12 Manfaat Minyak Zaitun Ini Mampu Jaga Kesehatan Hati dan Jantung

Image title
3 Januari 2022, 15:37
manfaat minyak zaitun
pixabay.com
Ilustrasi minyak zaitun

Sudah tidak diragukan lagi, manfaat minyak zaitun sangatlah beragam. Minyak yang dihasilkan dari ekstrak buah zaitun ini bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh, rambut, kulit, hingga perawatan kecantikan.

Berdasarkan jurnal karya Wendy J. Dahl dari Universitas Florida, jenis minyak zaitun terbagi menjadi tiga. Di antaranya, minyak zaitun murni (virgin olive oil), minyak zaitun olahan (refined olive oil), dan minyak zaitun pomace (pomace olive oil). Masing-masing minyak zaitun itu memiliki metode pengolahan, karakteristik rasa, dan komposisi yang berbeda.

Advertisement

Setiap tetes minyak zaitun mengandung omega-3 dan omega-6, 15 mg vitamin E yang mencukupi 72% kebutuhan harian tubuh, serta 61 mg vitamin K yang mampu mencukupi 75% kebutuhan harian tubuh.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Mengutip Medical News Today, WebMD, dan sumber terkait lainnya, berikut manfaat minyak zaitun untuk kesehatan:

1. Sistem Kardiovaskular

Minyak zaitun adalah sumber utama lemak dalam diet Mediterania. Orang yang mengonsumsi diet ini cenderung memiliki harapan hidup yang lebih tinggi, termasuk kemungkinan kematian akibat penyakit kardiovaskular yang lebih rendah, dibandingkan dengan orang yang mengikuti diet lain.

Sebuah studi berjudul Primary Prevention of Cardiovascular Disease with a Mediterranean Diet Supplemented with Extra-Virgin Olive Oil or Nuts (2018), pernah membandingkan jumlah kejadian kardiovaskular di antara orang-orang yang mengonsumsi makanan Mediterania.

Orang yang mengonsumsi menu diet Mediterania, baik dengan minyak zaitun atau kacang-kacangan, memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah, daripada mereka yang diet rendah lemak.

2. Risiko Depresi

Dalam jurnal berjudul Role of Monoaminergic System in the Etiology of Olive Oil Induced Antidepressant and Anxiolytic Effects in Rats (2013), menyebutkan bahan-bahan yang tarkadung dalam minyak zaitun dapat membantu melindungi sistem saraf dan berguna untuk mengobati depresi, serta kecemasan.

Penelitian ini telah ditunjang oleh riset sebelumnya yang menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lemak trans, atau lemak tidak sehat yang terdapat pada makanan cepat saji atau makanan yang dipanggang, lebih berisiko mengalami depresi daripada mereka yang mengonsumsi lemak tak jenuh, seperti minyak zaitun.

3. Menyehatkan Jantung

Sebuah penelitian menunjukan bahwa minyak zaitun yang terkandung dalam makanan dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Senyawa aktif dalam extra virgin olive oil (EVOO) dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga arteri dari pengerasan.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Zat yang terkandung dalam minyak zaitun membantu mengurangi risiko seseorang terserang kanker payudara.

Sementara itu, merujuk pada riset berjudul "Olive Oil Effects on Colorectal Cancer (2019)" minyak zaitun mengandung zat yang dapat mencegah kanker kolorektal. Tes laboratorium telah menemukan bukti bahwa antioksidan dalam minyak zaitun dapat membantu melindungi tubuh dari peradangan, kerusakan oksidatif, dan perubahan epigenetik.

5. Menurunkan Risiko Stroke

mengganti lemak yang kurang sehat dengan minyak zaitun dalam resep makanan harian berpotensi menurunkan kemungkinan seseorang terkena stroke hingga lebih dari 40%.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement