Mengenal 5 Manfaat Teh Putih untuk Kesehatan

Image title
5 Desember 2022, 21:09
Manfaat Teh Putih Untuk Kesehatan
Unsplash
Ilustrasi, teh putih.

Teh putih atau white tea merupakan jenis teh yang berasal dari tanaman yang sama dengan teh hijau yaitu Camellia sinesis.  Walaupun demikian, teh putih biasanya dipanen ketika daun dan kuncupnya belum benar-benar terbuka. Teh putih juga memiliki metode pengolahan yang berbeda sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang unik. 

Manfaat teh putih untuk kesehatan telah dikenal sejak ribuan tahun silam. Dibandingkan dengan teh hitam dan teh hijau, teh putih melewati proses produksi yang paling minim sehingga membuatnya  memiliki kandungan antioksidan paling tinggi. 

Kandungan antioksidan inilah yang membuat teh ini baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan termasuk melawan radikal bebas. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lima manfaat teh putih untuk kesehatan di bawah ini.

1. Melawan Radikal Bebas

Minum teh putih secara rutin ternyata mampu membantu tubuh melawan radikal bebas. Dikutip dari Journal Food of Chemistry, hal ini dikarenakan teh putih mengandung jenis polifenol yang disebut dengan katekin. 

Kandungan polifenol ini  memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Jika tubuh terpapar radikal bebas, maka senyawa ini dapat menyebabkan  terjadinya peradangan kronis,sistem kekebalan yang melemah, kanker, bahkan hingga penuaan dini.

Banyak penelitian telah membuktikan manfaat antioksidan yang terkandung pada teh ini. Salah satunya sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Inflammation. Penelitian tersebut menemukan, bahwa katekin yang terkandung pada teh putih dapat membantu melawan radikal bebas.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian utama di banyak negara di dunia. Pada umumnya, penyakit ini disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat yang akhirnya menyebabkan peradangan kronis di dalam tubuh.

Untuk mencegah hal ini, Anda sebaiknya perlu minum teh putih secara rutin. Kandungan polifenol yang terdapat pada teh  putih ternayata dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dalam berbagai cara.  Salah satunya dengan memnatu merilekskan pembuluh darah dan meningkatkan kekebalan. 

Manfaat lain dari polifenol juga telah berhasil dibuktikan oleh sebuah studi dari Journal of Environmental Health and Preventive Medicine yang menemukan bahwa kandungan pada teh putih ini dapat mencegah kolesterol jahat (LDL) teroksidasi yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, ada juga penelitian lain yang menemukan bahwa orang yang minum tiga cangkir teh putih atau lebih per hari memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah. 

Walaupun baik untuk jantung, Anda sebaiknya juga tetap perlu menerapkan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, berolahraga secara tidur, serta tidur yang cukup. Dengan demikian, risiko Anda terkena penyakit jantung semakin kecil.

3. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan salah satu penyakit tulang dimana  tulang menjadi berlubang dan keropos. Salah satu penyebabnya adalah adanya peradangan kronis akibat radikal bebas di tubuh.

Advertisement

Jika hal ini dibiarkan, maka bisa menekan sel yang membantu pertumbuhan tulang dan mendorong produksi sel yang memecah tulang. Dengan demikian, maka akan terjadi pengeroposan tulang.

Anda bisa mencegah penyakit tulang ini dengan rutin minum teh putih yang kaya akan senyawa katekin. Berdasarakan sebuah penelitian, senyawa ini bia meawan  pengeroposan tulang dan merangsang pertumbuhan tulang. 

Jika dibandingkan dengan jenis teh lainnya, teh putih mengandung katekin yang paling banyak. Oleh karena itulah, rutin minum teh putih dapat membantu mencegah pengeroposan tulang datang lebih cepat. 

4. Mencegah Penuaan Dini

Seiring bertambahnya usia, kulit biasanya akan mengalami perubahan seperti berkerut dan menjadi lebih longgar. Penuaan kulit biasanya terjadi diluar dan didalam tubuh

Penuaan  di luar tubuh  biasanya disebabkan oleh faktor lingkungan yang merusak kulit seperti  paparan polusi dan sinar UV matahari. Sementara penuaan di dalam tubuh bianya disebabkan oleh berbagai kerusakan di daam tubuh seperti radikal  babs dan enzim tertentu.

Yang dimaksud dengan enzim tertentu disini adalah elastase dan kolagenase yang dapat merusak jaringan serat kulit yang biasanya dapat membuat kulit tetap ketat dan tegas.

Namun dengan mengonsumsi teh putih secara rutin, Anda bisa melindungi kulit dari efek penuan baik diluar maupun didalam tubuh. Kandungan polifenol pada teh ini terbukti mampu menekan bberapa komponens eluleur yang dapat mersak jaringan serat. Hasilnya, kulit tetap kencang dan awet muda.

5. Menurunkan Berat Badan

Teh putih merupakan salah satu jenis teh yang efektif menurunkan berat badan. Hal ini tentunya adalah kabar baik bagi Anda yang tengah menjalani diet.

Teh putih mengandung kadar kafein dan katekin  yang serupa dengan teh hijau yaitu  epigallocatechin galat (ECGC). Kandungan inilah yang diduga kuat berefek pada proses pembakaran lemak didalam tubuh.

Manfaat ini telah dibutakan oleh sebuah studi tabung yang menemukan bahwa ekstrak teh putih mampu merangsang proses pemecahan lemak. Tidak hanya itu, ekstrak teh ini juga bahkan bisa mencegah pembentukan sel-sel emak baru.

Tidak hanya itu, dikutip dari penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity, Teh putih juga ternyata bisa membantu meningkatkan metabolisme hingga 4-5 persen. Jumlah ini sama dengan memancar 70 hingga 100 kalori ekstra per hari. 

Demikian informasi lima manfaat teh putih untuk kesehatan. Walaupun bermanfaat, Anda juga perlu mengimbanginya  dengan menerapkan pola hidup sehat agar kesehatan tubuh tetap terjaga. 

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait