Menilik 7 Ide Usaha Rumahan Modal Kecil dan Tips Menjalankan Bisnis

Anggi Mardiana
14 Oktober 2022, 14:18
ide usaha rumahan
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/wsj.
Ilustrasi, usaha laundry.

Ide usaha rumahan cukup menjanjikan jika terus ditekuni dan dijalankan dengan tepat. Bahkan tidak sedikit orang yang memutuskan berhenti bekerja dari perusahaan, karena memiliki bisnis rumahan yang sudah maju dan dikenal oleh banyak orang.

Melalui usaha rumahan, seseorang bisa mendapatkan sumber penghasilan lain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain itu, waktu kerjanya cenderung lebih fleksibel dan tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Jika Anda sambil bekerja maka bisa mencari orang untuk membantu menjalankan bisnis.

Membuka usaha rumahan, bisa dimulai dari usaha yang sekiranya sedang tren. Dengan modal yang tidak terlalu besar, Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan yang besar, selama produk yang dijual berkualitas dan memuaskan bagi konsumen.

Rekomendasi Ide Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Karena dilakukan di rumah, maka ide usaha rumahan tidak mengharuskan Anda menyewa tempat secara khusus. Selain itu, bagi ibu rumah tangga, tetap bisa mengurus rumah sambil menjalkan usaha.

Jika bisnis berkembang maka manfaatnya akan lebih besar dengan membuka peluang pekerjaan baru bagi yang membutuhkan. Adapun, berikut ini adalah rekomendasi ide usaha rumah yang bisa dipertimbangkan.

1. Menjual Buket Bunga

Menjual buket bunga bisa jadi ide usaha rumahan yang cukup menguntungkan karena hanya membutuhkan modal kecil. Untuk membuatnya, Anda hanya membutuhkan kardus, beragam ukuran pita, lem panas, kertas warna-warni dan isinya bisa disesuaikan dengan permintaan klien.

2. Menjual Pulsa dan Paket Internet

Membuka agen pulsa dan paket internet tidak kalah menguntungkan dan bisa dilakukan dengan modal kecil. Dengan melakukan top-up 100.000 saja, Anda bisa untung lumayan besar jika konsumen membeli pulsa Rp 5.000- Rp 10.000. Bisa juga dilakukan oleh Anda yang masih pelajar.

3. Membuka Jasa Laundry

Bagi Anda yang sedang cari ide usaha rumahan, bisa juga membuka jasa laundry kiloan. Apalagi jika lokasi usaha berada di sekitar kampus atau kosan yang mayoritas konsumen jauh dari rumah dan tidak sempat mencuci sendiri.

4. Membuka Jasa Cuci Motor

Untuk membuka jasa pencucian motor dibutuhkan modal sekitar Rp 8 juta. Beberapa alat yang dibutuhkan, antara lain kompresor, kanebo, ember, sampo mobil, selang hingga listrik dan air. Usaha ini akan banyak dibutuhkan, terlebih saat memasuki musim hujan.

5. Jasa Foto dan Video

Foto dan video umumnya bisa dilakukan oleh siapa saja namun tidak semua bisa melakukannya secara profesional. Bagi Anda yang memiliki kemampuan di bidang ini maka bisa jadi pilihan yang tepat untuk memulai membuka jasa foto dan video bagi keperluan foto wisuda, acara pernikahan dan lainnya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...