Menelaah 12 Jenis Metode Penelitian Kualitatif

Destiara Anggita Putri
15 Desember 2022, 12:15
Jenis Metode Penelitian Kualitatif
Unsplash
Ilustrasi, penelitian kualitatif.

Sebelum melakukan penelitian, peneliti perlu menentukan metode penelitian yang sesuai dengan topik atau masalah yang ingin dianalisis. Secara umum, penelitian dibagi menjadi tiga metode, yaitu metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran.

Bila peneliti ingin menganalisis masalah yang bersifat subjektif, maka metode penelitian kualitatif merupakan pilihan yang tepat. Penelitian kualitatif merupakan salah satu metode penelitian yang menggunakan data deskriptif berupa bahasa tertulis atau lisan dari orang dan pelaku yang dapat diamati.

Penelitian kualitatif umumnya dilakukan untuk menjelaskan, dan menganalisis fenomena individu, atau kelompok, peristiwa, dinamika sosial, sikap, keyakinan dan persepsi.

Untuk bisa memperoleh pemahaman ini, penelitian kualitatif dimulai dengan pegembangan asumis-asumsi dasar. Kemudian, dihubungkan dengan kaidah-kaidah pemikiran yang digunakan dalam penelitian. Lalu, data yang dikumpulkan dalam survei diinterpretasikan.

Berbeda dengan penelitian kuantitatif, data mentah pada penelitian ini membutuhkan proses yang lebih dalam. Misalnya, studi kuantitatif menjawab berapa orang yang memperoleh bantuan dari pemerintah. Namun, dalam studi kualitatif, penelitian yang dilakukan akan menjawab pengaruh bantuan pemerintah terhadap kehidupan masyarakat.

Jenis Metode Penelitian Kualitatif

Dalam praktiknya, metode penelitian kualitatif terbagi menjadi  dua belas jenis, yakni sebagai berikut:

1. Dasar

Jenis penelitian ini bertujuan untuk menemukan sesuatu yang telah dibuktikan dalam bentuk penilaian dan tidak ditujukan untuk masyarakat umum.

2. Fenomenologi

Fenomenologi adalah suatu bentuk penelitian yang bertujuan untuk memahami satu atau lebih orang ketika menamai suatu fenomena 

3. Verifikasi

Verifikasi merupakan jenis penelitian yang menguji ebran ilmu yang ada di bidang pendidikan

4. Deskripsi

Deskripsi merupakan jenis penelitian yang bertujuan untuk  menjelaskan suatu masalah secara akurat dan sistematis

5. Eksplorasi

Penelitian eksplorasi adalah jenis  penelitian yang bertujuan menemukan pengetahuan baru atu atau terapan dan masalah baru di bidang pendidikan

6. Etnografi

Etnografi  merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif dimana peneliti mengkaji pola dan interaksi kehidupan antar kelompok sosio kultural tertentu dalam ruang atau konteks tertentu,

7. Studi Kasus

Studi kasus merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif dimana peneliti melakukan eksplorasi mendalam terhadap program, kejadian, proses, aktivitas, terhadap satu atau lebih orang.

8. Terapan

Penelitian terapan merupakan salah satu jenis penelitian dimana hasilnya cenderung berupa aplikasi baru, aplikasi sains murni, daripada bentuk sains baru. .

9. Metode Historis

Penelitian historis merupakan salah satu jenis penelitian yang dilakukan untuk mengungkapkan informasi di masa lalu atau yang berkaitan dengan sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambar ulang kejadian atau peristiwa besar di masa lalu.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement