Cara Memulai Bisnis Online dari Nol dan Kesalahan yang Harus Dihindari

Image title
2 Desember 2022, 14:27
Cara Memulai Bisnis Online dari Nol
Freepik
Ilustrasi, pebisnis online.

Bisnis online bisa berjalan lancar jika Anda mengetahui cara memulai bisnis online dari nol. Pengetahuan seputar bisnis turut mempengaruhi agar bisa menentukan strategi yang tepat. Dalam prakteknya mungkin susah-susah gampang karena sudah banyak pesaing yang punya usaha serupa.

Bisnis online bisa dijadikan pilihan untuk mendapatkan penghasilan lebih di luar gaji. Untuk menjalankannya, tentunya membutuhkan fokus dan usaha yang tidak sedikit. Selain itu, produk yang dijual juga harus mampu bersaing dengan kompetitor dan bisa menarik banyak pembeli.

8 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Mengutip skillacademy.com, berikut 8 cara yang bisa diikuti untuk memulai bisnis online dari nol, di antaranya:

1. Menentukan Jenis Bisnis yang akan Dijalankan

Saat ini banyak sekali pilihan bisnis online yang bisa dipilih. Di antaranya makanan, pakaian atau barang elektronik. Dengan mengetahui produk yang akan dijual, Anda akan lebih mudah dalam menentukan langkah selanjutnya.

2. Menentukan Target Pelanggan

Cara memulai bisnis online dari nol selanjutnya yaitu dengan menentukan target pelanggan. Sebelumnya harus tahu siapa yang akan membeli produk, bisa dari bentuk produk, cara pelayanan dan strategi promosi yang dilakukan. Adapun cara untuk menentukan segmentasi pelanggannya yaitu sebagai berikut:

  • Usia

Usia merupakan salah satu cara untuk mengetahui target pelanggan. Bisa dimulai dari usia 13-18 tahun, 20-23 tahun dan 30-50 tahun.

  • Gender

Gender jadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan ketika menentukan target pelanggan. Anda harus paham kepada siapa produk itu akan dijual.

  • Pekerjaan

Anda juga bisa menentukan target pelanggan dengan melihat pekerjaan apa yang kira-kira cocok dengan produk yang dibuat.

  • Pendapatan

Sejalan dengan pekerjaan, menentukan target pelanggan juga bisa disesuaikan dengan pendapatan target konsumen. Tujuannya agar produk yang dijual sesuai dengan daya beli konsumen.

3. Menentukan Platform untuk Jualan

Menentukan platform jualan turut jadi cara memulai bisnis online dari nol. Misalnya memasukan produk di “toko hijau” atau “toko oren” yang sudah memiliki banyak pengguna di Indonesia.

4. Memaksimalkan Fitur yang Digunakan di Platform

Bagi Anda yang menggunakan marketplace seperti toko online, jangan lupa untuk memaksimalkan fitur yang ada agar produk yang dijual menarik bagi konsumen. Beberapa fitur itu seperti gambar, deskripsi, video dan rating.

5. Membuat Website Toko

Membuat website toko jadi cara memulai bisnis online dari nol yang tidak boleh lewatkan. Dengan adanya website maka bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis yang sedang dijalankan. Adapun berikut manfaat menggunakan website toko:

  • Informasi bisnis lebih terkontrol
  • Menjangkau pelanggan secara lebih luas
  • Lebih ekonomis
  • Mudah dicari di internet

6. Mempromosikan Produk di Sosial Media

Dalam strategi promosi, media sosial memiliki efek yang cukup besar bagi penjualan produk. Karena itu jangan ragu untuk memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Tiktok dan Instagram sebagai media promosi. Adapun berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan media sosial:

  • Menggunakan foto atau gambar produk yang berkualitas
  • Menggunakan video promosi yang menarik
  • Membuat deskripsi konten yang jelas
  • Menjalin kerja sama dengan influencer yang cocok dengan bisnis

7. Mempertahankan Pelanggan Setia

Jika promosi berhasil dilakukan, cara memulai bisnis online yang perlu diperhatikan selanjutnya ialah mempertahankan pelanggan setia. Di samping mencari pelanggan baru, Anda perlu mempertahankan pelanggan setia agar tetap puas dan bertahan.

8. Riset Kompetitor

Riset kompetitor diperlukan untuk mempelajari kekuatan dan kelemahan dari pesaing. Dengan cara ini, informasi terkait kompetitor bisa diterapkan dan diperbaiki lebih baik lagi dalam bisnis. Untuk menganalisanya bisa lihat website kompetitor, sosial media, review produk dan testimoni produk pesaing secara langsung.

Kesalahan yang Harus Dihindari Pebisnis Online

Selain cara memulai bisnis online dari nol, Anda juga perlu mengetahui beberapa kesalahan yang harus dihindari ketika memulai bisnis, berikut di antaranya:

1. Belum Menemukan Keunggulan Produk

Tidak sedikit pebisnis pemula yang gegabah saat memulai usaha hanya karena melihat tren yang sedang berkembang tapi tidak tahu apakah produk tersebut dibutuhkan oleh pasar atau tidak. Selain itu, temukan keunggulan produk dan keunikannya yang bisa meningkatkan daya jual.

2. Komunikasi Satu Arah

Komunikasi yang berjalan satu arah, bisa menyebabkan bisnis online yang dijalankan tidak dilirik atau bahkan ditinggalkan oleh konsumen. Konten yang disajikan pun akan terasa membosankan. Sehingga apapun platform yang digunakan pastikan interaksi antar konsumen dan penjual berjalan baik.

3. Platform Tidak Tepat

Kesalahan pebisnis online selanjutnya ialah memilih platform jualan yang kurang tepat. Ada banyak jenis platform jualan online yang bisa digunakan di antaranya blog, forum jual beli, marketplace, media sosial, aplikasi messenger dan website.

8 cara memulai bisnis online dari nol ini bisa Anda pertimbangkan agar bisa memulai usaha dengan lancar dan sukses. Hindari beberapa kesalahan yang kerap dilakukan oleh pebisnis online pemula seperti tidak tahu keunggulan produk, platform tidak tepat dan komunikasi satu arah.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait