Mengintip 9 Motor Listrik Termurah

Image title
Oleh Tifani
1 Desember 2022, 11:02
Motor Listrik Termurah
ANTARA FOTO/Henry Purba/wsj.
Ilustrasi, seorang pengunjung mencoba motor listrik di Ruang Pamer Tangkas Cibubur, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (6/9/2022).

Peralihan bahan bakar kendaraan dari BBM ke listrik dapat menjadi alternatif di tengah lonjakan harga minyak. Motor listrik dapat menjadi kendaraan alternatif bagi masyarakat, dibandingkan dengan motor yang menggunakan BBM.

Indonesia sendiri menjadi destinasi investasi kendaraan listrik terbesar di Asia Tenggara. Tercatat, ada Foxconn (Taiwan) berinvestasi sebesar US$ 8 miliar, CATL (China) sebesar US$ 5,2 miliar, Toyota Motor (Jepang) sebesar US$2 miliar, Hyundai Motor (Korea Selatan) investasi US$ 1,5 miliar dan Hyundai Motor & LG Chem (Korea Selatan) berinvestasi US$ 1,1 miliar.

Kementerian Perindustrian menargetkan kapasitas produksi dua juta unit motor listrik pada 2023. Saat ini,  sudah ada 35 pabrikan otomotif Indonesia yang siap memproduksi sepeda motor listrik.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, kapasitas produksi motor listrik di Indonesia saat ini baru mencapai satu juta unit per tahun. Kapasitas tersebut ditargetkan meningkat hingga dua juta unit sampai tahun depan.

Masifnya investasi di sektor kendaraan listrik, serta komitmen pemerintah untuk mendorong produksi, pastinya akan menghadirkan berbagai macam produk motor listrik kepada masyarakat Indonesia. Ini termasuk motor listrik yang harganya tidak terlalu mahal.

Motor Listrik Termurah

Masyarakat dapat memilih motor listrik sebagai kendaraan alternatif, sebab dianggap lebih ramah lingkungan dan irit. Dikutip dari laman Tokopedia.com, berikut sederet motor listrik murah yang dapat dibeli masyarakat.

1. Ecgo 2

Ecgobike merilis Ecgo 2 setahun lalu. Motor listrik ini sekaligus jadi roda dua setrum paling terjangkau saat ini. Dari laman resminya, Ecgo 2 dibanderol Rp 8,5 juta. Sayangnya pabrikan tidak merinci soal profil jantung mekanisnya.

Hanya tertera kemampuan larinya bisa menjangkau kecepatan 60 km/jam, dengan daya tempuh baterai mencapai 70 km. Menariknya dari perusahaan lain, Ecgo menerapkan sistem penyewaan baterai untuk motor listriknya, sebesar Rp 95.000 per bulan.

Selama itu pula, baterai terdaftar dalam kondisi aktif dan bisa dicas di rumah atau fasilitas pengisian listrik umum (SPLU). Apabila pengguna tidak membayar masa aktifnya, maka baterai tidak dapat diisi ulang.

2. Uwinfly LN Pro

Uwinfly menjadi salah satu motor listrik termurah di Indonesia. Dengan kualitas yang mumpuni, motor listrik jenis ini hanya ditebus di kisaran harga Rp 8-9 juta. Motor listrik Uwinfly type LN Pro memiliki tenaga 800 watt dengan top speed 55 km/jam. Sementara daya angkutnya sekitar 150 kg. Motor listrik murah ini sudah eksis sejak 2013 pasaran motor listrik Asia dan Eropa.

3. Elvindo

Selanjutnya ada motor listrik murah buatan Tangerang, Elvindo. Ada dua model yang harganya terjangkau, yakni Rama dan Shinta. Masing-masing harganya Rp 13,5 dan Rp 13 juta. Rama menggunakan motor berdaya 1.000 Watt dan baterai 60 V 20 Ah. Sementara Shinta pakai baterai 48 V 20 Ah. Namun motor listriknya sama, 1.000 Watt. Motor bisa dipacu hingga kecepatan 60 km/jam dan daya tempuhnya 60 km.

4. Selis E-Max

Selis E-Max menjadi salah satu motor listrik termurah yang memiliki tampilan tidak kalah ngetrend, namun juga terjangkau. Motor listrik murah ini dibanderol mulai Rp 15,5 juta.

Selis E-Max punya motor listrik dengan output 1,6 dk dengan kecepatan maksimum 50 km/jam. Sementara daya jelajahnya cukup menjangkau 40 km, sebelum harus diisi ulang lagi daya baterainya.

5. WMoto

Perusahaan kendaraan listrik Mforce juga mengeluarkan motor listrik dengan jenis Wmoto. Tidak hanya menawarkan kemampuan yang tangguh, Wmoto juga hadir dengan konsep neo retro yang sesuai dengan perkembangan zaman.
Motor listrik murah berdaya 1.200 watt dan baterai bermuatan 72 Volt 20 Ah ini dapat menempuh jarak hingga 60 km dalam kondisi baterai terisi penuh. WMoto dibanderol mulai dari Rp 16 juta.

6. Minerva

Terobosan juga dilakukan oleh motor listrik Minerva. Keunggulan motor ini adalah teknologi tukar baterai atau baterai swap. Masyarakat juga patut berbangga karena Minerva merupakan produk buatan dalam negeri yang berpusat di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Mengusung baterai lithium ion berkapasitas 64V 22.5Ah, kecepatan maksimal yang bisa dicapai motor ini sekitar 50-60 km/jam. Jarak tempuhnya bisa mencapai 50 km dengan baterai penuh. Ditawarkan dalam lima pilihan warna, motor listrik Minerva dibanderol dengan harga Rp 16-17 juta.

7. Selis Agats

Selain Selis E-Max terdapat pula seri Selis Agats. Selis Agats diklaim memiliki desain lebih modern dan performa lebih tangguh. Dari samping sekilas ada kemiripan dengan Yamaha Soul GT.

Tenaga Agats lebih baik daripada E-Max. Data teknis memperlihatkan motor listriknya mampu menggelontorkan tenaga 2,6 dk dengan kecepatan maksimal 60 km/jam dan jarak tempuh 50 km. Mengenai harga, konsumen bisa mendapatkannya dengan dana Rp 19,9 juta. Cukup kompetitif dengan motor matik kebanyakan.

8. Viar Q1

Viar Q1 menjadi motor pilihan selanjutnya. Motor ini sangat praktis karena dengan baterai 2 Kwh cukup dengan waktu pengisian 4-5 jam saja.  Jarak tempuhnya pun tak main-main, bisa mencapai 120 km. Namun, pembeli harus menyiapkan Rp 21 juta untuk memiliki motor ini.

Produk motor listrik dalam negeri lainnya, adalah Gesits. Seperti namanya, Gesits punya daya jelajah yang Gesits yakni mencapai 100 km dengan fasilitas baterai ganda. Pengisian dayanya hanya memerlukan waktu empat jam saja. Namun, harga Gesits cukup tinggi, minimal Rp 26 juta.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait