6 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Menyusui

Destiara Anggita Putri
16 November 2022, 11:05
Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Menyusui
Unsplash
Ilustrasi, seorang ibu dan bayinya.

Masa menyusui merupakan masa penting bagi ibu dan bayi. Selain untuk bondng, masa ini juga berpengaruh besar bagi kesehatan dan kecerdasan bayi.  Oleh karena itulah, ibu menyusui perlu menjaga asupan makan yang dikonsumsi setiap harinya. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari sejumlah makanan tertentu. Hal ini dikarenakan ada beberapa makanan yang berbahaya bagi kesehatan ibu dan bayi. 

Advertisement

Lalu, apa saja makanan sehat yang tidak  boleh dikonsumsi? Berikut ini enam makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu menyusui agar ibu dan bayi tetap sehat.

1. Ikan yang Tinggi Merkuri

Ikan merupakan makanan yang mengandung DHA dan EPA, yaitu asam lemak omega-3 yang dapat mendukung perkembangan otak bayi. Tentunya manfaat in bia diperoleh selama ikan dikonsumsi dalam jumlah seang selama menyusui.

Walaupun demikian, ada juga jenis ikan yang tidak boleh dikonsumsi ibu menyusui karena mengandung merkuri yang tinggi. Merkuri merupakan unsur yang sangat beracun dan umumnya ditemukan di air yang tercemar.

Jika dikonsumsi, ikan yang tinggi merkuri ini dapat menjadi racun bagi sistem saraf, sistem kekebalan, dan ginjal. Selain itu,menurut jurnal Mercury Exposure and Children’s Health, ikan bermerkuri tinggi ini juga bisa merusak sistem saraf dan mengganggu fungsi otak bayi.

Hal inilah yang akan menurunkan kemampuan bayi dalam belajar dan berbicara. Bahkan, paparan logam merkuri juga bisa membuat bayi mengalami gangguan bicara dan penglihatan

Menurut Centers for Disease Control and  Prevention (CDC), jenis ikan bermerkuri tinggi yang dilarang dikonsumsi ibu menyusui hamil adalah ikan hiu, ikan tuna, dan makarel, dan tilefish.

Namun ada juga jenis ikan yang aman dikonsumsi ibu menyusui seperti ikan, salmon, dan trout. Jadi bila ibu menyusui tetap ingin makan ikan, mereka bisa mengkonsumsi salah satu ikan di atas dengan porsi yang terbatas.

2. Makanan Mentah

Makanan mentah merupakan salah satu makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu menyusui. Hal ini dikarenakan makanan mentah seperti sashimi, kerang, ataupun sushi bisa menjadi sumber infeksi.

Tidak hanya itu, berdasarkan penelitian yang terbit pada Korean Journal of Pediatrics, makanan mentah juga berpotensi membuat ibu mengalami darah keracunan akibat infeksi bakteri (septikemia).

Melihat bahayanya bagi kesehatan, sebaiknya ibu menyusui menghindari makanan ini. Namun jika ingin tetap memakannya, pastikan untuk dimasak terlebih dahulu hingga matang sempurna.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement