Memahami Cara Menambahkan Rp di Excel

Image title
28 November 2022, 16:09
Cara Menambahkan Rp di Excel
Freepik
Ilustrasi, tampilan Microsoft Excel.

Microsoft Excel adalah perangkat lunak spreadsheet yang dirilis oleh Microsoft pada 1985. Kala itu, Excel eksklusif hanya bisa digunakan oleh komputer dengan sistem operasi Macintosh atau yang biasa disebut Mac. Tepat dua tahun setelahnya, Excel hadir untuk komputer Windows. Perangkat lunak ciptaan Doug Klunder ini terus dikembangkan setiap beberapa tahun setelahnya.

Hingga sekarang, Excel masih termasuk di dalam bundel Microsoft 365. Perlu diketahui, bahwa dulu sebutannya adalah Microsoft Excel atau Ms Excel. Namun sekarang tidak ada lagi embel-embel Microsoft.

Fitur yang ditawarkan sangat beragam. Lengkap dengan lembar kerja yang terdiri dari sel-sel yang tersusun atas baris dan kolom. Excel memiliki beberapa fungsi. Di antaranya adalah menghitung, mengelompokkan, mengurutkan, menganalisis, membuat, menyunting dan mengolah data.

Hal itu ditunjang oleh kemampuan Excel mengolah angka-angka secara otomatis. Singkatnya, Excel menyediakan rumus atau fungsi yang bisa menghitung dengan akurat. Singkatnya, Anda hanya perlu memasukkan rumus dan menentukan sel tertentu untuk dihitung.

Kali ini, Katadata.co.id akan memberitahu cara menambahkan Rp di Excel. Tepatnya, simbol mata uang yang menjadi salah satu fitur. Hal ini juga membuat Excel banyak digunakan untuk mengolah data keuangan. Mengutip Loop.co.id, berikut ini adalah cara-caranya.

Cara Menambahkan Rp di Excel dengan Format Accounting

  1. Aktifkan sel yang ingin ditambahkan simbol Rp
  2. Pilih ‘Number Format’ pada tab ‘Home
  3. Pilih ‘More Number Format
  4. Pilih ‘tab number’
  5. Pilih ‘Accounting’
  6. Pilih simbol Rp pada opsi-opsi di dropdown
  7. Masukkan jumlah desimal yang diinginkan pada kolom ‘decimal places
  8. Klik ‘OK.’

Cara Menambahkan Rp di Excel dengan Format Currency

  1. Aktifkan sel yang ingin ditambahkan simbol Rp
  2. Pilih ‘Number Format’ pada tab ‘Home’
  3. Pilih ‘More Number Formats
  4. Pilih ‘Currency
  5. Pilih ‘Rp Indonesian
  6. Masukkan jumlah desimal pada kolom ‘decimal places
  7. Pilih bentuk tampilan bilangan negatif pada kolom ‘negative numbers
  8. Klik ‘OK’

Cara Menambahkan Rp di Excel dengan Format Custom

Selain dua cara di atas, ternyata masih ada metode lain yang lebih mudah. Alih-alih memilih mata uang mata kolom Number atau Accounting, Anda bisa memasukkan simbol rupiah pada angka di sel langsung. Yaitu dengan mengetik Rp tepat sebelum angka. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Aktifkan sel yang ingin ditambahkan simbol Rp
  2. Pilih ‘Number Format’ pada tab ‘Home’
  3. Pilih ‘More Number Format’
  4. Pilih ‘Number Formats’
  5. Pilih ‘tab number’
  6. Pilih ‘dropdown custom’
  7. Ketik angka pada pads box type
  8. Ketik ‘Rp’ tepat sebelum angka di pads box type
  9. Klik ‘OK.’

Itulah tiga cara menambahkan Rp di Excel. Namun dari ketiganya, Anda bisa menggunakan tombol shortcut 'Ctrl + 1' untuk masuk ke kotak dialog 'Number Format'. Metode tersebut juga berlaku untuk menambahkan simbol mata uang negara lain.

Tak hanya Excel, sekarang sudah banyak aplikasi spreadsheet lain dengan fitur yang tak kalah canggih. Anda bisa menggunakannya apabila sewaktu-waktu ada masalah dengan Excel. Atau, sistem operasi perangkat yang digunakan tidak didukung oleh Excel. Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi spreadsheet selain Excel.

Rekomendasi Aplikasi Spreadsheet Mirip Excel

Excel menjadi spreadsheet yang sangat populer dan banyak digunakan. Namun juga terdapat aplikasi atau perangkat lunak lain yang bisa dijadikan pilihan.

1. Google Spreadsheet

Google Spreadsheet merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Google. Bentuknya sangat mirip dengan Excel dan sama mudahnya ketika digunakan. Anda dapat mengaksesnya langsung melalui Google Chrome dengan mengklik simbol sembilan titik di sudut kanan atas, lalu pilih opsi ‘Sheet.’ Anda akan langsung masuk ke halaman yang menampilkan work board. Google Spreadsheet ini cocok untuk Anda yang memiliki pekerjaan kelompok. Dokumen yang diakses sifatnya online dan dapat disunting oleh beberapa orang dalam waktu yang bersamaan. Perubahan dokumen juga ‘real-time.’ Tak hanya itu, Anda juga bisa mengirim dokumen dengan mudah kepada pengguna akun Google lain.

2. Numbers

Numbers merupakan aplikasi spreadsheet yang dikeluarkan oleh Apple. Tentu Numbers hanya bisa diakses oleh pengguna Mac. Fitur di dalamnya lumayan lengkap dan mudah digunakan. Menariknya, Anda tetap bisa mengakses file Numbers di perangkat lain dengan mengkonversikannya ke dalam work board Excel.

3. Abacus

Aplikasi spreadsheet Abacus merupakan kembangan Abacus Labs Incorporate. Diketahui bahwa Abacus pertama kali dirilis pada Januari 2014. Tidak sembarangan, Abacus mendapat suntikan dana dari banyak perusahaan ternama, beberapa di antaranya adalah Google Ventures, Homebrew, Bloodstone, ZenPayroll. Tampilannya juga cukup sederhana sehingga tidak rumit ketika digunakan. Menariknya, Anda bisa menggunakan Abacus secara bebas di perangkat ponsel. Anda dapat mengunduh Abacus di Google Play Store untuk Android dan App Store untuk ponsel dengan operasi sistem iOS.

Advertisement
Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait