6 Rekomendasi Minuman Sehat Pengganti Kopi untuk Mencegah Kantuk

Destiara Anggita Putri
14 November 2022, 21:21
Minuman Sehat Pengganti Kopi
Unsplash
Ilustrasi, kopi.

Minum kopi terutama di pagi hari telah menjadi gaya hidup baya orang. Hal ini dikarenakan minuman berkafein ini efektif untuk mencegah rasa kantuk sehingga lebih segar dan fokus untuk beraktivitas.

Tidak hanya itu, kopi juga mengandung antioksidan yang bisa mencegah berbagai penyakit. Hal ini tentunya bisa diperoleh bila kopi diminum dengan porsi yang tepat. Namun jika dikonsumsi setiap hari akan memiliki efek samping seperti masalah tidur, malah lambung dan bahkan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Oleh karena itu,bila Anda juga memiliki kebiasaan yang sama, sebaiknya segera kurangi minum kopi setiap hari dan menggantinya dengan minuman yang lebih sehat.

Minuman Sehat Pengganti Kopi

Berikut ini enam rekomendasi minuman sehat pengganti kopi yang bisa Anda coba.

1. Teh Hijau

Teh hijau merupakan minuman sehat selain kopi yang bisa Anda coba untuk mencegah kantuk. Hal ini dikarenakan satu cangkir teh hijau mengandung sekitar 50 miligram sehingga bisa meningkatkan semangat Anda tanpa memberikan efek samping.

Teh hijau juga terkenal karena memiliki banyak manfaat kesehatan. Minuman ini mengandung katekin EGC yang berfungsi sebagai antioksidan. Dengan demikian, teh hijau dapat  mencegah kerusakan sel dalam tubuh serta berbagai penyakit.

Manfaat kesehatan lain dari teh hijau adalah dapat meningkatkan fungsi otak, performa fisik, dan bahkan menurunkan risiko berbagai kanker. Tentunya khasiat ini bisa Anda dapatkan bila minum teh hijau yang berkualitas dengan cara yang tepat.

Salah satu cara yang tepat adalah dengan tidak meminum teh hijau sebelum makan karena dapat menghambat penyerapan nutrisi. tentunya hal ini bisa meningkatkan resiko kurang gizi hingga anemia defisiensi besi. Jika Anda ingin meminumnya sebagai pengganti kpi, Anda bisa membelinya di supermarket maupun online shop

2. Air Kelapa

Minuman sehat pengganti kopi berikutnya adalah air kelapa. Alasannya air kelapa mengandung elektrolit seperti magnesium, kalium dan natrium yang dapat membantu memulihkan energi. Minuman ini juga mengandung serat, vitamin C, dengan sedikit kalori.

Selain itu, beberapa studi juga telah menemukan bahwa air kelapa memiliki beragam manfaat kesehatan. Mencegah batu ginjal, mencegah diabetes, serta meningkatkan kesehatan jantung adalah beberapa diantaranya.

Jika ingin minum air kelapa, Anda bisa meminumnya langsung dari buahnya. Cara ini lebih menyehatkan karena Anda tidak perlu mengonsumsi gula tambahan.Namun bila Anda minum air kelapa kemasan, pastikan Anda memperhatikan kandungan bahan di dalamnya, terutama gula tambahan. 

3. Kombucha

Selain teh hijau, Ada juga bisa minum kombucha yang terbuat dari teh hitam yang difermentasi sehingga kaya akan probiotik atau bakteri baik. Selain itu, kombucha juga  mengandung asam asetat dan molekul antioksidan yang baik bagi kesehatan.

Berbagai penelitian menemukan bahwa kombucha memiliki beragam manfaat kesehatan seperti meningkatkan sistem imun, mengendalikan kadar kolesterol, serta mengatur kadar gula darah bagi penderita diabetes.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...