Cara Memulai Bisnis Online dari Nol dan Kesalahan yang Harus Dihindari

Anggi Mardiana
2 Desember 2022, 14:27
Cara Memulai Bisnis Online dari Nol
Freepik
Ilustrasi, pebisnis online.

Bisnis online bisa berjalan lancar jika Anda mengetahui cara memulai bisnis online dari nol. Pengetahuan seputar bisnis turut mempengaruhi agar bisa menentukan strategi yang tepat. Dalam prakteknya mungkin susah-susah gampang karena sudah banyak pesaing yang punya usaha serupa.

Bisnis online bisa dijadikan pilihan untuk mendapatkan penghasilan lebih di luar gaji. Untuk menjalankannya, tentunya membutuhkan fokus dan usaha yang tidak sedikit. Selain itu, produk yang dijual juga harus mampu bersaing dengan kompetitor dan bisa menarik banyak pembeli.

8 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Mengutip skillacademy.com, berikut 8 cara yang bisa diikuti untuk memulai bisnis online dari nol, di antaranya:

1. Menentukan Jenis Bisnis yang akan Dijalankan

Saat ini banyak sekali pilihan bisnis online yang bisa dipilih. Di antaranya makanan, pakaian atau barang elektronik. Dengan mengetahui produk yang akan dijual, Anda akan lebih mudah dalam menentukan langkah selanjutnya.

2. Menentukan Target Pelanggan

Cara memulai bisnis online dari nol selanjutnya yaitu dengan menentukan target pelanggan. Sebelumnya harus tahu siapa yang akan membeli produk, bisa dari bentuk produk, cara pelayanan dan strategi promosi yang dilakukan. Adapun cara untuk menentukan segmentasi pelanggannya yaitu sebagai berikut:

  • Usia

Usia merupakan salah satu cara untuk mengetahui target pelanggan. Bisa dimulai dari usia 13-18 tahun, 20-23 tahun dan 30-50 tahun.

  • Gender

Gender jadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan ketika menentukan target pelanggan. Anda harus paham kepada siapa produk itu akan dijual.

  • Pekerjaan

Anda juga bisa menentukan target pelanggan dengan melihat pekerjaan apa yang kira-kira cocok dengan produk yang dibuat.

  • Pendapatan

Sejalan dengan pekerjaan, menentukan target pelanggan juga bisa disesuaikan dengan pendapatan target konsumen. Tujuannya agar produk yang dijual sesuai dengan daya beli konsumen.

3. Menentukan Platform untuk Jualan

Menentukan platform jualan turut jadi cara memulai bisnis online dari nol. Misalnya memasukan produk di “toko hijau” atau “toko oren” yang sudah memiliki banyak pengguna di Indonesia.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...