Memahami Pengertian, Syarat, dan Contoh Proposal PKM Kewirausahaan

Anggi Mardiana
14 Desember 2022, 20:13
Contoh Proposal PKM Kewirausahaan,
Unsplash/Scott Graham
Ilustrasi, membuat proposal.

Mahasiswa biasanya mencari contoh proposal PKM Kewirausahaan ketika akan mengikuti PKM agar bisa lolos. Pekan Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan atau PKM Kewirausahaan, merupakan usaha di bawah Kementerian Penelitian dan Perguruan Tinggi (Kemenristek Dikti).

PKM Kewirausahaan hadir untuk meningkatkan dan mengasah minat mahasiswa dalam berwirausaha. Pemerintah mengadakan PKM K satu diantaranya karena kesadaran bahwa ada ketimpangan antara teori dan praktek yang mahasiswa dapatkan saat di bangku perkuliahan.

Pengertian Proposal PKM Kewirausahaan

PKM Kewirausahaan bisa diikuti oleh mahasiswa Indonesia untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu yang dimiliki, khususnya dalam bidang wirausaha dan berorientasi pada profit. Modal mahasiswa untuk menjadi wirausaha berasal dari komoditas usaha yang dibuat dalam bentuk barang atau jasa.

Mahasiswa akan menjadi pemeran utama ketika berwirausaha dalam menjalani PKM ini. Selain itu, PKM Kewirausahaan juga bertujuan untuk membuka peluang usaha yang terbuka lebar saat mahasiswa telah menyelesaikan studi mereka.

Dengan begitu, mahasiswa yang sudah lulus bisa membuka usaha sendiri dan membuka lapangan pekerjaan. Oleh karena itu, dalam mengerjakan PKM harus baik dan benar hingga bisa lolos dan didanai. Bahkan nantinya bisa mengikuti PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional).

Persyaratan Terbaru PKM Kewirausahaan dari DIKTI

Persyaratan mengikuti pelaksanaan PKM Kewirausahaan dan bidang PKM lainnya biasanya akan muncul bersamaan. DIKTI telah mengeluarkan panduan yang wajib diperhatikan oleh mahasiswa agar tidak terjadi kesalahan ketika mengajukan proposal PKM.

Setiap bidang PKM memiliki persyaratan yang berbeda-beda, oleh karena itu mahasiswa harus teliti dalam membaca setiap syarat sebelum mengikuti PKM. Berikut persyaratan contoh proposal PKM Kewirausahaan yaitu.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement