10 Cara Sukses di Usia Muda dan Faktor Penyebab Kegagalan Usaha

Anggi Mardiana
1 Desember 2022, 14:57
Cara Sukses di Usia Muda
Freepik
Ilustrasi, pengusaha muda.

Sampai sekarang cara sukses di usia muda menjadi pertanyaan yang banyak ditanyakan di Google. Ini membuktikan, bahwa banyak anak muda yang tengah berjuang mencari cara untuk bisa sukses. Meski tidak mudah, sukses di usia muda bukan suatu hal yang tidak mungkin.

Sudah banyak juga pengusaha muda yang sukses sebelum menginjak usia 25 tahun. Untuk mewujudkannya, tentunya Anda harus merasakan kenyataan pahit yang tidak mudah menyerah atau memulai kebiasaan sederhana. Dengan tekad dan keyakinan kuat, impian sukses di usia muda bisa direalisasikan.

Advertisement

Cara Sukses di Usia Muda

Mengutip manajemen.uma.ac.id, ada banyak cara meraih kesuksesan di usia muda, berikut di antaranya:

1. Menetapkan Tujuan Hidup

Jika ingin sukses maka ada yang harus kita korbankan yaitu mengurangi waktu untuk bersenang-senang. Banyak anak muda yang memilih bersenang-senang tanpa memikirkan dampaknya di masa depan. Maka sekarang harus beralih dengan merubah pola pikir dan menetapkan tujuan hidup yang ingin dicapai.

2. Berani Memulai

Untuk bisa jadi orang sukses di usia muda ialah berani memulai. Apalagi jika Anda masih muda dan memiliki sejumlah ide kreatif untuk diimplementasikan. Seseorang yang masih muda biasanya memiliki banyak waktu untuk belajar dari pengalaman dan kegagalan usaha sebelumnya.

3. Pantang Menyerah

Cara sukses di usia muda selanjutnya yaitu pantang menyerah dalam menggapai kesuksesan. Perlu disadari kegagalan akan selalu ada karena itu tindakan yang harus dilakukan adalah mempersiapkan kegagalan. Cobalah hadapi semua tantangan dan kegagalan dengan sikap pantang menyerah.

4. Jangan Memikirkan Hasil

Ketika sedang merintis menuju sukses, usahakan untuk tidak memikirkan hasil terlebih dahulu. Anda harus lebih fokus pada proses perjalanan dalam menggapai impian dibandingkan hasil. Sebab jika terlalu fokus terhadap hasil, Anda akan kehilangan motivasi.

5. Komitmen

Memiliki komitmen dan tidak setengah hati dalam mengerjakan sesuatu penting dilakukan agar bisa mencapai tujuan. Anda harus memiliki komitmen penuh dalam niat maupun tindakan sehingga tidak menyerah ketika melakukan sesuatu yang belum menampakan hasil.

6. Memiliki Target

Untuk bisa sukses di usia muda, Anda perlu memiliki target. Misalnya jika ingin membuka usaha bisnis tapi tidak punya target maka bisnis yang dijalankan tidak akan mengalami perubahan. Oleh karena itu, Anda harus menentukan target tujuan agar lebih terarah.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement