Biografi Sir William Blackstone, Ahli Hukum Terkemuka Asal Inggris

Annisa Fianni Sisma
3 Januari 2023, 12:54
Sir William Blackstone
britannica.com
Ilustrasi, Sir William Blackstone.

Sir William Blackstone merupakan tokoh fenomenal yang berkontribusi dalam perkembangan ilmu hukum. Ia terkenal melalui karyanya Commentaries on the Laws of England pada 1765 hingga 1769. Karya tersebut bahkan terus dipelajari hingga kini dan menjadi dasar perkuliahan di berbagai universitas di dunia.

Ia dikukuhkan sebagai Profesor Hukum Inggris Vinerian pertama, dan segera memulai rangkaian kuliah lainnya, serta menerbitkan risalah kedua yang sama suksesnya, yang berjudul "A Discourse on the Study of the Law".

Advertisement

Dengan ketenarannya yang semakin meningkat, dia berhasil mempertahankan praktik yang baik, juga mengamankan pemilihan sebagai Anggota Parlemen Tory untuk wilayah Hindon pada 30 Maret 1761. Pada November 1765, ia menerbitkan yang pertama dari empat jilid Commentaries on the Laws of England, dipertimbangkan karya besarnya.

Berkaitan dengan fenomenalnya sosok Sir William Blackstone, tentu menarik untuk mengenalnya lebih lanjut. Berikut ini biografi Sir William Blackstone melansir dari britannica.com.

Sir William Blackstone
Sir William Blackstone (legal-dictionary.thefreedictionary.com)
 

Masa Kecil Sir William Blackstone

Sir William Blackstone adalah seorang ahli hukum Inggris yang lahir di London, Inggris pada 10 Juli 1723. Ia adalah anak keempat dari Charles Blackstone yang merupakan pedagang sutra.

Ibu Sir William Blackstone meninggal ketika ia berusia 12 tahun. Ia dididik oleh pamannya Thomas Bigg yang merupakan seorang ahli bedah London.

Ia tak hanya hobi membaca buku klasik tetapi juga logika dan matematika sejak kecil. Hal ini terbukti dengan segala karyanya menunjukkan sebuah pengetahuan sastra yang luas dan gaya sastra kuasan yang elegan.

Pendidikan, Karir, dan Karya Sir William Blackstone

Pada 1741, Sir William Blackstone menjadi murid di Kuil Tengah yang merupakan salah satu Inns of Court. Pada 1743, Sir William Blackstone terpilih menjadi anggota All Souls College, Oxford dan tahun 1746 ia terpilih sebagai pengacara.

Pada 1750, ia mengambil pendidikan doktor di bidang Hukum Perdata. Selanjutnya di tahun 1753, ia pensiun dari praktik pengacaranya dan fokus mengajar hukum dan melakukan pekerjaan hukum di sekitar Oxford.

Ia juga berhasil menjadi Recorder atau yang saat ini dikenal sebagai Staf Hukum Patrick sejak 1749 dan menjadi hakim di Pengadilan Kanselir sejak 1751. Minatnya yang besar dalam Common Law membuatnya tertarik untuk memberi kuliah tentang Common Law.

Dalam perkembangannya, Sir William Blackstone menerbitkan Analysis of the Laws of England pada 1754. Karya tersebut merupakan sinopsis untuk membimbing perkuliahan muridnya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement