5 Teh Terbaik di Dunia Versi Great Taste Awards

Image title
25 Juli 2022, 09:37
Ilustrasi, teh terbaik di dunia.
Unsplash/Akhilesh Sharma
Ilustrasi, teh terbaik di dunia.

Mengonsumsi teh menjadi aktivitas yang digemari banyak orang. Teh adalah minuman yang dihasilkan dari seduhan daun muda dan pucuk daun tanaman teh Camellia sinensis. Adapun varian teh herbal dibuat menggunakan kombinasi rempah, bunga, kulit kayu dan daun tanaman bukan teh yang dapat dimakan, menurut Republic of Tea.

Jenis-jenis Teh

Mengutip Tea People, berdasarkan jenis daun teh yang dipetik dan tingkat oksidasi atau pengolahannya, teh diklasifikasikan menjadi lima jenis utama, yaitu teh hitam, hijau, oolong, putih, dan pu-erh.

  • Teh hitam adalah jenis teh yang paling umum. Daun teh sepenuhnya teroksidasi dan memiliki penampilan yang lebih gelap, rasa yang lebih kuat, dan kandungan kafein yang lebih tinggi dibandingkan dengan teh lainnya.
  • Teh hijau adalah teh tidak teroksidasi. Daun teh dipanaskan segera setelah dipetik untuk menghancurkan enzim yang menyebabkan oksidasi. Jenis pemrosesan ini mempertahankan antioksidan, vitamin, dan mineral tingkat tinggi sehingga memiliki berbagai manfaat teh hijau.
  • Teh oolong bersifat semi-oksidasi. Daunnya dibiarkan sekitar dua sampai empat jam, sebelum dipanaskan untuk menghentikan oksidasi. Oksidasi yang lebih lama menghasilkan teh oolong yang lebih gelap, mirip teh hitam, sedangkan oksidasi yang singkat membuatnya lebih mirip teh hijau.
  • Teh putih adalah teh yang paling sedikit diproses dari semua teh. Hanya kuncup yang belum dibuka dan daun muda yang ditutupi bulu perak yang digunakan, dan mereka hanya layu dan kering. Teh putih menghasilkan infus berwarna sangat terang dengan rasa yang ringan.
  • Teh pu-erh adalah jenis teh khusus yang berasal dari provinsi Yunan di Cina dan dikenal karena rasanya yang bersahaja. Itu terbuat dari teh yang dipetik dari pohon teh liar daripada semak-semak yang dibudidayakan dan daunnya melalui fermentasi mikroba dengan menekan daun mentah bersama-sama dan kemudian menyimpannya untuk matang. Teh pu-erh dapat berwarna hitam atau hijau tergantung pada tingkat oksidasi.

Teh Terbaik di Dunia Versi Great Taste Awards

Ada berbagai macam teh di dunia. Setiap merek memiliki rasa dan keunikan sendiri. Teh terbaik di dunia dapat ditentukan oleh penghargaan yang didapat, salah satunya Great Taste Awards. Penghargaan ini adalah skema akreditasi makanan dan minuman terbesar dan terpercaya.

Great Taste Awards melibatkan lebih dari 500 ahli dari seluruh dunia untuk menilai produk. Hasil penilaian dapat berupa bintang satu, dua, atau tiga. Bintang satu berarti enak, bintang dua berarti luar biasa, dan bintang tiga berarti sempurna.

Selengkapnya, berikut daftar teh terbaik di dunia versi Great Taste Awards.

1. Sencha Asamushi - Tea Repertoire

Sencha Asamushi dari Tea Repertoire adalah sencha (teh hijau) yang berasal dari Jepang. Teh ini direbus secara ringan untuk menghasilkan menghasilkan secangkir teh hijau muda yang jernih dan menyegarkan.

Sencha Asamushi biasanya memiliki partikel daun yang besar. Proses pembuatannya dilakukan dengan merebus daun teh singkat selama 20 sampai 40 detik dengan daun yang tersisa utuh. Rasanya ringan dan berwarna sedikit kecokelatan.

Sencha asamushi mendapatkan bintang 3 dari Great Taste Awards pada 2020.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...