mentah

Makanan yang tidak boleh diberikan ke kucing selanjutnya adalah telur, daging atau ikan mentah. Hal ini dikarenakan tiga makanan ini mengandung bakteri E.coli dan Salmonella yang dapat menyebabkan diare, muntah, dan lemas pada kucing. Bahkan dalam kasus yang parah, kucing dapat terpapar patogen yang bisa berakibat fatal.

Tidak hanya itu, putih telur mentah juga mengandung protein bernama avidin. Jika protein ini dikonsumsi oleh kucing, maka bisa mengganggu penyerapan biotin vitamin B. Hal ini akan menebalkan warna kulit dan bulu kucing menjadi kusam.

Oleh karena itu, jangan berikan makanan ini pada kucing peliharaan. Namun, jika Anda tetap ingin memberikannya, pastikan Anda menyediakannya dalam kondisi matang.

4. Ikan Tuna

Pada umumnya, hampir semua kucing suka makan ikan tuna. Hal ini sebenarnya bukan suatu masalah jika makanan ini dikonsumsi sesekali oleh kucing.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement