4 Cara Memilih Sayuran yang Baik untuk Kesehatan

Siti Nur Aeni
9 Maret 2022, 10:09
4 Cara Memilih Sayuran yang Baik untuk Kesehatan
Pixabay
Sayuran segar

Sayuran menjadi bagian dari makanan sehat yang penting untuk tubuh. Sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, maka kita perlu memperhatikan cara memilih sayuran yang baik.

Cara Memilih Sayuran yang Masih Segar

Saat kita pergi ke pasar untuk membeli sayur, maka kita akan dihadapkan pada pilihan sayur yang sangat banyak. Perlu diketahui bahwa tidak semua sayuran yang dijual dalam keadaan segar. Padahal sayuran yang segar memiki kandungan nutrisi yang lebih baik dibandingkan dengan sayuran yang layu.

Oleh sebab itu, kita perlu memperhatikan kesegaran sayur sebelum membelinya. Adapun cara memilih sayuran yang segar sebagai berikut:

1. Memilih sayur dengan melihat warnanya

Tanda sayuran masih segar bisa terlihat dari warnanya. Sayuran yang segar memiliki warna cerah dan merata tanpa ada bintik hitam atau jamur. Jika mendapati sayuran yang berbintik hitam, sebaiknya jangan dikonsumsi. Sebab sayuran tersebut sudah rusak akibat pembusukan yang cepat.

Selain bintik, tanda sayuran segar juga bisa dilihat dari kondisi kulit. Sayuran yang sudah tidak segar biasanya memiliki kulit yang keriput dan daun layu. Saat memilih sayuran segar, perhatikan juga batang sayur. Umumnya, sayuran yang baru dipanen memiliki warna batang yang sedikit kecokelatan.

2. Perhatikan aroma sayuran

Cara memilih sayuran yang baik selanjutnya yaitu dengan memperhatikan aroma sayuran tersebut. Sayur yang segar mempunyai aroma yang segar juga. Dengan mencium aroma sayuran, kita bisa mendeteksi pembusukan yang terjadi pada makanan tersebut. Selain mengetahui pembusukan, dengan memperhatikan aromanya, kita juga bisa mengetahui sayuran yang aman dari pestisida.

3. Amati teksturnya

Hal lain yang juga penting untuk dipehatikan saat memilih sayuran yaitu tektur dari sayur tersebut. Setiap sayuran memiliki tekstur yang berbeda, ada yang bertektur lembut namun ada juga yang keras.

Jika Anda mendapati sayuran dengan tekstur yang tidak semestinya, berarti sayuran tersebut sudah tidak segar. Contohnya sayur timun. Saat masih segar, timun memiliki tekstur yang keras dan padat. Namun saat sudah tidak segar, timun memiliki tekstur yang lebih lembek dan mudah dihancurkan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement