Cara Memulai Usaha Kuliner dengan Berbagai Komponen Dasar

Annisa Fianni Sisma
2 Desember 2022, 12:39
cara memulai usaha kuliner
PEXEL
Ilustrasi, makanan.

Salah satu bisnis yang menarik untuk dijalankan adalah bisnis kuliner. Oleh karena itu, tentu menarik untuk membahas bagaimana cara memulai usaha kuliner dengan modal yang terjangkau.

Bisnis kuliner memang salah satu bisnis yang tidak terlalu sulit jika pengusaha pun memiliki strategi pengoperasian yang tepat. Jika tidak, maka bisnis kuliner justru malah menambah pengeluaran karena adanya sistem operasional yang keliru.

Makanan adalah kebutuhan pokok semua orang. Oleh karena itu, bisnis kuliner menjadi pilihan yang tak akan lekang oleh waktu. Jika Anda tertarik untuk mengetahui cara memulai usaha kuliner, berikut ini rincian penjelasannya, dilansir dari glints.com.

1. Membuat Business Plan

Langkah awal dalam cara memulai usaha kuliner adalah membuat business plan. Business plan dapat membantu pengusaha untuk mengidentifikasi dan membuat rencana untuk kedepannya.

Business plan membuat pengusaha mampu mempertanggung jawab usahanya dan jika diperlukan, pengusaha pun dapat mencantumkan business plan dalam proposal usaha saat ingin mengajukan investasi. Dalam business plan, setidaknya terdapat beberapa pembahasan yakni sebagai berikut:

  • Branding atau Pemasaran

Pada bagian branding, pengusaha dapat menjelaskan bagaimana teknik promosi dan pemasaran yang akan diterapkan. Catat pula kelebihan dan kekurangan hingga menemukan sistem branding yang cocok dengan bisnis yang akan dijalankan.

  • Target Pasar atau Sasaran

Pada bagian target pasar atau sasaran, berikan pula penjelasan terkait siapakah yang ingin menjadi sasaran penjualan. Target pasar contohnya yakni wanita atau pria usia 10 hingga 15 atau 15 hingga 25 atau 15 hingga 40 dan lain sebagainya.

Jika perlu, catat seluruh demografinya yang meliputi jenis kelamin, usia, tempat tinggal, sekolah, kebiasaan tertentu, perilaku tertentu, dan lain sebagainya. Pasalnya, jika tidak menentukan target pasar, maka seakan bisnis tidak menjual produk ke siapapun juga.

  • Identitas Usaha

Selanjutnya, cantumkan identitas usaha. Informasi mengenai bisnis akan selalu menjadi hal pokok dan penting dalam perkembangannya. Jika pengusaha ingin bisnisnya dikenal, maka tetapkan nama dan identitas usaha secara rinci termasuk sertifikasi yang mungkin telah diperoleh oleh pengusaha.

Tak hanya itu, berikan juga logo yang menarik sebagai merek agar mudah dikenali. Pasalnya, merek tidak hanya berupa tulisan saja tetapi juga desain dan suara maupun hologram.

  • Jenis Kuliner yang Ingin Dipasarkan

Pada bagian jenis kuliner yang dipasarkan, tentu pengusaha harus menetapkannya. Jelaskan juga mengenai masa kadaluarsa, sistem pengolahan, varian menu, varian rasa yang disediakan, bagaimana cara menghidangkannya, tempat untuk menghidangkan makanan tersebut, dan lain sebagainya.

  • Sistem Operasional

Tulislah sistem operasional terkait dengan langkah-langkah menjalankan usaha. Hal ini contohnya yakni cara penghidangan, cara melayani, cara mengantarkan makanan, sistem pembayaran, dan lain sebagainya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...