Memahami Cara Menghilangkan Sifat Pendiam yang Efektif

Ada bebera cara menghilangkan sifat pendiam. Namun, perlu disadari bahwa setiap orang tumbuh dengan cara yang berbeda dan memiliki keunikannya tersendiri.
Image title
20 Desember 2022, 08:50
Cara Menghilangkan Sifat Pendiam
Katadata
Ilustrasi, seseorang yang memiliki sifat pendiam.

Sebagian orang tidak menyukai sifat pendiam dalam dirinya sehingga mencari cara menghilangkan sifat pendiam. Seseorang yang memiliki sifat pendiam biasanya jarang berbicara sehingga mereka mengalami kesulitan saat menjalin hubungan pertemanan.

Walaupun memiliki sifat pendiam, jangan jadikan sikap ini sebagai alasan untuk Anda tidak bergaul dengan banyak orang. Anda masih bisa menjalin hubungan dengan siapa saja. Pendiam uga bisa menjadi kelebihan bagi beberapa orang.

Cara Menghilangkan Sifat Pendiam yang Efektif

Bagi Anda merasa kesulitan karena memiliki sifat pendiam, mungkin mencari cara menghilangkan sifat pendiam dari dalam diri jadi cara tepat. Berikut cara menghilangkan sifat pendiam yang efektif, beberapa kami lansir dari Dosenpsikologi.com:

1. Belajar Berpikir Positif

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengubah cara berpikir. Dari yang awalnya berpikir negatif, Anda harus belajar dengan berpikir positif. Sifat pendiam biasanya muncul karena kurangnya rasa percaya diri. Oleh karena itu, hapus pikiran negatif yang muncul saat akan bergaul.

2. Memikirkan Kelebihan yang Dimiliki

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, termasuk orang pendiam sekali pun. Namun, terkadang orang pendiam justru lebih memikirkan kekurangan mereka. Cara menghilangkan sifat pendiam adalah dengan memikirkan kelebihan yang Anda punya.

3. Bersikap Lebih Ramah

Agar bisa memiliki banyak teman, mulai dengan bersikap lebih ramah dengan orang-orang. Biasanya orang pendiam lebih dingin terhadap orang lain, oleh karena itu belajarlah bersikap lebih ramah dengan orang lain.

4. Ikut Organisasi

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar mudah bergaul adalah dengan menambah relasi. Salah satunya dengan mengikuti organisasi. Di dalam organisasi banyak sekali orang sehingga bergabung dengan organisasi membuat Anda menambah teman dan kepercayaan diri.

5. Peduli Terhadap Orang Lain

Saat Anda mulai mengenal banyak orang, tanamkan rasa peduli yang lebih terhadap mereka. Jalin hubungan yang erat, Anda bisa memulainya dari menanyakan kabar dan sering bertemu dengan mereka. Anda juga bisa menawarkan bantuan ketika mereka membutuhkan sesuatu.

6. Terbuka dengan Diri Sendiri dan Orang Lain

Cara menghilangkan sifat pendiam berikutnya dengan tidak memendam perasaan yang dimiliki. Walaupun memiliki sifat pendiam, jangan pernah mencoba untuk berpura-pura terhadap perasaan yang sedang dirasakan. Coba ceritakan masalah yang dirasakan dengan teman.

7. Memperbaiki Bahasa Tubuh

Orang pendiam biasanya bingung ketika ingin menyampaikan informasi atau memulai pembicaraan. Sehingga mereka memilih diam dibandingkan mengungkakan hal itu. Hal ini bisa dimulai dengan memperbaiki bahasa tubuh seperti mulai dengan senyum, menggerakkan tangan dan lainnya.

8. Keluar dari Zona Nyaman

Jika Anda memilih diam di tempat dan tidak ingin keluar dari zona nyaman, hal ini justru akan memperparah sifat pendiam yang dimiliki. Oleh karena itu, biasakan diri keluar dari zona nyaman agar Anda terus berkembang untuk bergaul dengan orang lain.

9. Melibatkan Diri dalam Obrolan Kecil

Cara menghilangkan sifat pendiam selanjutnya adalah mulai berinteraksi dengan cara melibatkan diri dalam obrolan kecil. Mungkin hal ini dianggap tidak penting namun mudah dilakukan. Misalnya dengan membalas pesan di media sosial.

10. Tenang

Terkadang ada orang pendiam yang cemas dan takut saat tertekan sehingga sulit untuk mengendalikan diri. Jangan memikirkan masalah yang membuat Anda panik. Hal ini bisa diatasi dengan bersikap tenang dan rileks saat menemui keadaan sulit.

Keuntungan Memiliki Sifat Pendiam

Mungkin Anda merasa kesulitan dengan memiliki sifat ini dan mencari cara menghilangkan sifat pendiam, tapi sebenarnya orang pendiam memiliki beberapa kelebihan. Berikut kelebihan dari orang pendiam dilansir dari yaitu:

1. Cermat Ketika Menganalisa Masalah

Orang pendiam memiliki banyak waktu dan kesempatan untuk mengamati berbagai hal di sekitarnya. Orang seperti ini cenderung mengamati dari hati dan pikirannya. Beberapa orang memang mengabaikan hal ini, namun orang pendiam akan mampu menganalisa masalah dengan cermat.

2. Sulit Dimanfaatkan

Keahliannya dalam menganalisa masalah dengan seksama, membuat orang pendiam menjadi tenang dan berhati-hati. Orang pendiam akan sulit untuk dibohongi dan dimanfaatkan. Hal ini menjadi keuntungan bagi mereka yang memiliki sifat pendiam.

3. Pendengar yang Baik

Orang pendiam biasanya menjadi pendengar yang baik. Saat ada orang lain yang curhat mengenai masalahnya, orang pendiam akan mendengarkan dengan sabar. Curhat bisa menjadi cara untuk menghilangkan masalah yang ada di pikiran.

4. Berbicara Langsung ke Intinya

Memiliki sifat pendiam bukan berarti akan terus diam. Terkadang orang pendiam akan bersuara di saat-saat tertentu. Orang dengan sifat ini jarang berbasa-basi dan akan mengatakan sesuatu dengan penting dan jelas.

Setiap orang tumbuh dengan sifat unik masing-masing. Bagi Anda yang mencari cara menghilangkan sifat pendiam mungkin bisa mencoba beberapa cara di atas. Tapi Anda harus ingat, bahwa seseorang memiliki kelebihan yang ada dalam diri. Begitu juga dengan orang yang pendiam.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait