7 Manfaat Jus Buah Naga untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

Image title
5 Januari 2022, 14:00
Ilustrasi jus buah naga. Manfaat jus buah naga antara lain mengurangi risiko penyakit dan melancarkan pencernaan.
Pexels/Polina Tankilevitch
Ilustrasi jus buah naga

Buah naga memiliki tampilan kulit berwarna merah dengan daging buah berwarna putih atau merah. Rasanya manis dengan sedikit masam. Buah naga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan kesehatan tubuh.

Berdasarkan data U.S. Department of Agriculture, kandungan buah naga dengan berat 227 gram meliputi:

  • Kalori: 136
  • Protein: 3 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 29 gram
  • Serat: 7 gram
  • Vitamin C: 4 milligrams
  • Calcium: 31 milligrams
  • Iron: 1 gram
  • Magnesium: 68 milligrams

Begitu banyak nutrisi dan vitamin dalam buah naga sehingga seringkali buah ini disebut sebagai “Superfood”. Buah naga memiliki kalori yang rendah tetapi mengandung banyak vitamin dan mineral penting serta mengandung sejumlah besar serat makanan.

Buah naga dapat diolah menjadi jus yang menyegarkan. Jus buah naga tetap mengandung banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Berbagai manfaat jus buah naga dibahas sebagai berikut.

1. Mengurangi risiko terkena penyakit

Kandungan antioksidan dalam jus buah naga bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit kronis. Antioksidan bekerja dengan cara menetralkan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel dan peradangan.

Studi dalam British Journal of Pharmacology menunjukkan bahwa mengonsumsi buah naga yang mengandung antioksidan dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan radang sendi.

2. Meningkatkan imun tubuh

Jus buah naga mengandung vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga membantu dalam memerangi batuk dan asma. Tak hanya itu, buah naga juga bermanfaat untuk membantu menyembuhkan luka dengan cepat karena kandungan vitamin C di dalamnya.

3. Melancarkan pencernaan

Manfaat jus buah naga untuk melancarkan pencernaan terletak pada kandungan prebiotiknya. Prebiotik berpotensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus Anda. Dilansir dari jurnal Food Chemistry, prebiotik adalah jenis serat khusus yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat di lambung.

Mengonsumsi jus buah naga secara teratur dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko infeksi pada saluran pencernaan dan diare. Hal itu karena prebiotik memicu pertumbuhan bakteri baik yang menurut para peneliti dapat mengalahkan bakteri jahat.

4. Mengandung asam lemak yang menyehatkan

Jus buah naga mengandung asam lemak yang menyehatkan pada bagian bijinya. Menurut penelitian di World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, biji buah naga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-9 serta minyak alami yang baik untuk tubuh.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...