Memahami Contoh Proposal Usaha untuk Pengajuan Bisnis

Anggi Mardiana
14 Oktober 2022, 18:05
contoh proposal usaha
Unsplash/Bram Naus
Ilustrasi, membuat proposal usaha

Contoh proposal usaha merupakan salah satu informasi yang banyak dicari oleh orang. Utamanya oleh orang yang hendak merintis sebuah usaha atau bisnis.

Ini karena tidak semua orang memiliki modal yang cukup untuk merintis sebuah bisnis. Terkadang, pelaku usaha atau calon pelaku usaha membutuhkan tambahan modal, dan mendapatkannya dari pihak ketiga, baik itu dari perbankan dan lembaga keuangan lain, maupun dari investor.

Advertisement

Nah, untuk mendapatkan modal tersebut, dibutuhkan dokumen yang menjelaskan terkait jenis usaha, serta prospeknya. Untuk itu, sangat penting bagi pelaku usaha untuk mengetahui contoh proposal usaha, agar dapat membuat proposal dengan baik dan benar.

Seperti apa bentuk proposal untuk mengajukan modal demi membesarkan atau membangun usaha ini? Simak ulasan singkat berikut ini, dilansir dari bukalapak.com, dan kemahasiswaan.polsri.ac.id.

Komponen Pembentuk Proposal Usaha

Jika diamati, beberapa contoh proposal usaha memiliki komponen pembentuk yang mirip, dan bisa dikatakan wajib ada di dalamnya. Beberapa komponen yang dimaksud, antara lain:

1. Pendahuluan

Bagian awal proposal usaha ini berisi latar belakang usaha secara lengkap, termasuk visi misi usaha yang sedang dijalankan.

2. Profil Usaha

Bagian ini menjelaskan nama perusahaan, lokasi tempat usaha, struktur organisasi usaha, serta siapa saja pemilik dan orang yang bertanggung jawab dalam usaha ini.

3. Produk dan Target Pasar

Produk dam target pasar tidak kalah penting disertakan. Tuliskan nama dan jenis produk yang ditawarkan usaha Anda, kelebihan dibandingkan produk lain, sasaran target pasar usahamu dan strategi pemasaran.

4. Laporan Keuangan

Ini bagian paling penting ketika membuat proposal usaha. Pelaku usaha perlu menuliskan rincian biaya, estimasi keuntungan, dan pembagian hasil dengan investor. Biaya yang ditulis harus realistis.

5. Penutup

Pada bagian ini, penulis bisa menuliskan rangkuman dan poin-poin penting. Ucapkan terima kasih kepada investor untuk memberi kesan positif.

Contoh Proposal Usaha

Berikut ini, adalah satu contoh proposal untuk pengajuan modal demi mengembangkan usaha. Contoh proposal usaha yang diambil, adalah usaha makanan.

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Mochifluffy merupakan brand makanan yang telah berdiri sejak tahun 2016. Mochifluffy menawarkan mochi dengan tampilan modern dan memiliki berbagai isian sesuai dengan selera orang Indonesia.

1.2 Visi

• Menjadi usaha kuliner yang dicintai oleh berbagai kalangan di Indonesia

1.3 Misi

• Membuka gerai mochifluffy di tempat yang mudah dijangkau oleh orang banyak
• Menjual dengan harga yang kompetitif

1.4 Tujuan

Tujuan usaha ini adalah menawarkan mochi dengan hal baru sehingga menjadikannya makanan yang unik.

1.5 Waktu Operasional

Mochifluffy akan dibuka setiap hari dari jam 08.00 hingga 20.00 malam.

BAB II

TINJAUAN UMUM

2.1 Profil Usaha

Mochifluffy menjual berbagai macam mochi dengan isian yang berbeda. Awal mula usaha ini dijalankan dalam bentuk usaha perseorangan. Namun, karena Mochifluffy semakin besar, maka akan membuka kesempatan kerjasama pada investor.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement