10 Peluang Usaha di Bidang Pariwisata dan Tips Mengembangkannya

Anggi Mardiana
28 November 2022, 14:11
Peluang Usaha di Bidang Pariwisata
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/tom.
Ilustrasi, warga melihat perahu wisata bermotor yang ditambatkan di Pantai Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18/11/2022). Pemkot Surabaya memberikan bantuan tiga perahu wisata bermotor kepada tiga Kelompok Usaha Bersama (KUB) di kampung nelayan tersebut guna meningkatkan penghasilan mereka khususnya dari sektor pariwisata.

Peluang usaha di bidang pariwisata cukup luas, terlebih Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak tempat wisata. Banyaknya lokasi wisata di Indonesia cukup menguntungkan bagi pelaku usaha seperti UMKM.

Tidak perlu khawatir terkait peluangnya, karena cukup menjanjikan. Sebab kebutuhan akan pariwisata akan terus diperlukan. Terlebih jika memiliki tempat tinggal di sekitar lokasi wisata, sehingga tidak memakan biaya transportasi dan lainnya.

Tips Membuka Usaha di Bidang Pariwisata

Sebelum membahas seputar peluang usaha di bidang pariwisata, ada sejumlah tips yang perlu Anda ketahui agar usaha bisa berkembang, berikut kami lansir dari phinemo.com:

1. Mencari Rekan Kerja yang Memiliki Visi Sama

Tips pertama memulai usaha di bidang pariwisata ialah memiliki rekan kerja yang memiliki visi dan misi sama. Anda tidak bisa bekerja seorang diri sehingga membutuhkan rekan kerja dengan visi-misi sama untuk mengembangkannya.

2. Berkolaborasi

Kolaborasi diperlukan di tengah teknologi yang semakin berkembang, banyak juga pelaku usaha yang menyesuaikan diri dengan zaman. Sebaliknya jika terlalu bersaing dengan kecanggihan teknologi, tidak akan menguntungkan bisnis Anda.

3. Memberikan Nilai Tinggi pada Pelayanan

Salah satu hal yang turut bisa meningkatkan bisnis berkembang ialah penilaian dari konsumen. Untuk mendapatkan penilaian tinggi, Anda harus memprioritaskan pelayanan yang diberikan. Jangan sampai membuat konsumen menyesal dengan produk atau layanan yang diberikan.

Ragam Peluang Usaha di Bidang Pariwisata

Berbicara soal bisnis wisata tidak pernah habis karena rekreasi diperlukan untuk menghilangkan penat. Karena ini peluang usaha di bidang pariwisata cukup menjanjikan. Berikut 10 rekomendasinya yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Usaha Tempat Penginapan

Membuka usaha penginapan di sekitar lokasi wisata bukan hal yang asing karena wisatawan banyak yang berasal dari luar daerah. Wisatawan juga tidak berkunjung dalam waktu 1 hari saja. Tempat penginapan yang dijadikan usaha bisa berupa motel, hostel atau guest house.

2. Menyewakan Kendaraan

Peluang usaha di bidang pariwisata selanjutnya ialah menyewakan kendaraan. Bisnis dalam bidang ini cukup menguntungkan dan dibutuhkan oleh wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi. Penyewaan kendaraan bisa berupa motor, sepeda atau mobil.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...