Menelaah Seluk-beluk Metode Penelitian Observasi

Destiara Anggita Putri
16 Desember 2022, 11:30
Metode Penelitian Observasi
Unsplash
Ilustrasi, observasi.

Penelitian merupakan suatu kegiatan ilmiah yang biasanya dilakukan untuk menjelaskan suatu masalah atau fenomena tertentu. Dalam proses penelitian, peneliti perlu mengumpulkan data yang akurat dan valid untuk dianalisis nantinya.

Salah satu cara bisa dilakukan adalah metode penelitian observasi dimana peneliti  melakukan pengamatan baik kepada objek kajian maupun lokasi penelitian. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasanya berikut ini.

Pengertian Metode Penelitian Observasi Menurut Ahli

Berikut ini pengertian metode penelitian observasi yang dipaparkan oleh ahli

1. Sutrisno Hadi

Sutrisno Hadi mengungkapkan pengertian dari metode observasi sebagai pengamatan, pencatatan dengan sistematis tentang fenomena-fenomena yang diselidiki.

2. Sugiyono

Dikutip dari buku Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif (2014), observasi adalah suatu proses yang kompleks, suatu proses yang tersusun dari pelbagai proses biologis dan psikologis.

3. Gibson, R.L. dan Mitchell. M. H.

Menurut Gibson, R.L. dan Mitchell. M. H., observasi merupakan teknik yang digunakan untuk melakukan seleksi derajat untuk menentukan sebuah keputusan serta konklusi terhadap orang yang sedang diamati.

Tujuan Metode Penelitian Observasi

Metode penelitian observasi umumnya  dilakukan untuk mendapatkan informasi dari objek yang diamati. Namun metode penelitian ini juga memiliki tujuan lainnya. berikut ini penjelasannya. 

1. Menggambarkan Objek dan Segala Hal yang Berhubungan Melalui Pengamatan

Para pengamat melatih kemampuan pancaindranya dengan melakukan metode penelitian observasi. Bila kemauan ini terasa, maka seluruh hasil pengamatan  akan berdasarkan data yang akurat dan diperoleh dari lapangan secara langsung

2. Mendapatkan Kesimpulan

Tujuan berikutnya adalah untuk memperoleh kesimpulan yang faktual dari objek yang telah diamati dalam kurun waktu tertentu. Nantunyam kesimpulan ini disajikan dalam bentuk laporan sebagai bahan informasi atau pembelajaran bagi pembaca 

3. Mendapatkan Data atau Informasi

Tujuan metode penelitian observasi adalah untuk mendapatkan data atau informasi dari objek yang diamati. Menantunya data atau informasi ini bisa dibagikan ke pihak lain dalam bentuk karya ilmiah atau non-ilmiah

Manfaat Metode Penelitian Observasi

Metode penelitian observasi tentunya memiliki beragam manfaat. Dikutip dari laman Penerbit Deepublish, berikut ini manfaatnya. 

  • Hasil observasi bisa dikonfirmasikan dengan hasil penelitian untuk mendapatkan keakuratan data dan juga membuktikan bahwa data yang dibuat adalah akurat.
  • Pembaca mampu menafsirkan hasil observasi atau hasil penemuan dan juga berbagai interpretasinya.
  • Hasil observasi bisa menjelaskan suatu peristiwa yang bisa teruji kualitas dan spekulasinya berdasarkan aturan atau kaidah yang valid dan objektif, serta menggambarkan dunia nyata.
  • Di dalam hasil observasi, mencatat suatu peristiwa yang secara runtut atau kronologis terjadi, sehingga tidak bertele-tele atau tidak berbelit-belit.
  • Hasil observasi mampu menambah wawasan dan pengetahuan yang sebelumnya kita belum tahu, menjadi tahu berdasarkan kegiatan observasi yang dilakukan.

Jenis Metode Penelitian Observasi

Metode penelitian observasi memiliki beragam jenis berdasarkan kategori tertentu. Berikut ini informasinya. 

1. Menurut Peranan Observer

Ada tiga jenis metode penelitian observasi berdasarkan peranan observer yaitu 

  • Observasi Partisipan

Merupakan jenis pengamatan dimana pengamat terlibat aktif dalam berbagai hal yang sedang diobservasi

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement