Mengenal Georg Jellinek, Sosok Filsuf Hukum dan Politik Terkemuka

Annisa Fianni Sisma
5 Januari 2023, 17:21
Georg Jellinek
pantheon.world
Ilustrasi, Georg Jellinek.

Georg Jellinek dikenal sebagai seorang filsuf hukum dan politik yang sangat berpengaruh. Ia dikenal sebagai pengacara publik Austria. Ia termasuk dalam kelompok Positivis Hukum Austria.

Kontribusinya di bidang perkembangan ilmu hukum dan politik masih dipelajari hingga saat ini. Oleh karena itu, tentu menarik membahas siapa Georg Jellinek sebenarnya, melansir dari britannica.com dan jewage.org.

Awal Kehidupan dan Pendidikan Georg Jellinek

Georg Jellinek lahir di Leipzig, Jerman pada 16 Juni 1851. Georg Jellinek merupakan anak dari Adolf Jellinek yang merupakan pengkhotbah terkenal dari komunitas Yahudi Wina.

Masa mudanya diisi dengan pembelajaran tentang hukum, sejarah seni dan filsafat di Universitas Wina. Tak hanya itu, ia juga belajar filsafat, sejarah dan hukum di Heidelberg dan Leipzig.

Sosok Georg Jellinek bahkan terkenal atas kecakapannya dan keilmuannya di Vienna pada 1879 hingga 1889, Basel pada 1890 hingga 1891, dan Heidelberg pada 1891 hingga 1911. Tak disangka pengaruhnya hadir hingga saat ini.

Dari tahun 1867, ia belajar hukum, sejarah seni dan filsafat di Universitas Wina. Ia juga belajar filsafat, sejarah, dan hukum di Heidelberg dan Leipzig hingga tahun 1872. Pada 1872, ia menyelesaikan tesisnya di Leipzig berjudul "The Socio-Ethical Meaning of Justice, Injustice and Punishment". Pada tahun 1879 ia memenuhi syarat sebagai profesor di Universitas Wina.

Jellinek kemudian mengunjungi profesor filsafat hukum di Wina, pada tahun 1881 ia diangkat sebagai anggota komisi untuk ujian negara dan pada tahun 1882 ia menerbitkan karya seminalnya berjudul "The Theory of the Unifications of States".

Kehidupan Karir dan Kontribusi Georg Jellinek di Bidang Pendidikan

Lebih rincinya, pada tahun 1879, Georg Jellinek berhasil menjadi seorang profesor di University of Vienna. Georg Jellinek kemudian mengunjungi profesor filsafat hukum di Vienna untuk memperdalam ilmunya.

Kemudian pada 1881, Georg Jellinek diangkat sebagai anggota komisi dan setahun kemudian merilis karyanya yang terkenal berjudul The Theory of the Unifications of States pada 1882. Selanjutnya pada 1883, Georg Jellinek memperoleh gelar terhormat Profesor Hukum Publik di University of Vienna.

Pada 1889, Georg Jellinek memperoleh jabatan sebagai profesor di Basel dan meninggalkan Austria-Hongaria. Sejak 1891, Georg Jellinek menjadi Ordinarius Hukum Publik Umum dan Hukum Internasional di Universitas Heidelberg.

Karya-Karya Georg Jellinek yang Berpengaruh

Ilustrasi Lambang Keadilan
Ilustrasi Lambang Keadilan (PEXELS)
 

Pada 1900 ia menyusun karyanya yang berjudul The General Theory of the State. Ia juga dikenal dengan bukunya "Die sozialethische Bedeutung von Recht, Unrecht und Strafe" atau “The Social-Ethical Significance of Right, Wrong, and Punishment” yang dirilis pada 1878. Melalui karya tersebut, ia menyatakan hukum sebagai etika minimum atau sekumpulan prinsip normatif untuk kehidupan yang beradab.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...