6 Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Destiara Anggita Putri
22 November 2022, 21:46
Manfaat Buah Naga
Unsplash
Ilustrasi, buah naga.

Buah naga merupakan salah satu buah yang sering dikonsumsi karena memiliki rasa yang manis. Selain itu, buah ini juga memiliki harga yang terjangkau serta mudah ditemukan baik di supermarket maupun  pasar tradisional.

Buah naga sendiri memiliki kandungan air yang banyak serta daging buah yang bertekstur lembut sehingga cocok dimakan ketika cuaca panas. Buah naga  bisa dimakan dengan berbagai cara yaitu dengan memakannya langsung, dibuat menjadi jus, atau dicampur dengan oatmeal untuk sarapan pagi.

Selain nikmat disantap, buah naga ternyata juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui. Lantas, apa saja manfaat tersebut? Berikut ini informasi enam manfaat buah naga bagi kesehatan yang bisa diperoleh dengan mengonsumsinya secara teratur.

1. Membantu Menurunkan Resiko infeksi dan Penyakit Kronis

Buah naga merupakan buah yang kaya antioksidan yaitu betalains, hydroxycinnamates, dan flavonoid yang bekerja dengan cara menetralkan radikal bebas. Dengan demikian, antioksidan ini bisa membantu meningkatkan sistem imun serta menurunkan resiko terkena penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan arthritis.

Tentunya Anda perlu mengkonsumsi buah naga secara langsung.agar kandungan antioksidan ini bisa bekerja lebih baik pada tubuh.

Selain antioksidan, menurut penelitian buah naga juga mengandung vitamin C, fosfor, dan karotenoid yang dapat membantu meningkatkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi. Hal ini terjadi dikarenakan kandungan ini melindungi sel darah putih dari kerusakan.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah naga juga ternyata bisa membantu menjaga kesehatan tulang Anda. Alasannya kandungan mineral seperti magnesium, kalsium, dan fosfor pada buah naga terbukti bisa memberikan manfaat ini.

Dikutip dari Food Revolution Network, satu cangkir potongan buah naga mengandung 80 mg magnesium. Jumlah ini sendiri sudah termasuk 22% dari rekomendasi asupan magnesium (360 mg) dari Kementerian kesehatan.

Tidak hanya kesehatan tulang, mengkonsumsi buah naga juga bisa membantu melawan penyakit radang sendi atau arthritis. Pada umumnya, penderita penyakit ini mengalami iritasi parah pada persendian sehingga sulit bergerak.

Oleh karena itulah, buah ini bisa menjadi pilihan untuk melawan penyakit ini. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan pada buah naga merah memiliki sifat anti radang sehingga bisa membantu mengurangi peradangan. , 

3. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan 

Bila Anda memiliki masalah pencernaan, Anda sebaiknya perlu mengonsumsi buah naga secara rutin. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung serat yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Tidak hanya itu, kandungan serat ini juga bisa membantu mengontrol gerakan uus sehingga bisa mencegah sembelit. Selain serat, buha naga juga mengandung oligosakarida yang merupakan salah satu jenis probiotik yang baik untuk sistem pencernaan. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...