Contoh Proposal Penawaran Kerja Sama Jasa Promosi Produk

Anggi Mardiana
16 Desember 2022, 19:24
Contoh Proposal Penawaran Kerja Sama Jasa
Katadata
Ilustrasi, membuat proposal penawaran kerja sama jasa.

Melihat contoh proposal penawaran kerja sama jasa, Anda jadi tahu apa saja yang harus dimasukan ke dalam proposal. Pastikan semua yang dimasukan ke dalam isi proposal bisa menguntungkan kedua belah pihak sehingga tidak ada yang dirugikan.

Menjalin kerja sama merupakan salah satu strategi yang bisa dijalankan di tengah kondisi ekonomi yang sulit. Anda bisa menjalin kerja sama dengan individu, badan usaha atau perusahaan dengan mengirimkan proposal bisnis terlebih dahulu. Selain jasa promosi, juga bisa menawarkan jasa kesehatan, servis, fotografi dan lainnya.

Advertisement

Contoh Proposal Penawaran Kerja Sama Jasa

Melansir dari Galeriproposal.com, berikut contoh proposal penawaran kerja sama jasa yang bisa dijadikan panduan:

1. Cover

Pada bagian cover bisa tulis judul proposal, identitas perusahan, logo, alamat lengkap dan informasi penting lainnya. Buat semenarik mungkin agar investor tertarik.

2. Isi Proposal

Isi proposal memuat latar belakang, maksud dan tujuan, data perusahaan, jenis penawaran dan mekanisme kerja. Jenis penawaran bisa berupa keuntungan bagi perusahaan partner atau kerja sama untuk memperluas jaringan bisnis. Berikut beberapa hal yang ada di dalam isi proposal kerja sama selengkapnya:

A. Pendahuluan

Perawatan kendaraan operasional merupakan salah satu hal penting dalam suatu perusahaan, salah satunya dengan mengganti sparepart kendaraan. Untuk memasarkan produk sparepart kendaraan bermotor, perusahaan perlu melakukan promosi agar produk dikenal oleh masyarakat luas.

Dalam membantu mempromosikan produk, kami perusahaan Media TVR bermaksud menawarkan kerja sama dengan perusahaan yang Anda pimpin. Kami akan memberikan ide dan kreativitas terbaik agar produk sparepart perusahaan Anda bisa meningkat penjualannya.

B. Visi dan Misi

• Visi

Membangun integritas di dunia marketing yang kreatif dan inovatif

• Misi

a. Menciptakan ide dan gagasan yang berkualitas
b. Membangun merek produk klien yang terpercaya
c. Membangun karya secara produktif

C. Tentang Kami

Halaman ini bisa diisi dengan identitas perusahaan seperti data usaha dan struktur organisasi. Data usaha mencakup nama perusahaan, bidang usaha, jenis produk/jasa, alamat perusahaan, nomor telepon dan email.

D. Paket Layanan

Pemberian paket layanan bisa bervariasi dari segi harga yang ditawarkan disesuaikan dengan keuntungan untuk klien. Sebagai pihak yang mengajukan kerja sama, Anda bisa memberikan penawaran menarik kepada klien.

E. Mekanisme Kerja

Untuk mekanisme kerja, Anda bisa menjelaskan bagaimana alur kerja yang dilakukan hingga selesai, berikut contohnya:

1. Analisis Brief

Analisis brief merupakan sistematisasi promosi yang digunakan disesuaikan dengan permintaan klien. Klien bisa melakukan tanya jawab sesuai dengan kebutuhan atau permintaan. Mulai dari teknis, target pemirsa, anggaran hingga tenggat waktu.

2. Brainstorming

Brainstorming merupakan sistematisasi proses desain promosi yang akan digunakan sebagai manifestasi brief yang dimaksudkan untuk mendefinisikan kebutuhan desain. Dalam proses ini, bisa mengumpulkan informasi yang berada di luar brief.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement