Mengintip 9 Motor Listrik Termurah

Tifani
Oleh Tifani
1 Desember 2022, 11:02
Motor Listrik Termurah
ANTARA FOTO/Henry Purba/wsj.
Ilustrasi, seorang pengunjung mencoba motor listrik di Ruang Pamer Tangkas Cibubur, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (6/9/2022).

Peralihan bahan bakar kendaraan dari BBM ke listrik dapat menjadi alternatif di tengah lonjakan harga minyak. Motor listrik dapat menjadi kendaraan alternatif bagi masyarakat, dibandingkan dengan motor yang menggunakan BBM.

Indonesia sendiri menjadi destinasi investasi kendaraan listrik terbesar di Asia Tenggara. Tercatat, ada Foxconn (Taiwan) berinvestasi sebesar US$ 8 miliar, CATL (China) sebesar US$ 5,2 miliar, Toyota Motor (Jepang) sebesar US$2 miliar, Hyundai Motor (Korea Selatan) investasi US$ 1,5 miliar dan Hyundai Motor & LG Chem (Korea Selatan) berinvestasi US$ 1,1 miliar.

Kementerian Perindustrian menargetkan kapasitas produksi dua juta unit motor listrik pada 2023. Saat ini,  sudah ada 35 pabrikan otomotif Indonesia yang siap memproduksi sepeda motor listrik.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, kapasitas produksi motor listrik di Indonesia saat ini baru mencapai satu juta unit per tahun. Kapasitas tersebut ditargetkan meningkat hingga dua juta unit sampai tahun depan.

Masifnya investasi di sektor kendaraan listrik, serta komitmen pemerintah untuk mendorong produksi, pastinya akan menghadirkan berbagai macam produk motor listrik kepada masyarakat Indonesia. Ini termasuk motor listrik yang harganya tidak terlalu mahal.

Motor Listrik Termurah

Masyarakat dapat memilih motor listrik sebagai kendaraan alternatif, sebab dianggap lebih ramah lingkungan dan irit. Dikutip dari laman Tokopedia.com, berikut sederet motor listrik murah yang dapat dibeli masyarakat.

1. Ecgo 2

Ecgobike merilis Ecgo 2 setahun lalu. Motor listrik ini sekaligus jadi roda dua setrum paling terjangkau saat ini. Dari laman resminya, Ecgo 2 dibanderol Rp 8,5 juta. Sayangnya pabrikan tidak merinci soal profil jantung mekanisnya.

Hanya tertera kemampuan larinya bisa menjangkau kecepatan 60 km/jam, dengan daya tempuh baterai mencapai 70 km. Menariknya dari perusahaan lain, Ecgo menerapkan sistem penyewaan baterai untuk motor listriknya, sebesar Rp 95.000 per bulan.

Selama itu pula, baterai terdaftar dalam kondisi aktif dan bisa dicas di rumah atau fasilitas pengisian listrik umum (SPLU). Apabila pengguna tidak membayar masa aktifnya, maka baterai tidak dapat diisi ulang.

2. Uwinfly LN Pro

Uwinfly menjadi salah satu motor listrik termurah di Indonesia. Dengan kualitas yang mumpuni, motor listrik jenis ini hanya ditebus di kisaran harga Rp 8-9 juta. Motor listrik Uwinfly type LN Pro memiliki tenaga 800 watt dengan top speed 55 km/jam. Sementara daya angkutnya sekitar 150 kg. Motor listrik murah ini sudah eksis sejak 2013 pasaran motor listrik Asia dan Eropa.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...