Menilik 7 Manfaat Pare untuk Kecantikan

Tifani
Oleh Tifani
16 November 2022, 14:46
Manfaat Pare untuk Kecantikan
Katadata
Ilustrasi, pare

Pare atau momordica charantia L merupakan tanaman tropis yang hidup di dataran rendah. Tanaman tergolong ke dalam jenis tanaman liar yang dapat dibudidayakan di tanah kosong.

Pare kerap diolah menjadi bebagai macam aneka makanan. Meski terkenal memiliki rasa yang cukup pahit, rupanya tanaman ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dikutip dari jurnal yang berjudul "Potensi Buah Pare Sebagai Obat Herbal" oleh Hernawati, pare dapat digunakan sebagai peluruh dahak, obat penurun panas dan penambah nafsu makan. Selain itu, daunnya dimanfaatkan sebagai peluruh haid, obat luka bakar, obat penyakit kulit dan obat cacing.

Manfaat Pare untuk Kecantikan

Tidak hanya dapat menjadi berbagai obat tradisional, tanaman bercita rasa pahit ini juga memiliki khasiat untuk kecantikan. Berikut ragam manfaat pare untuk kecantikan.

1. Merangsang Produksi Kolagen

Manfaat sayur pare untuk kecantikan yang pertama adalah dapat membantu produktivitas kolagen di dalam tubuh. Hal ini tak lain karena vitamin C yang terkandung di dalam pare akan membantu kesehatan pembuluh dan peredaran darah.

Kesehatan pembuluh darah merupakan unsur penting bagi produksi kolagen. Sementara kolagen adalah protein penting untuk menjaga keremajaan sel kulit. Pare dapat dikonsumsi sebagai lalapan atau tumisan untuk membantu produktivitas kolagen di dalam tubuh menjadi lebih maksimal.

2. Mencegah Gangguan Kulit

Manfaat pare untuk kecantikan juga bisa membantu mencegah timbulnya berbagai gangguan kulit. Kandungan vitamin dan mineral pada buah pare sangat baik untuk mencegah masalah kulit seperti jerawat, ruam, dan gatal-gatal.

Rutin mengonsumsi buah pare akan membuat kulit lebih cerah dan lembut secara alami. Bahkan manfaat pare untuk kecantikan bisa mencegah eksim dan psoriasis serta jenis infeksi jamur lain.

3. Atasi Ruam Kulit

Manfaat sayur pare untuk kecantikan lainnya adalah untuk membantu mengurangi ruam panas. Pare adalah solusi yang tepat untuk mengatasi ruam panas dan jerawat.

Wanita dengan kulit yang terbakar matahari benar-benar bisa mendapatkan keuntungan dari sayuran ini. Untuk melakukannya, ambil dua buah pare, dan buang bijinya setelah dipotong dengan pola memanjang.

Rebus dalam panci, dan biarkan mendidih selama sekitar 15 menit. Biarkan cairan ini mendingin, lalu campur dengan air mandi. Gunakan solusi pengobatan ini selama beberapa hari dan metode ini pasti akan menunjukkan hasil yang bagus.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...