Menelaah 12 Jenis Metode Penelitian Kualitatif

Metode penelitian kualitatif dibagi menjadi dua belas jenis. Berikut ini ulasan mengenai masing-masing jenis metode penelitian kualitatif.
Image title
15 Desember 2022, 12:15
Jenis Metode Penelitian Kualitatif
Unsplash
Ilustrasi, penelitian kualitatif.

Sebelum melakukan penelitian, peneliti perlu menentukan metode penelitian yang sesuai dengan topik atau masalah yang ingin dianalisis. Secara umum, penelitian dibagi menjadi tiga metode, yaitu metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran.

Bila peneliti ingin menganalisis masalah yang bersifat subjektif, maka metode penelitian kualitatif merupakan pilihan yang tepat. Penelitian kualitatif merupakan salah satu metode penelitian yang menggunakan data deskriptif berupa bahasa tertulis atau lisan dari orang dan pelaku yang dapat diamati.

Penelitian kualitatif umumnya dilakukan untuk menjelaskan, dan menganalisis fenomena individu, atau kelompok, peristiwa, dinamika sosial, sikap, keyakinan dan persepsi.

Untuk bisa memperoleh pemahaman ini, penelitian kualitatif dimulai dengan pegembangan asumis-asumsi dasar. Kemudian, dihubungkan dengan kaidah-kaidah pemikiran yang digunakan dalam penelitian. Lalu, data yang dikumpulkan dalam survei diinterpretasikan.

Berbeda dengan penelitian kuantitatif, data mentah pada penelitian ini membutuhkan proses yang lebih dalam. Misalnya, studi kuantitatif menjawab berapa orang yang memperoleh bantuan dari pemerintah. Namun, dalam studi kualitatif, penelitian yang dilakukan akan menjawab pengaruh bantuan pemerintah terhadap kehidupan masyarakat.

Jenis Metode Penelitian Kualitatif

Dalam praktiknya, metode penelitian kualitatif terbagi menjadi  dua belas jenis, yakni sebagai berikut:

1. Dasar

Jenis penelitian ini bertujuan untuk menemukan sesuatu yang telah dibuktikan dalam bentuk penilaian dan tidak ditujukan untuk masyarakat umum.

2. Fenomenologi

Fenomenologi adalah suatu bentuk penelitian yang bertujuan untuk memahami satu atau lebih orang ketika menamai suatu fenomena 

3. Verifikasi

Verifikasi merupakan jenis penelitian yang menguji ebran ilmu yang ada di bidang pendidikan

4. Deskripsi

Deskripsi merupakan jenis penelitian yang bertujuan untuk  menjelaskan suatu masalah secara akurat dan sistematis

5. Eksplorasi

Penelitian eksplorasi adalah jenis  penelitian yang bertujuan menemukan pengetahuan baru atu atau terapan dan masalah baru di bidang pendidikan

6. Etnografi

Etnografi  merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif dimana peneliti mengkaji pola dan interaksi kehidupan antar kelompok sosio kultural tertentu dalam ruang atau konteks tertentu,

7. Studi Kasus

Studi kasus merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif dimana peneliti melakukan eksplorasi mendalam terhadap program, kejadian, proses, aktivitas, terhadap satu atau lebih orang.

8. Terapan

Penelitian terapan merupakan salah satu jenis penelitian dimana hasilnya cenderung berupa aplikasi baru, aplikasi sains murni, daripada bentuk sains baru. .

9. Metode Historis

Penelitian historis merupakan salah satu jenis penelitian yang dilakukan untuk mengungkapkan informasi di masa lalu atau yang berkaitan dengan sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambar ulang kejadian atau peristiwa besar di masa lalu.

10, Naratif

Penelitian naratif merupakan jenis penelitian yang diterangkan secara langsung atau lisan dengan menceritakan isi penelitian.

11. Tindakan 

Penelitian tindakan merupakan salah satu jenis penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki proses dan memahami bagaimana praktik pengajaran profesional yang baik dapat meningkatkan hasil.

12. Evaluasi

Evaluasi merupakan turunan dari penelitian terapan yang bertujuan untuk menilai keberhasilan, manfaat, kegunaan, kontribusi dan kelayakan produk atau kegiatan tertentu.

Ciri Ciri Metode Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif  memiliki ciri-ciri atau karakteristik yang membedakan dengan jenis penelitian lainnya. Berikut ini pembahasan lima karakteristiknya. 

1. Sumber Data dari Lingkungan

Penelitian kuantitatif umumnya menggunakan sumber yang berasal dari lingkungan alam yaitu berbagai peristiwa yang terjadi dalam kondisi dan situasi sosial. 

Selama penelitian ini berlangsung, peneliti melakukan interaksi langsung melalui observasi, pencatatan, dan penggalian sumber-sumber yang berkaitan dengan peristiwa yang diteliti. 

2. Deskriptif Analitik

Dalam proses penelitian kualitatif, peneliti melakukan observasi, wawancara, analisis, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Dta ini nantinya akan dianalisis kemudian disajikan berupa penjelasan cerita.

3. Fokus ke Proses

Penelitian ini menggabungkan data dan informasi yang dibutuhkan dengan pertanyaan yang memberikan penjelasan tentang status kegiatan, prosedur, tahapan, alasan, dan interaksi yang berlangsung saat proses penelitian berlangsung.

4. Sifatnya Induktif

Penelitian kualitatif menggunakan data yang bersifat induktif yaitu terpisah tapi tetap relevan. 

5. Mengutamakan Makna

Penelitian ini fous untuk menginterpretasikan makna yang bersumber dari persepsi orang tentang peristiwa yang diteliti. Misalnya, kajian tentang peran orangtua dalam tumbuh kembanh anak di kabupaten ternetu. Ketiak melakukan penelitian ini, peneliti fokus pada  pendapat orang tua tentang anak-anaknya.

Langkah Langkah Metode Penelitian Kualitatif

Ada langkah langkah yang perlu dilakukan dalam metode penelitian kualitatif . Berikut ini pembahasan empat langkah yang perlu Anda persiapkan.

1. Pengumpulan Data

Proses ini bisa dilakukan dengan berbagai cara baik melalui observasi, kuesioner, wawancara mendalam dengan subjek survei, survei dokumenter, dan diskusi kelompok terfokus.

2. Reduksi dan Klasifikasi Data

Pada langkah ini, peneliti menyaring data mentah dengan memilih data yang paling relevan untuk  mendukung penelitian mereka. Kemudian, data yang disaring sebelumnya  akan dikategorikan sesuai kebutuhan untuk memudahkan klasifikasi data 

3. Tampilan Data

Pada fase ini, peneliti merancang baris dan kolom matrik data kualitatif dan menentukan jenis dan dan format data yang akan dimasukan ke dalam bidang metrik.

4. Menarik Kesimpulan

Terakhir, peneliti akan menarik kesimpulan yang harus mencakup semua informasi relevan yang ditemukan dalam penelitian. Kesimpulan ini juga harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait