Memahami Pengertian, Ciri-ciri, dan Contoh Penelitian Eksperimental

Destiara Anggita Putri
13 Desember 2022, 22:02
Contoh Penelitian Eksperimental
Unsplash
Ilustrasi, kegiatan penelitian.

Penelitian adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis serta penyajian data secara sistematis dan objektif, untuk memecahkan masalah atau menguji hipotesis. Ada berbagai macam dan tipe penelitian yang bisa dilakukan.

Salah satunya adalah penelitian eksperimental, yang biasanya dilakukan oleh peneliti untuk mencari dan mengenali hubungan sebab akibat antar gejala. Berikut ini, adalah ulasan singkat mengenai seluk-beluk mengenai penelitan eksperimental, serta contohnya.

Pengertian Penelitian Eksperimental

Penelitian eksperimental merupakan jenis penelitian yang bertujuan untuk mencari tahu pengaruh antara variabel satu dengan variabel lainnya dalam kondisi yang telah ditentukan peneliti sebelumnya.

Penelitian ini memiliki kelebihan yaitu mampu membuktikan ada atau tidaknya hubungan sebab akibat yang pernah dihasilkan oleh peneliti sebelumnya. Tidak hanya itu, penelitian ini juga mampu memanipulasi dengan tepat satu atau lebih variabel yang diinginkan peneliti.

Fungsi dan Tujuan Penelitian Eksperimental

Penelitian eksperimental memiliki fungsi dan tujuan yaitu

  • Penelitian eksperimental berfungsi sebagai sarana untuk meagun hubngan yang anganudng fenomena sebak akibat.
  • Penelitian eksperimental bertujuan untuk mempelajari pengaruh dari perubahan faktor atas situasi yang telah dikontrol
  • Penelitian eksperimental bertujuan untuk mencari pengaruh atas perlakuan tertentu terhadap yang lainnya dalam kondisi yang dikontrol
  • Penelitian eksperimental bertujuan untuk mengetahui akibat yang ditimbulkan dari pemberian suatu perilaku dengan sengaja oleh peneliti.
  • Penelitian eksperimental bertujuan untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian serta memprediksi di dalam latar eksperimen tersebut.

Variabel Penelitian Eksperimental

Dalam penelitian eksperimental terdapat tiga variabel yang harus diketahui yaitu variabel bebas, vaael terikat, dan variabel perancu. Simak penjelasan lebih lengkap nya di bawah ini.

  • Variabel Bebas: variabel terikat yang telah diberikan perlakuan atau tindakan yang dimanipulasi
  • Variabel Terikat: variabel yang telah diberi tindakan atau perlakuan sebagai objek penelitian
  • Variabel Perancu: variabel yang dapat mempengaruhi eksperimen dan juga berkontribusi dalam perubahan yang ada.

Selain ketiga variabel di atas, penelitian eksperimental juga memiliki dua variabel lain yaitu

  • Variabel eksperimental, yakni variabel yang memiliki hubungan secara langsung dan telah diberikan tindakan tentu untuk mengetahui keadaan atau sebab akibat dari eksperimen tersebut.
  • Variabel non-eksperimental, yaitu variabel yang tidak sengaja mendapatkan tida terntu taetau bisa mempengaruhi hasil eksperimen

Ciri-ciri Penelitian Eksperimental

Penelitian eksperimental tentunya memiliki ciri ciri yang perlu Anda ketahui. Berikut ini penjelasan lima ciri ciri yang menggambarkan penelitian ini.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement