Mencermati Langkah Langkah Penelitian Kuantitatif

Destiara Anggita Putri
13 Desember 2022, 16:07
Langkah langkah penelitian kuantitatif
Unsplash
Ilustrasi, penelitian kuantitatif.

Mahasiswa semester akhir pasti akan mendapatkan tugas besar, yaitu membuat skripsi sebagai syarat kelulusan. Dalam pembuatan skripsi, mahasiswa perlu melakukan penelitian terkait topik skripsi yang diangkat.

Ada dua metode penelitian  yang bisa dilakukan yaitu metode penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Bila mahasiswa mengangkat topik skripsi yang berkaitan dengan angka, maka metode penelitian kuantitatif merupakan metode yang tepat.

Bila ingin menggunakan metode penelitian kuantitatif, ada beberapa hal yang perlu diketahui termasuk langkah-langkahnya. Simak pembahasan lebih lanjut di bawah ini.   

Pengertian Penelitian Kuantitatif Menurut Para Ahli

Berikut pengertian penelitian kuantitaif menurut para ahli:

  • Menurut Kasiran, penelitian kuantitatif adalah upaya seorang peneliti menemukan pengetahuan menyuguhkan data dalam bentuk angka.
  • Creswell mengartikan penelitian kuantitatif sebagai upaya menyelidiki masalah dimana masalah tersebut merupakan dasar peneliti untuk mengambil data dan menentukan variabel. Nantinya akan diukur dengan angka agar bisa dilakukan analisa sesuai dengan prosedur statistic yang berlaku.
  • Menurut Punch, penelitian kuantitatif adalah penelitian berdasarkan pengalaman empiris, yang mengumpulkan data-data berbentuk angka yang dapat dihitung, dan berbentuk numerik.
  • Beryman berpendapat, penelitian kuantitatif adalah penelitian yang melibatkan teori, desain, hipotesis dan menentukan subjek.

Karakterisitik Penelitian Kuantitatif

Penelitian kuantitatif memiliki ciri-ciri atau karakteristik yang membedakan dengan jenis penelitian lainnya. Berikut ini pembahasan karakteristiknya. 

  • Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan khusus yang diangkat sebagai fokus penelitian.
  • Topik yang diangkat penting  karena penelitian ini berorientasi pada proses bukan hasil 
  • Rancangan penelitian bersifat smneara dan bisa beurbah ketika  sudah terjun ke lapangan
  • Hasil penelitian harus memiliki kredibilitas, auditabilitas, transferabilitas dan konfirmabilitas dimana keabsahan data dapat dilihat.

Jenis Penelitian Kuantitatif

Penelitian kualitatif terbagi menjadi tiga jenis yaitu metode komparatif. deskriptif, dan korelasi. Berikut pembahasan maing-masang jensinya di bawah ini.

1. Metode Komparatif

Metode komparatif adalah jenis penelitian yang dilakukan untuk mengetahui perbedaan variabel yang diteliti. Dalam penelitian ini, tidak diperlukan kemampuan manipulatif agar data yang dihasilkan benar-benar objektif dan akurat. Metode komparatif harus dilakukan secara alami, agar hasil dari analisis dan hasil dari perbedaan variabel terlihat dengan jelas.

2. Metode Deskriptif

Metode deskriptif adalah metode yang dilakukan dengan menyampaikan sebuah fakta, yang dideskripsikan dari  apa yang dilihat, diperoleh, dan yang dirasakan. Dalam metode ini, peneliti cukup menjelaskan atau melaporkan hasil laporan pandangan mata, tanpa harus dibuat-buat atau direkayasa.

3. Metode Korelasi

Metode korelasi adalah jenis penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan hasil penelitian dalam dua atau lebih. Metode ini lebih cocok digunakan untuk membandingkan persamaan atau perbedaan agar hasil penelitian dapat lebih jelas dan spesifik

Langkah Langkah Penelitian Kuantitatif

Ada langkah langkah yang perlu dilakukan dalam penelitian kuantitatif. Berikut ini pembahasan enam langkah yang perlu dipersiapkan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement