Mengenal Syarat Penelitian, Pengertian, hingga Jenisnya

Destiara Anggita Putri
12 Desember 2022, 16:22
Syarat Penelitian
Unsplash

Penelitian biasanya dilakukan dengan berbagai tujuan. Baik untuk memecahkan suatu masalah, menjelaskan suatu fenomena, atau untuk keperluan karya tulis ilmiah seperti skripsi.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, penelitian adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis serta penyajian data secara sistematis dan objektif, untuk memecahkan masalah atau menguji hipotesis.

Ada beberapa syarat penelitian, ciri, hingga jenis yang harus diketahui. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan mengenai hal-hal terkait penelitian di bawah ini.

Penelitian Menurut Para Ahli

Penelitian juga memiliki beberapa definisi lain. Berikut ini beberapa pengertian penelitian menurut empat ahli:

  • Menurut Suhardjono, dkk yang dikutip dari buku Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif (2021) karya Abd. Mukhid,  penelitian adalah upaya pencarian informasi untuk memecahkan suatu masalah dengan metode ilmiah.
  • Menurut McmIllan dan Schumacher, penelitian adalah proses penemuan dan analisis data secara sistematis dan logis untuk mencapai tujuan tertentu.
  • Menurut Soerjono Soekanto, penelitian adalah kegiatan ilmiah yang berpusat pada analisis dan dilakukan dengan sistematis serta konsisten untuk mengungkapkan kebenaran. 
  • Menurut Kerlinger,  penelitian merupakan proses penemuan informasi secara sistematis dan terkontrol yang disarankan pada hipotesis dan teori.

Ciri-ciri Penelitian 

Penelitian tentunya memiliki ciri dasar yang perlu Anda ketahui. Dikutip dari situs iEduNote, berikut penjelasan empat ciri dasar yang dimiliki dalam penelitian.

1. Bersifat Sistematis dan Logis

Penelitian  harus dilakukan dengan langkah-langkah yang beraturan, serta dibuat secara logis dengan tidak memanipulasi hal apapun di dalamnya. 

2. Bersifat Ilmiah

Penelitian harus menyajikan berbagai data atau temuan fakta, agar bisa dipertanggungjawabkan dan dibuktikan kebenarannya. 

3. Efisien dan Bermanfaat  

Penelitian harus dibuat seefisien mungkin, agar mudah dipahami banyak kalangan, serta memiliki kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan 

4. Analitis

Penelitian harus dilakukan, dibuktikan, serta dijelaskan melalui proses metode ilmiah. Tidak hanya itu, hubungan sebab akibat antar variabel juga harus diuraikan dengan jelas dalam penelitian.

Sikap Peneliti

Peneliti perlu memiliki sikap tertentu saat melakukan penelitian. Menurut Sandu Siyoto dan Ali Sodik dalam buku Dasar metodologi Penelitian (2015), ada tiga sikap yang harus dimiliki peneliti yaitu. 

1. Objektif

Objektif disini maksudnya adalah peneliti harus bisa membedakan antara fakta atau temuan data dengan opini atau pendapatnya. Tidak hanya, peneliti juga harus bisa menggunakan dengan jelas temuan data tanpa menggunakan opini pribadinya,

2. Kompeten

Peneliti juga harus bersikap kompeten, yaitu memiliki keterampilan untuk melakukan penelitian dengan metode ilmiah teknik tertentu. 

3. Faktual

Sikap terakhir yang harus dimiliki peneliti faktual. Itu berarti peneliti harus mengumpulkan, menjelaskan, dan menganalisis temuannya berdasarkan data yang diperoleh, tanpa menggunakan anggapan yang bersifat abstrak. 

Jenis Penelitian

Penelitian terbagi menjadi beberapa jenis. Dikutip dari buku Metodologi Penelitian Kesehatan dan Pendidikan (2018) karya Syamsunie Carsel, ada enam jenis penelitian yaitu:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement