Menilk Seluk-beluk Penelitian Eksploratif yang Perlu Diketahui

Destiara Anggita Putri
13 Desember 2022, 14:16
Penelitian Eksploratif
Freepik
Ilustrasi, penelitian eksploratif.

Penelitian biasanya dilakukan dengan berbagai tujuan. Baik untuk memecahkan suatu masalah, menjelaskan suatu fenomena, atau untuk keperluan karya tulis ilmiah seperti skripsi.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, penelitian adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis serta penyajian data secara sistematis dan objektif, untuk memecahkan masalah atau menguji hipotesis.

Ada berbagai jenis penelitian yang bisa Anda pilih. Salah satunya adalah penelitian eksploratif. Bila Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang jenis penelitian ini, simak pembahasannya berikut ini. 

Pengertian Penelitian Eksploratif

Penelitian eksploratif adalah proses penyidikan masalah yang belum dipelajari atau diselidiki secara menyeluruh di masa lalu. Penelitian ini biasanya dilakukan dengan tujuan untuk melakukan eksplorasi, memperdalam pengetahuan, atau mencari ide-ide baru mengenai hal tertentu.

Ide atau pengetahuan yang telah diperoleh akan digunakan untuk merumuskan permasalahan secara lebih terperinci atau untuk mnegembangkan hipoteisis. 

Penelitian ini hanya bersifat fleksibel dan cenderung tidak terstruktur secara kaku dan baku. Selain itu, penelitian ini biasanya  memiliki sampel penelitian yang terbatas serta analisis data primer yang lebih bersifat kualitatif.

Ada satu atau lebih metode penelitian yang bisa digunakan untuk penelitian eksploratif. misalnya, melakukan penelitian eksplorasi dengan menggabungkan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif.

Untuk meningkatkan pemahaman Anda, simak pengertian penelitian eksploratif menurut para ahli berikut ini:

  • Menurut Yusuf, penelitian eksploratif adalah studi dengan melakukan penelusuran terutama dalam pemantapan konsep yang akan digunakan dalam ruang lingkup yang penelitian yang lebih luas dan jangkauan konseptual yang lebih luas
  • Menurut Morissan, penelitian eksploratif adalah penelitian awal yang bertujuan untuk mendapat gambaran mengenai suatu topik penelitian yang akan diteliti lebih jauh. 

Ciri-ciri Penelitian Eksploratif

Penelitian eksploratif tentunya memiliki ciri ciri yang perlu Anda ketahui. Berikut ini penjelasan delapan ciri ciri yang menggambarkan penelitian ini.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement