11 Tips Mengontrol Emosi agar Tidak Meledak Ledak

Emosi yang tidak terkontrol dapat berpengaruh buruk bagi diri sendiri termasuk kesehatan.Berikut ini pembahasan 11 tips mengontrol emosi yang bisa Anda coba.
Image title
19 Desember 2022, 21:41
Tips Mengontrol Emosi
Unsplash
Ilustrasi, emosi yang tidak terkendali.

Di tengah aktivitas yang dijalani, terkadang Anda akan menemui masalah. Beberapa di antaranya kadang membuat Anda merasa stress, jengkel, atau bahkan marah sekalipun. Emosi tersebut merupakan respon yang normal terjadi selama dalam batas yang wajar. 

Namun, apa yang terjadi bila emosi tersebut semakin meluap-luap dan sulit untuk dikontrol?. Tentunya hal tersebut akan sangat berpengaruh buruk bagi diri sendiri termasuk kesehatan. Bahkan, bisa jadi memperburuk hubungan mu dengan orang seperti keluarga dan teman-teman.

Oleh karena itu, setiap orang perlu mengetahui cara mengontrol emosi. Lalu, bagaimana cara mengontrol emosi? Berikut ini 11 tips mengontrol emosi untuk dicoba.

1. Beristirahat Sejenak dari Aktivitas

Aktivitas yang terlalu padat cenderung membuat Anda lebih mudah tersulut emosi. Bila hal tersebut terjadi, tidak ada salahnya untuk rehat sejenak. Manfaatkanlah waktu rehat untuk benar-benar mengistirahatkan fisik, pikiran, dan mental Anda. 

Dengan beristirahat sejenak, Anda bisa memiliki waktu untuk lebih mengontrol emosi, menata pikiran dan mulai mengintrospeksi diri.

2. Buang Pikiran Buruk

Jika seseorang yang sedang mengalami masalah, otak cenderung lebih fokus untuk memikirkan jalan keluarnya. Namun hal ini justru akan membuat masalah tersebut terus terpikirkan sehingga memunculkan reaksi negatif.

Bila Anda sulit mengontrol emosi, cobalah untuk tidak memikirkan atau melupakan sejenak masalah yang tengah dihadapi. Hal ini memang sulit dilakukan  namun cara ini bisa membantu Anda untuk merasa lebih rileks.

3. Mencoba Diam

Ketika seseorang sedang marah, mereka biasanya sulit mengontrol kata-kata yang terucap dari mulutnya. Perkataan-perkataan tersebut hanya akan memperparah keadaan karena emosi menjadi lebih meledak.

Untuk mencegah hal ini, Anda sebaiknya diam dan coba berikan waktu sejenak untuk mengatasi emosi diri sendiri. 

4. Menyendiri

Tidak ada salah nya juga meluangkan waktu untuk menyendiri.  Anda bisa melakukannya dengan berjalan-jalan ke suatu tempat sendirian atau menyendiri di kafe.  Anda juga bisa melakukannya di rumah ditemani secangkir teh atau kopi. 

Dengan menyendiri, Anda bisa memiliki waktu untuk menata emosi, menjernihkan pikiran dan perlahan mencari solusi dari permasalahan yang sedang kamu hadapi.

5. Cobalah untuk Tersenyum

Cara mengontrol emosi yang bisa juga Anda lakukan adalah tersenyum. Hal ini dikarenakan tersenyum dapat membantu untuk memengaruhi emosi yang meningkat.

Tentunya cara ini terasa janggal namun terenyum dapat membuat otak merespon dan menyesuaikan emosi. Hal ini pun juga berguna untuk mencegah Anda melakukan tindakan yang berlebihan.

6. Membaca

Membaca dapat membantu  Anda untuk mengalihkan pikiran sejenak, menenangkan hati dan pikiran serta meredakan emosi. Pilihlah buku bacaan/ komik dengan cerita yang ringan, lucu atau menyenangkan lalu bacalah agar Anda mendapatkan suasana hati yang bahagia.  

Anda bisa melakukannya dengan ditemani dengan segelas teh kopi. Buatlah diri senyaman mungkin selama membaca 

7. Mendengarkan Musik

Aktivitas ini bisa dijadikan salah satu solusi untuk mengontrol emosi. Pakailah earphone, buat dirimu senyaman mungkin, dan putar lagu kesukaan. Anda juga bisa melakukannya di luar rumah sambil menikmati musik yang menenangkan. 

Hal ini sangat efektif karena dapat membantu  Anda lebih rileks dan melupakan sejenak masalah yang sedang dihadapi. 

8. Menulis

Menuliskan segala emosi yang  Anda rasakan dalam bisa dijadikan alternatif. Menulis dapat membantu mengenali emosi yang sedang Anda rasakan, memberikan perspektif baru terhadap masalah yang dihadapi dan menyegarkan pikiran. 

Selain itu, dengan menulis Anda juga telah menyalurkan emosi negatif ke dalam kegiatan yang produktif. Jadi, tak ada salahnya jika  Anda menyiapkan sebuah jurnal sebagai wadah untuk mengekspresikan perasaan.  

9. Olahraga

Olahraga bisa menjadi salah satu solusi yang menyenangkan. Banyak manfaat yang bisa  Anda dapatkan dari berolahraga. Selain memperoleh fisik yang sehat dan bugar, olahraga juga membantu mengontrol emosi dan membuat syaraf-syaraf yang tegang menjadi rileks.  

Anda bisa melakukannya dengan olahraga yang sederhana seperti berjalan kaki, berlari atau olahraga lain yang senang  Anda lakukan.

10. Lakukan Relaksasi Otot

Selain berolahraga, Anda juga bisa melakukan relaksasi otot untuk mengontrol emosi. Cobalah melakukan peregangan berbagai kelompok otot pada tubuh dan kendurkan perlahan-lahan untuk membuang napas.

Tips ini cukup mudah dilakukan karena Anda perlu melakukan beberapa gerakan saja tanpa menggunakan peralatan. Contoh relaksasi otot yang bIsa Anda lakukan adalah menggerakan leher dan menggoyangkan bahu. 

11. Ceritakan Masalah pada Orang Terpercaya

Seseorang cenderung mudah emosi karena suatu masalah tertentu. Daripada melampiaskannya dengan amarah, Anda sebaiknya menceritakan masalah kepada orang terdekat seperti orang tua, saudara, atau teman.

Meskipun tidak mendapatkan solusi, setidaknya dengan cara ini Anda lebih bisa mengontrol emosi serta mengurangi beban yang dirasakan sebelumnya. 

Itulah beberapa tips yang kamu bisa lakukan untuk mengontrol emosi. Pilihlah salah satu tips di atas dan lakukan secara rutin agar emosi Anda lebih terkontrol. 

Bila dirasa tips diatas kurang membantu, bisa jadi Anda memiliki masalah emosi yang memerlukan bantuan profesional seperti psikolog. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan solusi ataupun terapi dari sisi yang lebih profesional.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait