Contoh Proposal Makanan yang Sering Digunakan untuk Memulai Usaha

Anggi Mardiana
15 Desember 2022, 16:52
Contoh Proposal Makanan
Freepik
Ilustrasi, proposal usaha.

Bagi pelaku usaha, informasi mengenai contoh proposal makanan diperlukan sebagai pedoman untuk memulai bisnis. Seperti diketahui, penyusunan proposal usaha sangat penting untuk dilakukan, karena bisa membantu para pengusaha untuk meyakinkan para investor, dan pihak lain, seperti rekan bisnis atau bank.

Proposal usaha sendiri, merupakan dokumen rencana usaha, yang ditulis oleh perusahaan. Fungsi dokumen ini, adalah untuk meyakinkan calon investor atau klien agar memberikan kontrak kerja tertentu. Proposal usaha berisi penjelasan lengkap mengenai usaha yang dilakukan.

Jika calon pelaku usaha tidak memiliki modal yang cukup untuk mendirikan suatu usaha sendiri. Maka, ia harus mencari sumber modal lain, misalnya mendekati investor atau mengajukan pinjaman kepada bank. Nah, untuk itu, calon pengusaha perlu membuat proposal usaha untuk meyakinkan investor atau bank.

Ini berlaku untuk semua jenis usaha, termasuk usaha di bidang makanan. Di bidang usaha ini, calon pelaku usaha perlu membuat proposal makanan. Berikut ini contoh proposal makanan yang bisa menjadi referensi.

Contoh Proposal Makanan

Setelah cover, kata pengantar dan daftar isi, Anda bisa langsung masuk ke bagian isi proposal makanan. Baik makanan tradisonal, khas daerah atau makanan ringan. Berikut contoh proposal makanan yang kami lansir dari Slideshare.net:

BAB I
PENDAHULUAN

Usaha merupakan salah satu bentuk menghasilkan uang yang bisa meningkatkan taraf hidup seseorang menjadi lebih baik. Suatu badan usaha yang dijalankan bisa menghasilkan laba atau pendapatan secara maksimal jika kita menyelenggarakan usaha yang bermanfaat dan menguntungkan untuk kesejahteraan hidup.

Agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, pemerintah tidak hanya bekerja sendiri tetapi juga membuka partisipasi luas bagi pihak swasta untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan pokok masyarakat.

Dari latar belakang tersebut, saya bermaksud untuk membuka usaha yang bergerak dalam bidang makanan gorengan. Makanan ini berbahan dasar tepung kanji yang banyak ditemukan di daerah subur dengan tumbuhan singkong.

BAB II
ISI RENCANA USAHA

A. Nama Usaha

Usaha produksi gorengan yang terbuat dari bahan baku tepung kanji ini kami beri nama “KRIUK FOOD”.

B. Rencana Lokasi Usaha

Lokasi usaha untuk pembuatan gorengan KRIUK FOOD terletak di desa Karangungu, kediaman Bapak Aman, Kecamatan Keramat Mulya, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat.

C. Target Pelanggan

Target pelanggan dari penjualan gorengan KRIUK Food ialah semua masyarakat yang terletak di desa Karangungu khususnya.

D. Jenis Usaha

Usaha yang akan dikelola ialah usaha rumah tangga yang memproduksi gorengan berbahan baku tepung kanji.

E. Faktor Penghambat dan Pendukung

Setiap usaha yang dijalankan tentunya ada yang sukses dan ada yang belum. Maka dari itu, ada beberapa faktor penghambat yang perlu dipertimbangkan, berikut di antaranya:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement