Biografi HLA Hart, Filsuf Hukum dan Politik Terkemuka Asal Inggris

Annisa Fianni Sisma
28 Desember 2022, 15:04
HLA HART
gettyimages.com
Ilustrasi, HLA Hart.

HLA Hart merupakan filsuf hukum dan politik Inggris yang terkemuka pada abad ke-20. Kontribusinya di bidang hukum dan politik membawa namanya dan ilmunya yang masih dipelajari hingga saat ini.

Berkaitan dengan itu, tentu menarik membahas sosok filsuf asal Inggris ini. Berikut ini biografi HLA Hart beserta karya-karya terkemukanya, dilansir dari britannica.com.

Masa Kecil dan Pendidikan HLA Hart

HLA Hart
HLA Hart (belbuk.com)
 

Herbert Lionel Adolphus Hart atau yang kerap dikenal sebagai HLA Hart lahir pada 18 Juli 1907 di Harrogate, Yorkshire, Inggris. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Hart dikenal sebagai filsuf hukum dan politik asal Inggris, guru, dan penulis terkemuka pada abad ke-20.

Berkaitan dengan pendidikannya, Hart melanjutkan studi jenjang sarjana di Oxford University dan lulus pada 1929. Ia pun melanjutkan sebagai pengacara setelah lulus dari universitas bergengsi tersebut.

Selama beberapa tahun, ia pun menyelami dan praktik hukum. Kemudian HLA Hart bekerja untuk Dinas Intelijen Inggris MI5 selama Perang Dunia II.

Saat Perang Dunia II berakhir, ia pun kembali menempuh pendidikan di Oxford. Hart mengambil beasiswa filsafat di New College.

Pada 1950-an, HLA Hart menjadi profesor yurisprudensi di Oxford sekaligus rekan di University College. Selanjutnya pada 1973 hingga 1978, Hart menjabat sebagai Kepala Sekolah Brasenose College.

Karya HLA Hart Beserta Kritik Terhadap Filsuf Pendahulunya

HLA Hart dikenal karena kontribusinya terhadap filsafat hukum secara umum dan positivisme hukum secara khusus. Ia mengkritik teori Jeremy Bentham dan John Austin, karena mengaburkan dimensi normatif hukum atau orientasi hukum terhadap apa yang seharusnya.

Pada saat bersamaan, Hart menekankan bahwa normativitas hukum tidak selalu bersifat moral. Hart mempertahankan desakan hukum positif tentang keterpisahan hukum dan moralitas.

Melalui bukunya yang berjudul The Concept of Law yang rilis pada 1961 beserta esai yang ditulis pada masa yang sama, HLA Hart menyajikan catatan yang berpengaruh terkait berbagai jenis norma untuk membentuk struktur sistem hukum. Hart menekankan pada apa yang disebutnya sebagai rule of recognition.

Rule of recognition adalah pra-anggapan normatif yang mendasari perilaku pejabat hukum khususnya hakim dan administrator. Rule of recognition diterapkan saat pejabat hukum tersebut memastikan keberadaan dan isi undang-undang dalam sistem hukum yang berlangsung.

Meskipun The Concept of Law pada pokoknya adalah sebuah karya filsafat hukum, HLA Hart memuat beberapa pembahasan terkait filsafat politik dan moral. Hart juga berkontribusi secara signifikan dengan esainya yang rilis pada 1955 dengan judul Are There AnyNatural Rights?.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...