Tiga Cara Gunakan Macro Excel, Bisa Diterapkan di Microsoft Word

Ghina Aulia
24 November 2022, 17:38
Macro Excel
pexels
Ilustrasi laptop.

Microsoft 365 selalu hadir dengan deretan perangkat lunak yang dapat memudahkan pekerjaan penggunanya. Di antaranya adalah Excel, Word, PowerPoint, One Drive, One Note, Project, Outlook dan Microsoft Teams.

Menariknya juga, perangkat lunak Microsoft 365 juga sangat memungkinkan untuk saling terhubung. Misalnya semua file atau arsip yang dibuat dapat dimasukkan ke dalam One Drive, yaitu layanan penyimpanan Microsoft. Anda dapat menyimpan file sebesar 5 GB dengan gratis.

Advertisement

Kali ini, Katadata.co.id akan lebih banyak membahas Excel. Perangkat lunak spreadsheet tersebut pertama kali hadir untuk perangkat komputer dengan sistem operasi Windows pada tahun 1987.

Hingga sekarang, Excel masih berada di puncak popularitas aplikasi spreadsheet yang biasa digunakan. Terlebih Microsoft juga kerap melakukan pembaharuan yang menyesuaikan dengan kebutuhan di zaman sekarang.

Demikian juga dengan Excel yang dapat dikoneksikan dengan One Drive. Salah satu fitur yang bisa digunakan adalah penyuntingan dokumen secara online oleh beberapa pengguna. Anda perlu memuat file ke dalam One Drive dan membagikannya kepada rekan.

Namun pada kesempatan ini, kami akan berfokus pada pembahasan Macro Excel. Dilansir dari situs Microsoft Support, Macro atau Makro adalah rangkaian perintang yang bisa digunakan untuk mengotomatisasi tugas berulang dan bisa dijalankan saat harus melakukan tugas. Makro dapat mengotomatisasi tugas yang sering digunakan. Tujuannya untuk menghemat waktu dengan tidak selalu menekan tombol, kursor atau mouse.

Dapat disimpulkan bahwa Macro Excel adalah sistem yang bisa mengotomasi tugas-tugas yang Anda lakukan di Excel yang sering dilakukan secara berulang. Lantaran sifatnya repetitif, Macro Excel menawarkan Anda fitur otomatis agar mudah dan ringkas.

Macro Excel menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic for Application (VBA). Macro dalam Excel adalah User Defined Function (UDF). Macro mampu merekam tugas atau pekerjaan yang sering Anda lakukan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement