Menelaah 6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil

Destiara Anggita Putri
7 Desember 2022, 10:56
Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil
Unsplash
Ilustrasi, minyak zaitun.

Minyak zaitun atau olive oil adalah minyak yang berasal dari buah zaitun dan kerap digunakan sebagai produk kosmetik hingga masakan. Bahkan, beberapa orang menggunakan  minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng

Minyak zaitun memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan ibu hamil. Hal ini dikarenakan pada satu sendok minyak zaitun atau setara dengan 14 gram mengandung 124 kalori. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung kolin, vitamin E, vitamin K, serta  polifenol yang memuaskan senyawa yang beidat antioksidan dan anti peradangan

Lantas, apa saja manfaat minyak zaitun? Berikut penjelasan enam manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil di bawah ini.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Minyak zaitun dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama kehamilan. Hal ini dikarenakan minyak zaitun mengandung 73%  lemak tak jenuh.

Manfaat ini telah dibuktikan oleh berbagai riset. Salah satunya adalah riset yang diterbitkan dalam European Journal Clinical Nutrition yang menyebutkan bahwa lemak tak jenuh dapat merangsang produksi antibodi sehingga membuat sistem imun ibu hamil semakin kuat.

Selain lemak tak jenuh, minyak zaitun juga mengandung vitamin A yang berperan melindungi sistem kekebalan sekaligus menjaga ibu hamil aman dari infeksi. Kandungan vitamin A juga dapat membantu membentuk penglihatan yang lebih baik pada janin. 

Manfaat lain dari minyak zaitun adalah memiliki sifat antibakteri sehingga dapat melindungi ibu hamil dari serangan berbagai bakteri khususnya bakteri jahat dalam sistem penerbad. 

2. Membantu Meningkatkan Perkembangan Janin

Manfaat lain dari minyak zaitun untuk ibu hamil adalah dapat membantu perkembangan janin. Hal ini dikarenakan kandungan lemak tak jenuh pada minyak ini yaitu asam lemak omega -3 mampu meningkatkan pembentukan jaringan saraf janin ketika janin berada di trimester ketiga.

Oleh karena itu, dikutip dari penelitian dalam jurnal Prostaglandins Lukot. Essent. Fatty Acids, manfaat ini akan bekerja maksimal pada trimester terakhir dimana sistem saraf bayi sedang berkembang pesat.

Selain kandungan ini, dilansir  dari International Olive Council, kandungan kolin dan vitamin E pada minyak zaitun tlah terbukti bermanfaat bagi ibu untuk melahirkan bayi yang lebih baik dari segi tinggi badan, berat badan, perilaku serta refleks psikomotor.

Hal ini dikarenakan vitamin E merupakan vitamin yang dibutuhkan janin agar bisa  berkembang selama di dalam kandungan serta untuk melawan stres oksidatif saat lahir ke dunia.

Sedangkan kandungan kolin pada minyak zaitun berperan penting untuk perkembangan otak janin dan mencegah cacat lahir.  

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...