Menelaah Langkah Langkah Penelitian Kualitatif

Destiara Anggita Putri
13 Desember 2022, 21:07
langkah langkah penelitian kualitatif
Unsplash
Ilustrasi, peneliti.

Sebelum melakukan penelitian, peneliti perlu memilih jenis penelitian yang sesuai dengan topik atau permasalahan. Bila peneliti ingin mengangkat topik penelitian yang bersifat subjektif, maka jenis penelitian kualitatif merupakan metode yang tepat.

Penelitian kualitatif merupakan salah satu metode penelitian yang menggunakan data deskriptif berupa bahasa tertulis atau lisan dari orang dan pelaku yang dapat diamati. Penelitian ini umumnya dilakukan untuk menjelaskan dan menganalisis fenomena individu atau kelompok, peristiwa, dinamika sosial, sikap, keyakinan dan persepsi.

Untuk bisa memperoleh pemahaman ini, penelitian kualitatif dimulai dengan pegembangan asumsi-asumsi dasar. Kemudian akan dihubungkan dengan kaidah-kaidah pemikiran yang digunakan dalam penelitian. Lalu, data yang dikumpulkan dalam survei diinterpretasikan.

Berbeda dengan penelitian kuantitatif, data mentah pada penelitian ini membutuhkan pross seitenati ynag lebih dalam. Misalnya, studi kuantitatif seperti menjawab berapa orang yang memperoleh bantuan dari pemerintah. Namun dalam studi kualitatif  akan menjawab pengaruh bantuan pemerintah terhadap kehidupan masyarakat.

Langkah Langkah Penelitian Kualitatif

Ada langkah langkah yang perlu dilakukan dalam penelitian kualitatif. Berikut ini pembahasan mengenai empat langkah yang perlu dipersiapkan untuk melakukan penelitian kualitatif.

1. Pengumpulan Data

Proses ini bisa dilakukan dengan berbagai cara baik melalui observasi, kuesioner, wawancara mendalam dengan subjek survei, survei dokumenter, dan diskusi kelompok terfokus.

2. Reduksi dan Klasifikasi Data

Pada langkah ini, peneliti menyaring data mentah dengan memilih data yang paling relevan untuk mendukung penelitian mereka. Kemudian, data yang disaring sebelumnya  akan dikategorikan sesuai kebutuhan untuk memudahkan klasifikasi data.

3. Tampilan Data

Pada fase ini, peneliti merancang baris dan kolom matrik data kualitatif dan menentukan jenis dan dan format data yang akan dimasukan ke dalam bidang metrik.

4. Menarik Kesimpulan

Terakhir, peneliti akan menarik kesimpulan yang harus mencakup semua informasi relevan yang ditemukan dalam penelitian. Kesimpulan ini juga harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

Ciri-ciri Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif memiliki ciri-ciri atau karakteristik yang membedakan dengan jenis penelitian lainnya. Berikut ini lima karakteristik penelitian kualitatif.

1. Sumber Data dari Lingkungan Alam

Penelitian kuantitatif umumnya menggunakan sumber yang berasal dari lingkungan alam yaitu berbagai peristiwa yang terjadi dalam kondisi dan situasi sosial. Selama penelitian ini berlangsung, peneliti melakukan interaksi langsung melalui observasi, pencatatan, dan penggalian sumber-sumber yang berkaitan dengan peristiwa yang diteliti. 

2. Deskriptif Analitik

Dalam proses penelitian kualitatif, peneliti melakukan observasi, wawancara, analisis, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Dta ini nantinya akan dianalisis kemudian disajikan berupa penjelasan cerita.

3. Fokus ke Proses

Penelitian ini menggabungkan data dan informasi yang dibutuhkan dengan pertanyaan yang memberikan penjelasan tentang status kegiatan, prosedur, tahapan, alasan, dan interaksi yang berlangsung saat proses penelitian berlangsung

4. Sifatnya Induktif

Penelitian kualitatif menggunakan data yang bersifat induktif yaitu terpisah tapi tetap relevan. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement