11 Tips Mengontrol Emosi agar Tidak Meledak Ledak

Destiara Anggita Putri
19 Desember 2022, 21:41
Tips Mengontrol Emosi
Unsplash
Ilustrasi, emosi yang tidak terkendali.

Di tengah aktivitas yang dijalani, terkadang Anda akan menemui masalah. Beberapa di antaranya kadang membuat Anda merasa stress, jengkel, atau bahkan marah sekalipun. Emosi tersebut merupakan respon yang normal terjadi selama dalam batas yang wajar. 

Namun, apa yang terjadi bila emosi tersebut semakin meluap-luap dan sulit untuk dikontrol?. Tentunya hal tersebut akan sangat berpengaruh buruk bagi diri sendiri termasuk kesehatan. Bahkan, bisa jadi memperburuk hubungan mu dengan orang seperti keluarga dan teman-teman.

Oleh karena itu, setiap orang perlu mengetahui cara mengontrol emosi. Lalu, bagaimana cara mengontrol emosi? Berikut ini 11 tips mengontrol emosi untuk dicoba.

1. Beristirahat Sejenak dari Aktivitas

Aktivitas yang terlalu padat cenderung membuat Anda lebih mudah tersulut emosi. Bila hal tersebut terjadi, tidak ada salahnya untuk rehat sejenak. Manfaatkanlah waktu rehat untuk benar-benar mengistirahatkan fisik, pikiran, dan mental Anda. 

Dengan beristirahat sejenak, Anda bisa memiliki waktu untuk lebih mengontrol emosi, menata pikiran dan mulai mengintrospeksi diri.

2. Buang Pikiran Buruk

Jika seseorang yang sedang mengalami masalah, otak cenderung lebih fokus untuk memikirkan jalan keluarnya. Namun hal ini justru akan membuat masalah tersebut terus terpikirkan sehingga memunculkan reaksi negatif.

Bila Anda sulit mengontrol emosi, cobalah untuk tidak memikirkan atau melupakan sejenak masalah yang tengah dihadapi. Hal ini memang sulit dilakukan  namun cara ini bisa membantu Anda untuk merasa lebih rileks.

3. Mencoba Diam

Ketika seseorang sedang marah, mereka biasanya sulit mengontrol kata-kata yang terucap dari mulutnya. Perkataan-perkataan tersebut hanya akan memperparah keadaan karena emosi menjadi lebih meledak.

Untuk mencegah hal ini, Anda sebaiknya diam dan coba berikan waktu sejenak untuk mengatasi emosi diri sendiri. 

4. Menyendiri

Tidak ada salah nya juga meluangkan waktu untuk menyendiri.  Anda bisa melakukannya dengan berjalan-jalan ke suatu tempat sendirian atau menyendiri di kafe.  Anda juga bisa melakukannya di rumah ditemani secangkir teh atau kopi. 

Dengan menyendiri, Anda bisa memiliki waktu untuk menata emosi, menjernihkan pikiran dan perlahan mencari solusi dari permasalahan yang sedang kamu hadapi.

5. Cobalah untuk Tersenyum

Cara mengontrol emosi yang bisa juga Anda lakukan adalah tersenyum. Hal ini dikarenakan tersenyum dapat membantu untuk memengaruhi emosi yang meningkat.

Tentunya cara ini terasa janggal namun terenyum dapat membuat otak merespon dan menyesuaikan emosi. Hal ini pun juga berguna untuk mencegah Anda melakukan tindakan yang berlebihan.

6. Membaca

Membaca dapat membantu  Anda untuk mengalihkan pikiran sejenak, menenangkan hati dan pikiran serta meredakan emosi. Pilihlah buku bacaan/ komik dengan cerita yang ringan, lucu atau menyenangkan lalu bacalah agar Anda mendapatkan suasana hati yang bahagia.  

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement