Mencermati 6 Cara Meluapkan Emosi secara Positif

Anggi Mardiana
19 Desember 2022, 17:47
Cara Meluapkan Emosi
Pexels/Engin Akyurt
Ilustrasi, cara meluapkan emosi.

Cara meluapkan emosi, atau perasaan marah secara positif, penting Anda ketahui ketika tidak bisa menahan emosi yang dirasakan. Emosi terkadang merubah seseorang menjadi sosok yang pemarah dan ingin melampiaskan emosi pada siapa saja yang ditemui.

Melampiaskan emosi secara positif bisa membuat seseorang jadi lebih lega. Hal ini bisa juga membuat diri memiliki kontrol diri yang lebih baik. Meluapkan rasa marah atau kesal tidak harus berteriak atau melakukan hal negatif yang bisa merugikan diri sendiri atau orang lain.

Advertisement

Cara Meluapkan Emosi Secara Positif

Melansir dari Tagar.id, meluapkan emosi atau rasa marah dengan positif bisa dilakukan melalui beberapa cara berikut:

1. Melakukan Aktivitas Fisik

Melakukan aktivitas fisik seperti olahraga bisa jadi cara meluapkan emosi dengan lebih positif. Anda bisa pergi ke tempat gym, joging atau lari hingga berkeringat. Jika rasa kesal dan marah mulai menguasai cobalah olahraga lebih keras seperti aerobic atau body pump.

2. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik bisa jadi alternatif positif untuk meluapkan atau meredam emosi. Misalnya musik dengan genre keras seperti metal atau rock dipercaya bisa mengurangi perasaan emosi secara perlahan. Ada juga sebagian orang yang lebih memilih mendengarkan musik sedih agar bisa menangis dan mengeluarkan rasa amarah. 

3. Jalan-jalan

Bagi Anda yang tengah merasakan emosi, cobalah pergi ke tempat yang diinginkan seperti jalan-jalan atau sekedar mencari udara yang bisa membuat diri jadi lebih fresh. Dengan jalan-jalan, Anda bisa terbebas dan melupakan perasaan marah yang dirasakan.

4. Menulis

Menulis bisa jadi cara meluapkan emosi dengan positif sehingga bisa lebih baik. Menulis bisa membantu meluapkan perasaan menjadi lebih baik tanpa menyampaikanya secara langsung. Anda bisa meluapkan perasaan secara detail melalui jurnal atau diary sehingga bisa mengurangi stres dan cemas.

5. Tidur

Tidur kerap jadi solusi untuk menghilangkan rasa marah. Ketika merasa emosi, Anda bisa menempatkan diri sendiri terlebih dahulu baru bisa tidur sejenak untuk melupakan masalah yang ada. Ini karena tidur bisa membuat tubuh jadi lebih rileks dan segar kembali.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement