5 Rekomendasi Buku Psikologi, Bahas MBTI dan Cara Ungkap Kepribadian

Buku psikologi merupakan buku yang menjabarkan seluk-beluk psikologi manusia, dan bermanfaat untuk menambah pengetahuan. Berikut ini rekomendasi buku psikologi yang menarik untuk dibaca.
Image title
23 Desember 2022, 02:36
Rekomendasi Buku Psikologi
pexels
Ilustrasi, buku.

Psikologi merupakan cabang ilmu yang banyak mengkaji tentang tingkah laku dan pikiran manusia. Selain itu, psikologi juga mempelajari tentang bagaimana hubungan antar manusia.

Syah (2001) di dalam bukunya yang berjudul Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru menjelaskan, psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia. Baik sebagai individu atau kelompok serta hubungannya di lingkungan tertentu.

Seorang psikolog asal Jerman, Kurt Koffka melalui bukunya Principles of Gestalt Psychology (2001) menerangkan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku makhluk hidup dalam hubungan mereka dengan dunia luar. Tidak hanya tentang individu tersebut, termasuk juga interaksinya dengan dunia lain.

Berikut ini beberapa rekomendasi buku psikologi Mulai dari MBTI hingga membaca kepribadian, berikut ulasannya yang berhasil dirangkum dari situs Gramedia.com.

1. Kepribadian Berdasarkan MBTI

MBTI merupakan kependekan dari Myers-Briggs Type Indicator. Singkatnya, MBTI merupakan rangkaian uji psikologis yang akan menghasilkan poin-poin penting yang menyusun kepribadian seseorang.

Secara spesifik, MBTI diyakini berpengaruh terhadap penilaian seorang individu terhadap sesuatu dan cara menentukan keputusan. Buku ini merupakan karya dari Kim Sona dan Han Sejin, penulis dan ilustrator dari Korea Selatan. Keduanya juga menuliskan jenis MBTI yang dimiliki, yaitu INFJ dan INFP.

Perlu diketahui bahwa MBTI merupakan salah satu ilmu yang dikembangkan oleh Myers dan Briggs. Di dalam MBTI, terdapat 16 jenis kepribadian yang mendetail. Biasanya paling mudah diidentifikasi dari huruf yang mengawali tes MBTI tersebut, yaitu Introvert (I) dan Ekstrovert (E).

MBTI juga dilengkapi dengan jenis kepribadian layaknya seorang pemimpi, atau kepribadian yang lebih realis. Tes ini juga dapat mengidentifikasi apakah Anda cenderung berpikir secara rasional atau lebih mementingkan perasaan.

2. Teori Kepribadian Perspektif Psikologi Islam

Buku ini merupakan karya dari Abdul Mujib yang terbit pada tahun 2017. Menjadi salah satu rekomendasi buku psikologi, buku ini membahas tentang teori kepribadian dalam lingkup psikologi namun dengan sudut pandang Islam.

Selain itu, ternyata buku ini juga menjelaskan tentang peranan seorang psikolog yang kerap dianggap sebagai penyelamat oleh kliennya. Namun upaya yang dilakukan sang psikolog juga biasa dianggap hanya mengerti sisi klien dari luarnya saja.

Penulis juga membahas tentang kerancuan eksperimen psikologi dari budaya Barat yang justru menerapkannya kepada binatang sebagai objek penelitian.

Penulis menekankan bahwa hal tersebut menimbulkan hal keliru tentang perilaku umat Islam apabila ditinjau dari psikologi kepribadian Barat. Maka dari itu, paradigma psikologi kepribadian Islam tidak boleh diremehkan.

Terdapat banyak perilaku radikalisme yang dianggap sebagai bentuk patologi. Diketahui bahwa patologi adalah ilmu yang mempelajari tentang penyebab suatu penyakit.

3. Coba Tes Kepribadian Kamu!

Rekomendasi buku psikologi ini merupakan karya Niken Kinar yang terbit pada tahun 2022. Buku ini dapat membantu Anda dalam mengenali diri sendiri. Secara langsung, Anda juga dapat mengetahui apakah sudah kenal baik dengan pribadi sendiri atau belum.

Maka dari itu, buku ini cocok sebagai bagai bahan bacaan apabila ingin melakukan refleksi. Tak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan tes kokologi. Diketahui bahwa kokologi adalah permainan psikologi dari Jepang yang diyakini mampu mengidentifikasi perasaan dan kepribadian seseorang.

Tak hanya itu, Anda juga dapat mengetahui lingkungan yang cocok dengan kondisi Anda saat ini. Termasuk juga jenis pekerjaan hingga karir apa yang sebaiknya ditempuh. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, buku ini memiliki sisi menarik karena ada rangkaian tes. Tidak hanya membaca, Anda bisa mencoba tes tersebut.

4. Untuk Konselor Membaca Kepribadian: Memahami Preferensi

Rilis pada tahun 2015, salah satu rekomendasi buku psikologi ini ditulis oleh Rowan Bayne. Buku ini banyak menjelaskan tentang psikologi dari perspektif konselor yang berusaha paham ketika berhadapan dengan klien. Rowan juga menekankan bahwa mengerti keadaan klien sebagai individu juga penting, misalnya dengan mengapresiasi bagaimana mereka melihat dan mengalami masalah yang sedang dihadapi. Konselor akan diarahkan untuk menggunakan teori dan riset kepribadian kontemporer dan peranannya sebagai perangkat positif untuk kelancaran terapeutik.

Dari paragraf di atas, dapat diketahui bahwa buku ini membahas tentang hal yang berbau psikologi dari sudut pandang medis. Istilah terapeutik merujuk pada proses pengobatan dan pemulihan individu yang sedang melakukan terapi.

5. Pintar Mengintip Kepribadian Orang Lain

Rekomendasi buku psikologi ini merupakan karya dari RR. Purnama Sari yang terbit pada tahun 2015. Buku ini membahas tentang cara membaca kepribadian seseorang melalui karakter tulisan, jenis tangan, garis tangan, bentuk kuku, jari tangan, dan lain-lain.

Menariknya, buku ini juga berisi gambar ilustratif yang atraktif sehingga dapat menyegarkan mata. Anda akan mendapatkan penjelasan mengenai hasil analisis tulisan tangan.

Identifikasi kepribadian berdasarkan tangan bukanlah hal yang baru di dalam dunia psikologi. Adapun yang sering digunakan adalah membaca tulisan tangan. Terdapat ilmu yang ilmu tulis tangan yang biasa disebut dengan istilah Grafologi. Tidak hanya dari aspek itu, membaca kepribadian orang lain juga harus ada kaitannya dengan unsur lain. Misalnya seperti kondisi fisiologis dan patologis.

Itulah rekomendasi buku psikologi yang dapat dijadikan bahan bacaan. Mulai dari karya penulis lokal hingga internasional, Anda dapat mencari tahu tentang psikologi dari berbagai perspektif.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait