Rekomendasi 7 Tempat Liburan di Jakarta yang Populer

Tifani
Oleh Tifani
9 Desember 2022, 09:09
Tempat Liburan di Jakarta
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.
Ilustrasi, dua orang pengunjung berjalan melintasi wahana permainan di Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya Ancol.

Sebagai kota terpadat di Indonesia, sekaligus tempat meleburnya keragaman Indonesia, Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta menawarkan destinasi wisata yang lengkap bagi wisatawan.

Wisatawan dapat menikmati berbagai spot wisata di Jakarta sesuai kategori, mulai dari wisata sejarah, kelautan dan pulau, arsitektur, seni dan budaya, kuliner, hingga lingkungan. Beberapa destinasi wisata di Jakarta, bahkan menjadi tren wisata di Jakarta yang wajib dikunjungi.

Rekomendasi Tempat Liburan di Jakarta

Beberapa tempat wisata di Jakarta memang memiliki tarif masuk yang lumayan mahal. Namun, juga ada banyak tempat jalan-jalan yang tidak mengenakan tiket masuk alias gratis. Simak ulasan berikut sebagai referensi liburan di Jakarta, dilansir dari traveloka.com.

1. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol merupakan tempat wisata di DKI Jakarta yang sangat populer. Bahkan, Taman Impian Jaya Ancol menyandang status sebagai taman rekreasi terbesar yang ada di Indonesia.

Taman Impian Jaya Ancol menyajikan konsep wisata yang terintegrasi, sehingga di kawasan tersebut terdapat objek wisata lainnya yang sangat hits, dan populer, dan cocok untuk semua usia. Beberapa objek wisata yang ada di Taman Impian Jaya Ancol di antaranya dibuka saat ini diantaranya Dunia Fantasi (Dufan), pantai ancol, Ocean Dream Samudra, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Taman Impian Jaya Ancol juga menghadirkan paket wisata virtual. Meskipun para pengunjung berada di rumah, namun masih bisa menikmati sensasi wisata. Lokasi Taman Impian Jaya Ancol berada di alamat Kecamatan Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah yang merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya dengan luas kurang lebih 150 hektare. Taman ini merangkum kebudayaan Indonesia yang mencakup berbagai aspek kehidupan masyarakat dari seluruh provinsi Indonesia yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, menampilkan aneka busana, tarian, dan tradisi daerah.

TMII memiliki sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia, keindahan itu bisa disaksikan melalui wahana kereta gantung. Selain Anjungan Daerah, wisatawan juga bisa menikmati berbagai museum, sarana rekreasi seperti Snowbay, Istana Anak, Teater IMAX, dan Teater 4D.

3. Tugu Monas

Monumen Nasional atau yang biasa disebut Monas merupakan tempat ikonik bagi warga DKI Jakarta. Pada tempat wisata ini pengunjung bisa jalan-jalan santai mengelilingi Tugu Monas. Pengunjung bisa menghabiskan waktu di halaman monas yang luasnya mencapai 80 hektar.

Area dalam Monas juga terdapat Museum Sejarah Nasional. Museum ini merupakan museum yang menyimpan saksi perjuangan bangsa Indonesia. Untuk masuk ke area Monas tidak dikenakan biaya alias gratis namun jika ingin ke Museum Sejarah Nasional dikenakan biaya masuk Rp 15.000.

4. Kota Tua Jakarta

Tempat wisata di Jakarta yang instagramable, dan murah, bahkan gratis, itulah daya tarik dari Kota Tua Jakarta. Selain itu, Kota Tua Jakarta juga menghadirkan sisi sejarah.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...