10 Peluang Usaha di Bidang Pariwisata dan Tips Mengembangkannya

Image title
28 November 2022, 14:11
Peluang Usaha di Bidang Pariwisata
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/tom.
Ilustrasi, warga melihat perahu wisata bermotor yang ditambatkan di Pantai Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18/11/2022). Pemkot Surabaya memberikan bantuan tiga perahu wisata bermotor kepada tiga Kelompok Usaha Bersama (KUB) di kampung nelayan tersebut guna meningkatkan penghasilan mereka khususnya dari sektor pariwisata.

Peluang usaha di bidang pariwisata cukup luas, terlebih Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak tempat wisata. Banyaknya lokasi wisata di Indonesia cukup menguntungkan bagi pelaku usaha seperti UMKM.

Tidak perlu khawatir terkait peluangnya, karena cukup menjanjikan. Sebab kebutuhan akan pariwisata akan terus diperlukan. Terlebih jika memiliki tempat tinggal di sekitar lokasi wisata, sehingga tidak memakan biaya transportasi dan lainnya.

Tips Membuka Usaha di Bidang Pariwisata

Sebelum membahas seputar peluang usaha di bidang pariwisata, ada sejumlah tips yang perlu Anda ketahui agar usaha bisa berkembang, berikut kami lansir dari phinemo.com:

1. Mencari Rekan Kerja yang Memiliki Visi Sama

Tips pertama memulai usaha di bidang pariwisata ialah memiliki rekan kerja yang memiliki visi dan misi sama. Anda tidak bisa bekerja seorang diri sehingga membutuhkan rekan kerja dengan visi-misi sama untuk mengembangkannya.

2. Berkolaborasi

Kolaborasi diperlukan di tengah teknologi yang semakin berkembang, banyak juga pelaku usaha yang menyesuaikan diri dengan zaman. Sebaliknya jika terlalu bersaing dengan kecanggihan teknologi, tidak akan menguntungkan bisnis Anda.

3. Memberikan Nilai Tinggi pada Pelayanan

Salah satu hal yang turut bisa meningkatkan bisnis berkembang ialah penilaian dari konsumen. Untuk mendapatkan penilaian tinggi, Anda harus memprioritaskan pelayanan yang diberikan. Jangan sampai membuat konsumen menyesal dengan produk atau layanan yang diberikan.

Ragam Peluang Usaha di Bidang Pariwisata

Berbicara soal bisnis wisata tidak pernah habis karena rekreasi diperlukan untuk menghilangkan penat. Karena ini peluang usaha di bidang pariwisata cukup menjanjikan. Berikut 10 rekomendasinya yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Usaha Tempat Penginapan

Membuka usaha penginapan di sekitar lokasi wisata bukan hal yang asing karena wisatawan banyak yang berasal dari luar daerah. Wisatawan juga tidak berkunjung dalam waktu 1 hari saja. Tempat penginapan yang dijadikan usaha bisa berupa motel, hostel atau guest house.

2. Menyewakan Kendaraan

Peluang usaha di bidang pariwisata selanjutnya ialah menyewakan kendaraan. Bisnis dalam bidang ini cukup menguntungkan dan dibutuhkan oleh wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi. Penyewaan kendaraan bisa berupa motor, sepeda atau mobil.

3. Jasa Tour Guide

Tour guide yaitu orang yang akan mendampingi wisatawan mengelilingi tempat wisata. Tidak hanya itu, tour guide akan memberikan banyak informasi kepada para wisatawan mengenai tempat wisata tersebut. Anda bisa memandu wisatawan tanpa mengeluarkan modal.

4. Bisnis Souvenir

Souvenir jadi salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari wisata. Wisatawan pastinya membawakan oleh-oleh untuk orang yang dicintai. Hal ini menjadikan souvenir jadi bisnis yang cukup menjanjikan. Anda bisa membuka toko souvenir yang berkaitan dengan lokasi wisata.

5. Jasa Fotografi

Jika memiliki kamera, bisa coba buka jasa fotografi di tempat wisata. Anda bisa memotret para wisatawan lalu memberikan hasil fotonya. Terlebih fotografi dianggap penting karena bisa dijadikan kenang-kenangan bagi para wisatawan yang pergi ke suatu tempat.

6. Jasa Penerjemah

Menguasai bahasa asing dan daerah menjadi nilai tambah untuk jadi seorang terjemah. Anda bisa memandu para wisatawan yang berasal dari luar negeri untuk mengenal beragam lokasi wisata di Indonesia. Peluang usaha ini tidak membutuhkan modal karena mengandalkan kemampuan saja.

7. Menyewakan Peralatan

Bagi yang tinggal di sekitar lokasi wisata seperti pantai, gunung, kolam renang dan lainnya, bisa coba usaha menyewakan peralatan. Di antaranya kacamata renang, ban, pelampung dan lainnya. Bagi yang tinggal di lokasi pegunungan juga bisa menyewakan beragam peralatan gunung.

8. Usaha Tempat Makan

Usaha tempat makan bisa jadi peluang usaha di bidang pariwisata yang cukup potensial. Apalagi saat ini ada dorongan untuk mengintegrasikan lokalitas, merek dan organisasi yang lebih besar serta memberikan banyak keunggulan bagi bisnis lokal.

9. Blogging Mengenai Topik Wisata

Cara lain yang bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan dari bidang pariwisata ialah dengan menjadi blogging yang membahas seputar topik pariwisata. Tema pariwisata menarik untuk dicatat dan banyak orang yang mencari informasi detail seputar tempat wisata tertentu.

10. Event Organizer

Mendapat penghasilan dari bidang pariwisata juga bisa diperoleh dari event organizer yaitu dengan membuat acara pribadi yang ditujukan untuk mengintegrasikan penduduk lokal dengan wisatawan. Cara ini bisa memberikan manfaat sosial dan finansial.

10 peluang usaha di bidang pariwisata ini bisa Anda pertimbangkan sebagai ide bisnis tambahan. Mulai dari membuka jasa tanpa modal seperti jasa fotografi, penerjemah, tour guide hingga berjualan di sekitar lokasi wisata.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait