Cara Mewarnai Tabel di Excel dan Rekomendasi Aplikasi Spreadsheet

Ghina Aulia
23 November 2022, 21:37
Cara Mewarnai Tabel di Excel
Pixabay
Ilustrasi Microsoft 365

Excel merupakan salah satu perangkat lunak yang berupa spreadsheet. Excel menjadi salah satu bagian dari beberapa aplikasi kenamaan yang dikeluarkan oleh Microsoft. Termasuk di dalamnya adalah Microsoft Word, Power Point, Lyrics, OneNote, Publisher, Outlook, Office dan lain-lain.

Microsoft Excel menyediakan fitur memformat, mengatur dan menghitung data dalam lembaran spreadsheet. Biasanya Excel digunakan untuk mengelompokkan dan mengolah data.

Tak hanya itu, Excel juga menawarkan fitur unggulan berupa hitung-hitungan. Hanya dengan memasukkan rumus, data Anda dapat terakumulasi dengan akurat. Anda bisa menggunakan fitur penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, persentase, pengurutan dan masih banyak lagi.

Lebih lengkapnya, Excel juga memudahkan dalam pengelompokkan data seperti membuat tabel dan berbagai diagram. Di antaranya adalah Pivot Table, Diagram Batang, Garis, Statistik, Pie, Scatter, dan Hierarki. Bahkan Anda bisa mendapat rekomendasi diagram yang cocok dengan data yang dimiliki. Menariknya juga, Anda bisa memproteksi dokumen agar tidak dapat diubah oleh orang lain.

Dilansir dari situs resmi Microsoft, dikatakan bahwa tabel berfungsi untuk mengelompokkan dan menganalisis data. Termasuk juga memformat, mengurutkan yang menyaring data.

Pada kesempatan ini, Katadata.co.id akan memberi tahu cara mewarnai tabel di Excel. Hampir serupa dengan Microsoft Word, namun Excel relatif lengkap. Berikut ini adalah penjelasannya.

Cara Mewarnai Tabel di Excel Otomatis

Di bawah ini adalah cara mewarnai tabel di Excel secara otomatis. Tabel yang Anda buat akan memiliki tiga jenis warna senada yang menyorot judul dan isi.
1. Blok cell yang ingin dibuat menjadi tabel
2. Pilih ‘Insert’
3. Klik ‘Table’
4. Klik ‘Table Design
5. Pilih warna tabel di ‘Table Styles

Cara Mewarnai Tabel di Excel Manual

Berbeda dari yang sebelumnya, berikut ini adalah langkah-langkah untuk memberikan warna pada tabel secara manual. Anda lebih bebas menentukan warna dan menentukan cell-nya.

1. Blok cell yang ingin dibuat menjadi tabel
2. Klik ‘Border’ pada bagian ‘Home’
3. Pilih sisi yang ingin diberikan border atau garis tepi
4. Untuk membuat tabel, pilih opsi ‘All Borders’
5. Blok cell yang ingin diberikan warna
6. Klik simbol panah ke bawah di samping logo ‘Fill Color
7. Pilih warna yang ingin dipakai
8. Tabel akan berwarna

Itulah dua cara mewarnai tabel di Excel. Menurut Anda, mana yang paling mudah digunakan? Secara karakteristik, cukup berbeda. Namun cara kedua membuat Anda lebih fleksibel dalam menentukan warna dan membubuhkan beberapa elemen rona di dalamnya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement