6 Manfaat Teh Chamomile yang Baik untuk Kesehatan

Destiara Anggita Putri
2 Desember 2022, 11:17
Manfaat Teh Chamomile yang Baik untuk Kesehatan
Freepik
Ilustrasi, teh chamomile.

Teh chamomile merupakan jenis teh yang populer yang terbuat dari ekstrak bunga tanaman chamomile (Matricaria recuita) yang berasal dari Eropa. Teh ini memiliki rasa yang manis dan aroma yang harum.

Selain itu, teh chamomile juga memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan jenis teh ini mengandung senyawa aktif seperti azolin, bisabolol, apigenin, dan luteolin. Kandungan inilah yang bermanfaat sebagai anitradang, antioksidan dan baka antikanker.

Advertisement

Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan enam manfaat teh chamomile yang baik untuk kesehatan berikut ini.

1. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Teh Chamomile merupakan jenis teh yang tepat bila Anda ingin tetap sehat. Hal ini dikarenakan teh chamomile dapat menangkal berbagai jenis infeksi dalam tubuh sehingga menambah sistem kekebalan tubuh 

Kandungan senyawa fenolik pada teh ini memiliki sifat anti bakteri yang mampu menyerap racun dari makanan yang biasa dimakan. Untuk mendapatkan manfaat ini, sebuah penelitian menyarankan untuk minum 5 - 6 gelas teh chamomile selama 2 minggu secara rutin.

Tidak hanya memperkuat kekebalan tubuh, minum teh chamomile hangat secara rutin juga dapat membantu meredakan gejala flu. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang dipublikasikan dari Journal of Agricultural and Food Chemistry. Ini karena teh chamomile memiliki kandungan flavonoid yang memiliki efek penenang, sehingga bisa mengurangi gejala serta mendukung proses pemulihan saat terkena flu.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat teh chamomile lainnya adalah dapat membantu mengontrol kadar gula darah, terutama bagi penderita diabetes. Hal ini dikarenakan teh chamomile memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mencegah kerusakan sel-sel pankreas.

Kerusakan sel ini terjadi dikarenakan kadar gula yang meningkat secara kronis. Oleh karena itulah, sangat penting menjaga kesehatan pankreas. Pasalnya pankreas menghasilkan insulin yang merupakan hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur kadar gula dalam darah. 

Manfaat ini juga telah didukung oleh banyak penelitian. yang berhasil menemukan bahwa orang yang minum teh chamomile secara rutin memiliki kadar gula yang rendah dibandingkan orang yang minum air. 

Selain itu, teh chamomile juga bermanfaat untuk mencegah lonjakan gula darah setelah makan. Namun manfaat ini bisa diperoleh jika teh chamomile diminum 1 jam setelah aman agar proses penyerapan zat besi dari makanan tidak terganggu. 

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Jika memiliki masalah pada pencernaan, Anda sebaiknya perlu mengonsumsi teh chamomile secara rutin. Dilansir dari penelitian dalam jurnal Electronic Physician, teh ini memiliki sifat anti radang dan anti bakteri yang dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Selain itu, teh chamomile juga dapat membantu menghilangkan gas di perut atau perut kembung, menenangkan perut serta mengendurkan otot-otot yang memindahkan makanan melalui usus

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement