6 Manfaat Teh Chamomile yang Baik untuk Kesehatan

Image title
2 Desember 2022, 11:17
Manfaat Teh Chamomile yang Baik untuk Kesehatan
Freepik
Ilustrasi, teh chamomile.

Teh chamomile merupakan jenis teh yang populer yang terbuat dari ekstrak bunga tanaman chamomile (Matricaria recuita) yang berasal dari Eropa. Teh ini memiliki rasa yang manis dan aroma yang harum.

Selain itu, teh chamomile juga memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan jenis teh ini mengandung senyawa aktif seperti azolin, bisabolol, apigenin, dan luteolin. Kandungan inilah yang bermanfaat sebagai anitradang, antioksidan dan baka antikanker.

Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan enam manfaat teh chamomile yang baik untuk kesehatan berikut ini.

1. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Teh Chamomile merupakan jenis teh yang tepat bila Anda ingin tetap sehat. Hal ini dikarenakan teh chamomile dapat menangkal berbagai jenis infeksi dalam tubuh sehingga menambah sistem kekebalan tubuh 

Kandungan senyawa fenolik pada teh ini memiliki sifat anti bakteri yang mampu menyerap racun dari makanan yang biasa dimakan. Untuk mendapatkan manfaat ini, sebuah penelitian menyarankan untuk minum 5 - 6 gelas teh chamomile selama 2 minggu secara rutin.

Tidak hanya memperkuat kekebalan tubuh, minum teh chamomile hangat secara rutin juga dapat membantu meredakan gejala flu. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang dipublikasikan dari Journal of Agricultural and Food Chemistry. Ini karena teh chamomile memiliki kandungan flavonoid yang memiliki efek penenang, sehingga bisa mengurangi gejala serta mendukung proses pemulihan saat terkena flu.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat teh chamomile lainnya adalah dapat membantu mengontrol kadar gula darah, terutama bagi penderita diabetes. Hal ini dikarenakan teh chamomile memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mencegah kerusakan sel-sel pankreas.

Kerusakan sel ini terjadi dikarenakan kadar gula yang meningkat secara kronis. Oleh karena itulah, sangat penting menjaga kesehatan pankreas. Pasalnya pankreas menghasilkan insulin yang merupakan hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur kadar gula dalam darah. 

Manfaat ini juga telah didukung oleh banyak penelitian. yang berhasil menemukan bahwa orang yang minum teh chamomile secara rutin memiliki kadar gula yang rendah dibandingkan orang yang minum air. 

Selain itu, teh chamomile juga bermanfaat untuk mencegah lonjakan gula darah setelah makan. Namun manfaat ini bisa diperoleh jika teh chamomile diminum 1 jam setelah aman agar proses penyerapan zat besi dari makanan tidak terganggu. 

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Jika memiliki masalah pada pencernaan, Anda sebaiknya perlu mengonsumsi teh chamomile secara rutin. Dilansir dari penelitian dalam jurnal Electronic Physician, teh ini memiliki sifat anti radang dan anti bakteri yang dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Selain itu, teh chamomile juga dapat membantu menghilangkan gas di perut atau perut kembung, menenangkan perut serta mengendurkan otot-otot yang memindahkan makanan melalui usus

Advertisement

Teh ini juga tepat diminum bagi Anda yang ingin mencegah sakit maag. Hal ini dikarenakan teh chamomile dapat mengurangi keasaman di perut dan menghambat pertumbuhan bakteri yang berperan terhadap perkembangan maag.

Bila  sedang mual, Anda bisa minum teh ini untuk menenangkan perut dan merelaksasi otot pencernaan. Walaupun bermanfaat untuk pencernaan, Anda  sebaiknya tetap menjaga pola makan sehari-hari serta minum air putih yang cukup.

4. Meredakan Nyeri Menstruasi

Pada umumnya, wanita akan merasakan nyeri seperti kram perut ketika sedang mengalami menstruasi. Bila Anda memiliki masalah ini, Anda bisa meredakannya dengan minum segelas teh chamomile selama haid

Hal ini dikarenakan teh chamomile  mengandung zat inflamasi dan relaksasi pada tubuh. Kandungan teh ini juga dapat membantu menepis rasa kembung dan sakit perut akibat kram.

Manfaat ii telah dibutikan banyak penelitian. Salah satunya adalah studi yang diterbitkan di Iranian Journal of obstetrics, Gynecology and Infernity pada 2010. Penelitian ini menunjukkan bahwa wanita yang minum teh ini setiap hari selama sebulan bisa mengurangi rasa sakit akibat kram haid.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Minum teh chamomile setiap hari ternyata juga bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Hal ini dikarenakan teh chamomile  mengandung apigenin yaitu antioksidan yang berfungsi untuk mengikat reseptor tertentu pada otak yang dapat meningkatan rasa kantuk.

Manfaat ini telah dibuktikan oleh beberapa studi yang menemukan bahwa teh chamomile mampu memberikan efek menenangkan bagi tubuh dan meredakan kecemasan. Efek inilah yang dapat mendorong rasa kantuk. 

Tidak hanya itu, sebuah studi pada 2011 juga berhasil membuktikan manfaat ini. Penelitian ini menemukan bahwa peserta yang mengkonsumsi ekstrak chamomile dua kali sehari selama 28 hari lebih jarang bangun tidur tengah malam dan bisa terlepa 15 menit lebih cepat dibanding peserta yang tidak meminumnya.

Namun, bagi yang mengalami gangguan tidur akibat masalah kesehatan seperti depresi, sleep apnea atau hipertiroidisme, efek ini bisa saja bersifat sementara atau bahkan tidak efektif. 

6. Meredakan Stress

Anda bisa meminum secangkir teh camille yang kaya akan sifat relaksasi untuk meredakan rasa cemas dan stres pada pikiran. 

Manfaat ini bisa diperoleh karena bunga champiole yang diseduh menjadi teh dapat meningkatkan kadar serotonin dan melatonin dalam tubuh yang baik untuk ketenangan dan relaksasi badan. Untuk mendapatkan khasiat ini, Anda bisa minum 2 - 3 cangkir teh chamomile per harinya. 

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait